Tips mengatasi kekeringan air

Tips mengatasi kekeringan air

Air adalah sumber kehidupan bagi manusia, tanpa air kita akan sangat kesulitan, bahkan sebenernya tanpa air kita tidak bisa hidup tumbuhan akan mati begitu juga binatang. Indonesia memiki 2 musim kemarau dan hujan, saat hujan tidak jarang dari kita mengalami musibah banjir dan baru-baru ini Negara kita mengalami musim kemarau yang panjang. Kekeringan hampir merata di semua daerah, air sudah sangat langka dan itu membuat aktifitas terganggu, seperti mandi, cuci pakaian, bahkan air bersih untuk di konsumsi. Dan berikut ini adalah tips mengatasi kekeringan air, yang mungkin bisa anda praktekan sendiri.

 

Tips mengatasi kekeringan air :

  • Embung (penampung air hujan)

Tips mengatasi kekeringan air yang pertama adalah dengan membuat embung, embung dapat menampung air hujan yang turun. Dengan membuat embung kita bisa mendapatkan stok air saat kemarau panjang, daya tampung embung tergantung seberapa besar kita membuatnya. Cara ini sering dilakukan oleh para petani untuk mengatasi kemarau panjang dan mengantisipasi ke gagalan panen yang disebabkan oleh kekeringan.

Embung (penampungan air)
Embung (penampungan air)
  • Waduk

Setiap daerah memilki waduk masing-masing untuk menampung air, cara kerjanya hampir sama dengan empung, hanya saja ini berukuran sangat besar. Dengan memlihara dan merawat waduk kita dapat mencegah kekeringan atau setidaknya mencukupi kebutuhan air dalam kehidupan sehari-hari, cara merawat waduk misalnya dengan : membersih waduk secara berkala agar waduk tidak kotor, mencegah kedangkalan dengan mengeruk dasar waduk, memperbesar kapasitas waduk.dengan cara ini kebutuhan terhadap air pada sebuah dearah bisa terpenuhi.

Waduk
Waduk
  • Penghijauan

Tips mengatasi kekeringan air dengan penghijauan juga sangat efektif, penghijauan selain membuat udara segar juga dapat berguna saat kekeringan air seperti yang baru-baru terjadi seperti ini. Kurangnya penghijauan karena telah di babat menjadi jalan beton atau aspal,membuat daya serap air ke dalam tanah berkurang, sehingga air tidak bisa meyerap secara maksimal.

Jalur Irigasi
Jalur Irigasi

Irigasi adalah penyaluran air melalui jalur atau jaringan, seperti irigasi di sawah para petani biasa membuat jalur air dari sungai yang mereka arahkan ke lading pertanian mereka. Irigasi yang terdapat di kota bis berbentuk saluran air atau biasa kita menyebutnya denga ‘got’, namun kebanyakan orang yang tinggal di kota menganggap bawah irigasi tersebut adalah pembuangan limbah, banyak sampah yang menganggu jalur air juga mengotori air. Nah, irigasi ini yang harus kita rawat dengan cara mebersihkannya, tidak membuang limbah ke dalam saluran air agar air tidak tercemar, perawatan dan pemeliharaan ini harus rutin dilakukan, agar saluran air tetap terjaga.

Penghijauan
Penghijauan

 

Demikian adalah beberapa tips mengatasi kekeringan air dalam kemarau panjang, cara ini bisa anda lakukan perorangan maupun berkelompok ‘Kerja bakti’. Agar saat kelangkaan air kita tidak kesusahan dan tidak menganggu aktifitas sehari-hari kita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also likeclose