MENGENAL LEBIH JAUH PERBEDAAN KAMERA DSLR DAN MIRRORLESS

MENGENAL LEBIH JAUH PERBEDAAN KAMERA DSLR DAN MIRRORLESS

Pada postingan kali ini admin akan mengenalkan lebih jauh lagi tentang perbedaan kamera DSLR dan Mirrorless. Namun sebelum kita mencari perbedaan dan menimbang-nimbang mana yang lebih baik sesuai kebutuhan, ada baiknya kita kembali menyegarkan ingatan tentang apa itu jenis kamera DSLR dan apa itu Kamera Mirrorless.

Apa itu jenis kamera DSLR ?

Baiklah yang pertama kita akan membahas apa itu DSLR, Untuk jenis kamera yang satu ini admin sudah yakin sekali teman-teman sekalian sudah mengetahuinya. DSLR (Digital Single Lens Reflex) adalah kamera digital yang menggunakan mechanical mirror system dan pentaprisma untuk mengarahkan cahaya dari lensa menuju optical viewfinder pada kamera. Dan kamera jenis DSLR sudah mulai eksis pada tahun 2000’an

Apa itu Kamera Mirrorless ?

Kamera mirrorles adalah adalah Mirrorles Interchangeable –lens camera (MILC), atau simpelnya kamera ini adalah jenis kamera tanpa Mirror lens yang dapat dig anti-ganti. Mirrorless baru populer di tahun 2008’an, Dan begitu kamera ini diluncurkan mirrorless dianggap menjadi kamera tengah antara kamera Digital dan DSLR. Selain hasil yang tidak kalah dengan DSLR dan ukurannyapun lebih kecil daripada DSLR ,Harganya pun lebih terjangkau. Kamera jenis ini juga dikenal dengan istilah EVIL (Electronics Viewfinder with Interchangeable Lens)

Nah tadi kita udah sama-sama baca apa itu kamera DSLR dan mirrorless, dari situ saja kita sudah bisa lihat apa perbedaan mereka, Namun seperti yang admin kata tadi bawha kita akan membahas perbedaannya lebih lanjutlagi, Yuk disimak dibawah ini.

Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless

DSLR vs Mirrorless

Saat ini ada 3 mainstream dalam dunia kamera, yaitu kamer DSLR, Mirrorless dan Kamera Pocket. Kamera DSLR dan kamera pocket lahir di zaman yang sama saat era digitalisasi film menjadi sensor. Kamera pocket ukurannya lebih kecil karena menggunakan sensor yang kecil sehingga lensa-nya pun bisa berukuran kecil. Kamera pocket diperuntukkan biasanya lebih ke foto dokumentasi keluarga dan event-event tertentu yang tidak membutuhkan hasil foto dengan kualitas tinggi. Saat ini kamera pocket sudah mulai digusur oleh keberadaan kamera smartphone, yang terintegrasi ke berbagai aplikasi dan social media.

Kamera DSLR ditandai utamanya dengan ukuran sensor yang besar (APS-C atau Full Frame), lensa yang bisa diganti, terdapat mirror pada body untuk mengarahkan cahaya obyek ke optical viewfinder. Ukurannya jauh lebih besar dan berat dari kamera pocket, tetapi dengan hasil foto yang memang kualitasnya lebih bagus. Dan terutama nih, terlihat kereeen, gede gitu loh :D.

Sedangkan kamera Mirrorless adalah genre baru dengan hilangnya mirror dan optical viewfinder dan digantikan dengan elektronic viewfinder (EVF). Hasilnya, body yang sekecil kamera pocket, tetapi kualitas gambar menyamai kamera DSLR. Keluhan pada kamera Mirrorless adalah penggunaan EVF yg dirasa tidak sebaik optical, juga auto-focus yang tidak sebaik DSLR untuk pengambilan gambar obyek bergerak.

Dan berakhirlah pembahasan kita tentang perbedaan kamera DSLR dan Mirrorless, Dan apakah anda sudah menentukan pilihan mau beli kamera jenis apa? Hehe, Yang terpenting adalah kita memilih jenis kamera yang sesuai kebutuhan dan sesuai bajet yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also likeclose