cara mengantisipasi kecelakaan kerja

Upaya dan Cara Mengantisipasi Kecelakaan Kerja di Lapangan

In Kesehatan, Pengetahuan by Jimmy ChandraLeave a Comment

Cara mengantisipasi kecelakaan kerja merupakan hal yang sangat penting bagi para tenaga kerja dimana pun berada. Mengantisipasi kecelakaan kerja menjadi sebuah keharusan untuk menciptakan keselamatan dan keamanan bagi semua orang yang terlibat dalam suatu usaha. Keselamatan dan perlindungan pekerja dari kecelakaan merupakan suatu bentuk menciptakan produktivitas. Hal ini sebagai antisipasi kecelakaan dalam bekerja agar terhindar dari cacat ataupun kematian yang pastinya tidak diharapkan oleh semua pihak. Kecelakaan saat bekerja bisa disebabkan oleh banyak hal baik langsung maupun tidak langsung, seperti kerusakan mesin kerja, dan gangguan lingkungan kerja yang disebabkan unsur internal maupun eksternal.

Cara Mengantisipasi Kecelakaan Kerja sebagai Perlindungan

Kecelakaan dalam lingkungan kerja tidak terjadi tanpa alasan. Kecelakaan bisa terjadi karena kurangnya keamanan dalam lingkungan kerja. Kelalaian merupakan salah satu sebab hal tersebut terjadi. Tujuan dari keselamatan kerja bagi pekerja antara lain yaitu memberikan hak keselamatan pada setiap tenaga kerja sebagai bentuk dari kesejahteraan hidup, menjamin keselamatan orang lain yang berada di sekitar tempat kerja dan memelihara sumber produksi pekerjaan yaitu tenaga kerja itu sendiri. Sedangkan kerugian yang didapat dari kecelakaan kerja antara lain kacaunya organisasi sebuah perusahaan atau instansi, kerusakan pada alat kerja, keluhan tenaga kerja dan kesedihan baik tenaga kerja maupun lingkungan. Untuk menghindari hal tersebut, maka diperlukan cara mengantisipasi kecelakaan kerja, cara tersebut adalah sebagai berikut:

1 ) Standarisasi Konstruksi

Sejumlah pekerja menyelesaikan kerangka konstruksi jembatan di Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (15/7). PT Jamsostek meminta seluruh perusahaan untuk disiplin menerapkan norma-norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sesuai dengan UU Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja yang merupakan salah satu kewajiban para pengusaha untuk melindungi tenaga kerja dari potensi bahaya-bahaya saat bekerja. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/ss/pd/14.

Standar konstruksi pada sebuah gedung instansi atau perusahaan sangat penting karena gedung merupakan pondasi utama seorang tenaga kerja dalam menyelesaikan pekerjaan dan menghasilkan produktivitas setiap harinya. Standar konstruksi juga meliputi peralatan yang digunakan dalam bekerja. Pemilik perusahaan atau vendor yang bekerjasama dengan sebuah instansi harus mengetahui syarat-syarat dalam pembangunan sebuah gedung agar terintegrasi dengan baik. Standar konstruksi juga memberikan kenyamanan dalam bekerja sebagai bentuk dari salah satu cara mengantisipasi kecelakaan kerja.

2 ) Pendidikan keselamatan

cara mengantisipasi kecelakaan kerja 2

Poin kedua ini jangan sampai disepelekan oleh setiap pemilik perusahaan ataupun tenaga kerja. Seorang pemilik perusahaan harus memberikan pendidikan berhubungan dengan keselamatan bekerja baik secara teori maupun prakteknya agar tidak terjadi kelalaian dalam bekerja. Pendidikan mencangkup latihan-latihan dasar keselamatan dan meningkatkan keterampilan dalam sigap bekerja.

3 ) Pengawasan

cara mengantisipasi kecelakaan kerja 3

Pengawasan dalam bekerja dari expert merupakan salah satu cara mengantisipasi kecelakaan kerja. Hal ini sehubungan dengan dipatuhi atau tidaknya peraturan yang ada dalam sebuah tempat kerja. Seorang tenaga kerja juga harus menggunakan alat pelindung saat bekerja dengan benar. Selain itu, pengawasan dari pihak luar seperti lembaga yang mengawasi ketenagakerjaan, apakah setiap tempat kerja sudah mematuhi aturan yang dibuat dalam perundang-undangan mengenai keselamatan dalam bekerja.

4 ) Asuransi

cara mengantisipasi kecelakaan kerja 4

Asuransi keselamatan juga sangat dibutuhkan dalam pencegahan kecelakaan dalam bekerja. Paling tidak, asuransi akan memberikan jaminan keselamatan jiwa dan akan secara otomatis meningkatkan kesadaran diri dalam bekerja.

Kecelakaan dalam bekerja bisa terjadi kapanpun, maka dari itu cegahlah dengan cara di atas karena keselamatan dan kesehatan dalam bekerja sangat penting. Selain keselamatan dalam bekerja juga diatur dalam undang-undang No. 1 tahun 1970 yang mengatur seorang pemimpin dan pekerja dalam melaksanakan keselamatan kerja dan No. 23 tahun 1992 yang dengan khusus mengatur bahwa setiap perusahaan wajib memeriksa kesehatan badan, kemampuan fisik dan kondisi mental.  Maka dari itu, setiap lapisan dalam sebuah ketenagakerjaan harus menjamin keselamatan agar kondisi selalu aman. Untuk mewujudkan hal tersebut, jangan lupa untuk memperhatikan cara mengantisipasi kecelakaan kerja.

Leave a Comment