Tips mudah kenali bahan makanan berbahaya 0

Tips Mudah Kenali Bahan Makanan Berbahaya

In Kuliner by Jimmy ChandraLeave a Comment

Di antara banyaknya pilihan makanan dan minuman yang tersedia saat ini, terdapat bahaya mengintai penggemar segala jenis makanan dan minuman. Maka dari itu, mengetahui lebih lanjut mengenai tips mudah kenali bahan makanan berbahaya merupakan ide yang tepat. Bukan hal yang mengherankan mengingat sedikitnya waktu yang kita miliki untuk menyiapkan makanan sendiri selain kurangnya pengetahuan mengenai makanan yang sehat dan berbahaya. Konsekuensinya, banyak dari Anda yang mungkin telah mengonsumsi makanan berbahaya tersebut tanpa mengetahui dampak buruk yang diberikan kepada tubuh Anda. Sebagai usaha untuk mencegah konsumsi makanan berbahaya tersebut, Anda harus jeli dalam memilih bahan makanan yang akan Anda beli untuk keperluan konsumsi Anda dengan melakukan pengecekan lebih lanjut.

Daftar Tips Mudah Kenali Bahan Makanan Berbahaya

Dalam hal ini, terdapat beberapa tips mudah kenali bahan makanan berbahaya yang dapat Anda lakukan sebelum membeli atau bahkan mengonsumsi suatu bahan makanan:

1 ) Perhatikan warna bahan makanan yang akan Anda beli

Tips mudah kenali bahan makanan berbahaya 1

Biasanya, perhatian kita akan tertarik kepada banyak pilihan bahan makanan yang memiliki penampilan menarik, seperti saus sambal, es, atau jajanan pasar. Dalam hal ini, suatu perkataan mengenai penampilan yang dapat menipu memiliki kebenaran di baliknya. Penampilan menarik dengan warna-warna yang cemerlang dan memikat mata tersebut merupakan ciri-ciri utama dari bahan makanan berbahaya. Biasanya, zat pewarna yang digunakan merupakan zat pewarna tekstil yang digunakan untuk mewarnai kain yang tentunya berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

2 ) Perhatikan tekstur makanan yang Anda beli

Tips mudah kenali bahan makanan berbahaya 2

Tips mudah kenali bahan makanan berbahaya kedua berhubungan dengan tekstur. Apabila Anda penggemar tahu, bakso, maupun sejumlah makanan lainnya yang memilik kekenyalan tersendiri, Anda perlu meningkatkan kewaspadaan Anda karena makanan yang memiliki tingkat kekenyalan tersebut merupakan salah satu ciri-ciri makanan yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Cara mendeteksi hal ini sangatlah mudah; dalam hal ini, Anda dapat menekan atau menusuk makanan tersebut menggunakan garpu. Apabila bahan makanan tersebut kembali ke bentuk semula setelah ditekan atau ditusuk, Anda perlu waspada karena dalam bahan makanan tersebut terdapat boraks yang sangat berbahaya apabila digunakan sebagai bahan pengawet makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

3 ) Perhatikan kemasan makanan kaleng yang Anda beli

Tips mudah kenali bahan makanan berbahaya 3

Di banyak toko atau supermarket, telah banyak tersedia bahan makanan yang diawetkan dalam kaleng. Pengemasan makanan layaknya demikian dilakukan untuk membuat bahan makanan tertentu lebih awet untuk jangka waktu yang lama. Bahan makanan yang biasanya tidak dapat bertahan lebih dari seminggu dapat dikonsumsi melebihi batas waktu tersebut. Namun, hal penting yang harus Anda perhatikan ketika membeli makanan kaleng, yang sayangnya tidak diperhatikan oleh banyak orang, adalah kondisi kaleng dari makanan tersebut. Anda harus menghindari makanan yang kemasan kalengnya penyok karena makanan tersebut telah terkontaminasi oleh bakteri botulinum yang berbahaya dan dapat menyebabkan kanker.

4 ) Hindari makanan panas yang dikemas dalam Styrofoam

Tips mudah kenali bahan makanan berbahaya 4

Tips mudah kenali makanan berbahaya bagi kesehatan yang terakhir berhubungan dengan Styrofoam. Apabila Anda kerap membawa pulang makanan panas, kemasan yang biasanya digunakan adalah Styrofoam. Walaupun terkesan praktis dan memudahkan Anda yang ingin menyantap makanan tersebut di rumah, makanan yang dikemas seperti itu harus Anda hindari karena makanan panas yang dikemas dalam Styrofoam dapat menghasilkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker pada diri Anda. Hindari penggunaan Styrofoam sebagai kemasan makanan apapun untuk menghindari kanker yang dapat menyerang Anda.

Itulah tips mudah kenali bahan makanan berbahaya yang dapat Anda lakukan sendiri. Dengan begitu, kesehatan Anda akan selalu terjaga

Leave a Comment