Multitasking

Tips meningkatkan kemampuan Multitasking dalam diri

In Tips dan Trik by Jimmy ChandraLeave a Comment

Seorang yang memilki tingkat kesibukan yang tinggi dan memiliki banyak pekerjaan memang di tuntut untuk bisa Multitasking, dengan adanya kemampuan tersebut  bisa meningkatkan produktivitas anda. Mampu mengerjakan semuanya dalam satu waktu danl menyelesaikannya, akan membuat kualitas diri anda semakin baik.

Namun masih kebanyakan orang yang berfikir kalau mereka tidak bisa mengerjakan semuanya, pada dasarnya semua orang bisa multitasking mungkin hanya belum tahu caranya, pada artikel kali ini akan membahas tentang tips meningkatkan kemampaun Multitasking dalam diri, anda bisa melakukannya bila mengikuti cara-cara berikut :

Tips meningkatkan kemampuan Multitasking

Kerjakan Pekerjaan yang Masih Berhubungan

Tips pertama untuk melatih kemampuan multitasking adalah dengan mengelompokkan dan mengerjakan pekerjaan yang masih saling berhubungan. Seperti apa contohnya?

Sebenernya seseorang bisa mengerjakan hal yang berbeda dengan bersamaan, yaitu dengan mengerjakan hal yamg masih berhubungan. Pada dasarnya otak akan mulai merekam apa saja step-stepnya ,keperluan, hingga pemecahan masalah atau solusi. Dengan mengerjakan sesuatu yang masih berhubungan akan membuat otak tidak kesulitan untuk menggali informasi kembali.

Contohnya : Seseorang yang bekerja pada satu tempat dengan menggunakan media yang sama bisa mengerjakanya semuanya secara bersamaan, Orang yang sedang membuat laporan bisa sekalian mengeprint file dan membuat bahan presentasinya.

Tips meningkatkan kemampuan multitasking yang pertama adalah latihan pertama anda yang paling ringan, anda bisa mempraktekannya langsung.

Susun Prioritas Kepentingan Pekerjaan

Nah jika tadi di tips yang pertama kita sudah belajar bagaimana mengelompokan pekerjaan sejenis selanjutnya adalah untuk melatih multitasking ,cobalah buat satu to do list dengan memprioritaskan pekerjaan berdasarkan level kepentingannya.

Dengan membuat urutan pekerjaan berdasarkan tingkat kesulitan dan kepentingannya otak akan mengetahui pekerjaan maana yang harus diselsaikan, mengapa kita perlu mempriorotaskan yang tersulit dan terpenting, karena otak akan berada dalam kemampuan terbaiknya saat pertama-tama kita memulai mengerjakan tugas, dengan memprioritaskan tingkat urgentsinya maka semua pekerjaan akan bisa kita selesaikan.

Berikan Waktu Sejenak Untuk Otak Anda

Untuk poin yang satu ini, terkadang memang ada sebagian orang yang tidak dianugrahkan kemampuan kinerja otak yang bisa memikirkan sesuatu dengan cepat. Oleh karena itu, sangat wajar jika kita membutuhkan waktu sejenak agar otak bisa memproses perintah.

Dalam mencerna perintah yang masuk, otak manusia secara tanpa sadar akan bekerja. Dan sama seperti mesin yang digunakan secara terus menerus tentu satu waktu akan mengalami overheat dan justru bermasalah. Begitu juga saat akan berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain, coba untuk diam sesaat, tenangkan otak agar informasi tentang pekerjaan berikutnya bisa dicerna sempurna.

Demikian adalah tips meningkatkan kemampuan multitasking ,setelah anda menguasai 3 teknik dasar tadi selanjutnya hanya perlu melatihnya dengan rajin, dan sering-sering anda mengerjakan tugas yang berbeda dalam 1 waktu, namun jangan terlalu memaksakan otak dan fisik, bila sudah merasa lelah dan sudah tidak sanggup berhentilah sejenak untuk beristirahat.

Leave a Comment