tips-jitu-hindari-obesitas-pada-anak

Tips mengatasi obesitas terhadap anak

In Kesehatan, Tips dan Trik by Jimmy ChandraLeave a Comment

Obesitas atau kegemukan bukan hanya menimpa orang dewasa ,namun juga anak-anak, kurangnya edukasi bagi orang tua anak menyebabkan anak mereka terkena obesitas atau kegemukan. Bagi para orang tua yang awam terhadap kesehatan, tumbuh dengan badan yang besar dan gendut adalah sehat ,padahal tidak sama sekali akibat kegendutan banyak efek berbahaya untuk si anak. Disini kami akan memberikan tips mengatasi obesitas terhadap anak. .

 

Bagi anda yang memilki buah hati dengan kelebihan berat badan atau kegemukan ,jangan memaksakan anak anda untuk melakukan diet yang berat, karena bisa menyebabkan anak terganggu masa pertumbuhannya juga kesehatannya. Cara yang paling bijak adalah mengatasi obesitas tersebut. Dan berikut tips mengatasi obesitas terhadap anak.

 

Tips mengatasi obesitas terhadap anak :

 

  • Awasi makanan yang di konsumsi oleh anak

Jangan biasakan untuk anak mengkonsumsi makanan siap saji, atau cemilan karena jenis makanan tersebut mengandung lemak tinggi yang menyebabkan kegemukan. Berikanlah makanan dengan gizi yang tinggi, jenis makanan seperti sayur, daging segar, susu, dan vitamin secukupnya.

 

  • Hindari kebiasaan si anak untuk jajan di luar

Berikanlah asupan gizi dan makanan yang berprotein saat sarapan, bila perlu bawakan bekal saat anak pergi ke luar rumah, saat sekolah atau bermain. Ini berguna untuk menghindari anak jajan di luar, makanan yang di bawa dari rumah lebih terjamin kualitasnya.

 

  • Perhatikan juga makanan yang anda masak

Usahakan agar tidak menggunakan banyak minyak goreng, karena banyak lemak jahat terkandung didalamnya. Anda bisa mengganti cara memaksanya dengan merebus atau memanggangnya.

 

  • Buatlah jadwal makan yang teratur

Pada umumnya makan yang teratur di bagi menjadi 3 waktu, makan pagi atau sarapan, makan siang, dan makan malam. Usahakan agar anak terbiasa mengikuti aturan ini, agar makanan yang di konsumsi bisa tepat takarannya, tidak terlalu berlebihan atau kekurangan. Dan sediakan makanan yang memilki gizi tinggi.

 

  • Biasakan anak untuk rutin berolahraga

Tips mengatasi obesitas terhadap anak yang satu ini sangat penting, karena meskipun makannya sudah teratur, tetapi apabila anak jarang melakukan aktifitas fisik ,maka efeknya adalah anak menjadi malas dan malahan masih rentan terkena gejala obesitas atau kegemukan. Buatlah jadwal rutin olahraga, meskipun hanya lari-lari kecil seperti jogging atau jalan santai ini akan membuat pertumbuhan anak secara fisik menjadi lebih baik ,olahraga yang lebih baik adalah sepakbola atau aktifitas fisik yang  mengajarkan kerja sama tim. Selain membuat tumbuh anak berkembang baik secara fisik, anak juga akan belajar besosialisasi kepada teman-teman di sepermainannya.

Dan demikian adalah beberapa tips mengatasi obesitas terhadap anak, cara ini sudah terbukti efektif untuk mengatasi obesitas dini. Biasakanlah untuk melakukan tips-tips di atas agar anak anda bisa tumbuh sehat ,dan memilki postur badan yang ideal, selamat mencoba.

Leave a Comment