Bukan hal yang mustahil

Tips menentukan judul atau tema skripsi

In Tips dan Trik by Jimmy ChandraLeave a Comment

Rasa menjadi mahasiswa semester akhir memang campur aduk, ada senang dan bahagia ada juga rasa takut bercampur panik karena harus berhadapan dengan tugas akhir yaitu skripsi. Terkadang banyak orang yang lama menyelesaikan skripsinya karena judulnya tidak di acc oleh dosen pembimbing, Namun jangan khawatir pada artikel kali ini akan di bahas tentang tips menentukan judul atau tema skripsi, yang akan membantu kegamangan dan kegalauan anda.

4 Tips menentukan judul atau tema

Pilih judul yang berguna untuk kedepannya

Tips menentukan judul atau tema skripsi yang pertama adalah Pilih judul yang berguna untuk masa depan, Pasti ada langsung pertanyaan, “emang ada judul skripsi/tema yang gakbergun?” Jawabanya “Iya, ada” .Sebab ada beberapa judul penelitian yang dari judulnya saja sudah diketahui tidak ada manfaatnya untuk ke depan dan orang banyak, ini juga salah satu faktor judul sering di tolak dosen. Menjadi mahasiswa harus tahu dan peka terhadap lingkungan dan masyarakat, itulah yang membedakan mahasiswa dengan siswa, So buatlah skripsi yang bermanfaat dan enak di baca minimal enak buat di baca sendiri.

 Pilih judul dengan tema yang kamu minati

Meskipun anda kuliah di jurusan tertentu, senggaknya pasti ada satu hal dari program study anda yang anda sukai, jika ada, kenapa tidak mengambil tema dan judul dengan tema yang anda minati ? apalagi anda sudah menguasainya, akan lebih enak menguraikannya dan membahas permasalahan pada tema tersebut. Tips menentukan judul atau tema skripsi yang satu ini di jamin sangat membantu anda, karena pasti tidak enak mengerjakan sesuatu yang tidak kita sukai.

Pilih judul yang kamu kuasai

Tips menentukan judul atau tema skripsi yang ini masih ada kaitannya dengan point nomor dua, Walaupun anda telah memilih juduk skripsi yang di sukai, tetapi tidak menguasai materinya, itu bisa menjadi penyebab lambatnya pengerjaan skripsi anda, Sebenarnya tips ini di lakukan sebelum anda mengajukan proposal skrips, karena ketika anda sudah menemukan tema apa yang anda proses selanjutnya mempejarinya dan menguasai materi-materinya. Oiya jangan lupa diskusikan dengan dosen.

Pilih judul yang memiliki banyak referensi

Ini adalah tips yang sangat penting yaitu memilki judul dengan banyak narasumber akan mempermudah anda dalam proses pengerjaan, Ingat !! dalam menyusun skripsi setidaknya kita butuh minimal 25 buah buku referensi. Disarankan anda mencari beberapa literatur terlebih dahulu ,carilah literatur yang banyak dan berhubungan dengan judul dan tema skripsi anda.

Dan sekian Tips menentukan judul atau tema skripsi yang bisa dijamin keberhasilannya, dan mulailah membaca buku yang anda jadikan referensi dari sekarang, dan mulailah siapkan tema skripsi anda mnimal sejak semester 6, kurang dari itu akan lebih baik lagi.

 

Leave a Comment