Tips membuat film pendek dengan DSLR

Tips Membuat Film Pendek dengan DSLR yang Wajib Kamu Ketahui

In Entertainment, Pengetahuan, Teknologi, Tips dan Trik by Jimmy ChandraLeave a Comment

Kamera DSLR adalah kamera yang berkualitas tinggi sehingga banyak digunakan oleh para fotografer profesional maupun fotografer pemula. DSLR banyak digunakan oleh fotografer untuk mengabadikan momen-momen mengagumkan atau foto dari model yang cantik. Kamera DSLR tidak hanya selalu mengenai foto tetapi juga video. Kamera ini juga bisa membuat beragam video seperti film pendek, video klip musik dan lain-lain.

Namun, ada beragam tips membuat film pendek dengan DSLR yang perlu diikuti agar bisa menghasilkan kualitas film pendek yang maksimal layaknya diambil dari video recorder khusus. Hal ini tidak terlepas dari beragam kelebihan DSLR untuk merekam video seperti ruang tajam yang tipis, praktis, sensor DSLR yang lebih besar dan lain sebagainya. Berikut beberapa tips untuk membuat film yang baik dan benar.

Tips Membuat Film Pendek dengan DSLR yang Baik dan Benar

1 ) PENGATURAN SETTING KAMERA

Tips membuat film pendek dengan DSLR yang pertama adalah dengan mengatur setting kamera. Setting kamera ini meliputi Shutter Speed, Resolusi, ISO dan Diafragma. Hal paling dasar untuk membuat film pendek maksimal dengan DSLR adalah pengaturan yang tepat dalam 4 hal tersebut. Untuk Shutter Speed, Anda harus melakukan pengaturan 2 kali lipat dari frame rate film.

Tips membuat film pendek dengan DSLR 1

Misalnya, film pendek Anda memiliki frame rate 40, maka shutter speed harus diatur menjadi 1/80. Untuk resolusi, Anda harus menggunakan resolusi yang tinggi demi kualitas gambar yang tinggi pula, tak lupa pemilihan format Full HD ataupun HD. Untuk ISo dan Diafragma harus diatur secara seimbang, nilai yang bagus yaitu 320, 640 atau 160. Selain itu, jangan pernah mengatur ISO di atas 1000.

2 ) PENGATURAN WARNA SESUAI KONSEP

Selain settingan kamera, warna juga harus diatur sebagai tips membuat film pendek dengan DSLR yang baik dan benar. Warna yang dipilih harus sesuai dengan konsep film pendek. Caranya, Anda cukup mengatur dan memilih opsi white balance secara otomatis maupun secara manual.

Tips membuat film pendek dengan DSLR 2

Beberapa contoh pengaturan warna adalah flashlight, daylight untuk suasana cerah, fluorescent untuk suasana agak redup layaknya lampu neon, cloudy untuk suasana yang mendung dan agak gelap atau lampu pijar yang membuat suasana damai dan tenang. Penentuannya berdasarkan derajat Kelvin, yang baik adalah 2600 K – 5600 K untuk pengaturan secara manual.

3 ) PENGATURAN LATAR BELAKANG

Latar belakang film pendek juga harus diatur demi hasil film yang berkualitas tinggi. Jika Anda menggunakan latar belakang siang hari, penggunaan filter ND adalah wajib demi hasil video yang tidak over exposure karena cahaya matahari. Filter ND ini memang berfungsi sebagai peredam cahaya matahari. Sedangkan, jika Anda menggunakan latar belakang yang bokeh, Anda harus menggunakan lensa yang berukuran besar seperti f2.8 dan focal length yang panjang.

Tips membuat film pendek dengan DSLR 3

4 ) PENGGUNAAN ALAT TAMBAHAN

Tips membuat film pendek dengan DSLR yang terakhir adalah menggunakan alat tambahan yaitu Microfon Eksternal dan Penstabil.  Penggunaan Microfon Eksternal berfungsi untuk menghasilkan suara film pendek yang jelas, jernih dan keras. Sedangkan penstabil berfungsi untuk menstabilkan pengambilan gambar pada film pendek agar tidak terjadi video yang goyang karena ketidakstabilan tangan selama pengambilan gambar. Beberapa contoh alat penstabil yang biasa digunakan pada DSLR adalah Shoulder Rig, Tripod, Rig genggam, dan lainnya.

Tips membuat film pendek dengan DSLR 4

Ternyata, untuk membuat film pendek yang berkualitas, Anda tidak perlu membeli video recorder khusus yang harganya lebih mahal dari kamera DSLR. Cukup gunakan kamera DSLR yang Anda miliki dan mengikuti setiap tips membuat film pendek dengan DSLR yang sudah dibahas diatas. Namun, kesuksesan sebuah film pendek juga tergantung lebih dari kreatifitas dan kerjasama.

 

Leave a Comment