tips membuat aquascape

Tips Membuat Aquascape Sederhana Terlihat Menjadi Sangat Indah

In Entertainment, Unik by Jimmy ChandraLeave a Comment

Aquascape merupakan seni mengatur berbagai tanaman air, karang, batu serta kayu supaya terlihat indah dipandang serta alami dalam aquarium, yang akan memberikan sensasi seperti sedang berkebun di dalam air. Berbagai aquascape dibuat dengan teknik-teknik tinggi dan berbagai aksesoris yang mahal. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk membuat sendiri aquascape yang sederhana tetapi tetap terlihat indah. Ada beberapa tips membuat aquascape sederhana agar terlihat sangat indah yang bisa digunakan. Tips-tips tersebut adalah:

1 ) Memilih jenis tanaman yang tepat

tips membuat aquascape 1

Tanaman memegang peranan sangat penting dalam pembuatan aquascape yang indah. Memilih tanaman yang tepat menjadi tips membuat aquascape yang pertama. Tidak semua jenis tanaman dapat ditanam dalam aquascape. Pilihlah tanaman yang perawatannya mudah dan tidak memerlukan teknik tinggi untuk pengembangbiakannya. Tanaman-tanaman tersebut diantaranya adalah Rotala MacrAndara, Hygrophilia Difformis, Lilaeopsis, atau Jaa Fern. Amazon Sword, Green Tiger Lotus, Cryptocoryne Becketti serta Hydrocotyle Tripartita juga bisa dipilih. Jangan lupa memberikan pupuk sebelum tanaman ini diletakkan agar dapat tumbuh dengan subur.

2 ) Memilih jenis ikan yang sesuai

tips membuat aquascape 2

Tips membuat aquascape sederhana agar terlihat sangat indah yang kedua adalah pemilihan ikan dan hewan lainnya. Ikan yang dapat digunakan untuk mengisi sebuah aquascape adalah ikan yang berukuran kecil dan tidak merusak tumbuhan. Ikan predator ataupun jenis Maskoki tidak sesuai untuk aquascape. Jenis-jenis ikan yang sesuai untuk aquascape diantaranya adalah Blue Tang, Clown Fish ataupun Neon Tetra. Ikan pembersih juga bisa diletakkan, seperti ikan Lae serta udang Red Cherry. Keong Tanduk juga dapat membantu membersihkan aquascape secara alami.

3 ) Kayu dan batu sebagai aksesoris

tips membuat aquascape 3

Kayu dan batu menjadi elemen penting pembuatan aquascape. Batu yang digunakan dalam cara membuat aquascape yang indah adalah batu yang tidak berbahaya bagi hewan maupun tanaman. Petrified stone yang disebut juga batu fosil serta batu susun atau batu Gobi banyak dipilih dalam pembuatan aquascape karena bentuknya yang artistik. Batuan lain yang sedang populer adalah Golden Stone serta Serpentine Stone. Kayu yang disarankan dalam tips membuat aquascape adalah kayu Rasamala yang murah tetapi tidak menyebabkan perubahan warna air ataupun meracuni hewan.

4 ) Penataan atau tampilan

tips membuat aquascape 4

Agar aquascape yang sederhana terlihat indah, diperlukan adanya tips mendesain aquascape. Desain tampilan aquascape umumnya berbentuk hutan, taman, bukit ataupun gunung. Kombinasi dari berbagai desain tersebut juga akan menghasilkan sebuah aquascape yang sangat unik. Penanaman dan penataan tanaman sebaiknya mulai dilakukan setelah membuat dasar dan mengisi air hingga seperempat aquarium. Hal ini akan mempermudah proses penanaman. Aksesoris seperti batu dan kayu yang dikubur sebagian dalam pasir akan memberikan kesan lebih alami.

5 ) Perawatan yang benar

tips membuat aquascape 5

Untuk menghasilkan aquascape yang indah diperlukan adanya perawatan yang benar. Pada minggu pertama pembuatannya, perlu dilakukan pengurasan sekali dalam sehari sebanyak 30 % volume air. Hal ini akan membantu membuang racun yang masih dihasilkan oleh elemen-elemen yang baru ditempatkan. Pada minggu kedua, pengurasan bisa dilakukan 3 hari sekali saja. Setelah berumur tiga bulan, pupuk cair bisa diberikan ke dalam aquascape.

Tips mengatur aquascape juga menyarankan adanya perencanaan sebelum mulai mengerjakan. Kita perlu memiliki gambaran yang detil terhadap desain yang akan diciptakan, sehingga pengerjaan menjadi lebih mudah. Penerapan tips membuat aquascape merupakan kegiatan yang sangat baik dalam meningkatkan kreatifitas dan jiwa seni yang dimiliki.

Description: Tips membuat aquascape meliputi cara memilih tanaman, hewan, batu dan kayu. Penataan dan perawatan yang baik juga membuat aquascape sederhana menjadi terlihat indah.

Leave a Comment