tips-makanan-untuk-kesehatan-mata

Tips Makanan Untuk Kesehatan Mata

In Kesehatan by Jimmy ChandraLeave a Comment

Tips makanan untuk kesehatan mata

Mata merupakan salah satu dari panca indera manusia yang fungsinya sebagai alat penglihatan. Tanpa kita sadari mata adalah organ tubuh manusia yang sangat penting namun juga paling sering kita sia-siakan. Contohnya saja di jaman modern serba teknologi ini, berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk menatap gadget Anda setiap hari? Mata yang hanya menatap satu tempat atau satu titik dalam waktu lama tanpa adanya jeda akan mengakibatkan akomodasi mata semakin lemah. Akhirnya semakin banyak orang yang memakai kaca mata di usia muda. Bahkan menggunakan lensa kontak selama berjam-jam juga tidak baik untuk kesehatan mata. Agar mata tetap berfungsi dengan baik, berikut adalah tips makanan untuk kesehatan mata yang harus Anda konsumsi.

Wortel

Makanan kesehatan mata wortel

Makanan kesehatan mata wortel

 

Makanan kesehatan mata wortel

Makanan kesehatan mata yang pertama tentu saja wortel. Wortel merupakan sumber vitamin A dan betakaroten yang berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A pada wortel berguna untuk menjaga mata tetap jernih dan bersih serta melindungi mata yang kemasukan debu atau kotoran. Sedangkan betakaroten berfungsi sebagai zat antioksidan yang menangkal radikal bebas sehingga menyebabkan kerusakan pada mata. Selain itu betakaroten juga mencegah mata mengalami degenerasi makula, serta katarak.

Salmon

Makanan kesehatan mata salmon

Makanan kesehatan mata salmon

Mengkonsumsi salmon merupakan tips makanan untuk kesehatan mataselanjutnya. Salmon merupakan sumber omega 3 dan asam lemak tak jenuh terbaik yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata. Resiko terjadi degenerasi makula pada mata dapat diturunkan hingga sebanyak 38% jika mengkonsumsi salmon secara rutin. Selain omega 3, salmon juga kaya akan vitaminD yang juga berperan dalam menjaga agar mata tetap sehat. Selain untuk kesehatan mata, salmon juga sangat baik untuk kesehatan jantung.

Jeruk nipis

Makanan kesehatan mata jeruk nipis

Makanan kesehatan mata jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan buah bagian dari makanan kesehatan mata yang kaya akan vitamin C. kandungan vitamin C pada jeruk nipis lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk sunkist. Penelitian menunjukkan bahwa retina sangat membutuhkan vitamin C untuk sel-sel saraf agar dapat bekerja dengan baik. Selain itu vitamin C juga merupakan zat antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak mata. Selain jeruk nipis dan jeruk lainnya, makanan yang kaya akan vitamin C adalah tomat, pepaya, dan apel.

Sayuran hijau

Makanan kesehatan mata sayuran hijau

Makanan kesehatan mata sayuran hijau

Tips makanan untuk kesehatan mata adalah banyak mengkonsumsi banyak sayuran yang berwarna hijau. Sayuran yang berwarna hijau mengandung zat lutein dan zeaxanthin yang merupakan zat antioksidan yang diperlukan oleh retina untuk menangkal bahaya dari radikal bebas. Kedua zat tersebut juga sangat baik untuk mengurangi atau mencegah terjadinya degenerasi makula. Sayuran hijau yang baik untuk mata antara lain adalah bayam, kangkung, sawi, brokoli, kale, dan lain sebagainya.

Rajin mengkonsumsi makanan kesehatan mata tidak cukup jika tidak disertai dengan merawat mata secara eksternal. Yang bisa Anda lakukan adalah mengistirahatkan mata setiap 20-30 menit sekali jika Anda sedang bekerja dengan komputer atau gadget lainnya agar mata dapat berakomodasi dengan baik. Sinar pada gadget mengandung gelombang radiasi yang tidak baik bagi mata jika terkena secara terus menerus. Jangan membaca dalam keadaan ruangan dengan penerangan minim, dan jangan mengucek mata dengan tangan bila terasa gatal atau ada benda asing masuk. Megucek mata bisa menyebabkan mata merah dan terjadi iritasi, bahkan bisa berujung pada belekan.

Leave a Comment