Tips membeli smartphone di blackmarket-10

Tips Aman Beli Smartphone di Blackmarket

In Teknologi, Tips dan Trik by Jimmy ChandraLeave a Comment

Barang BM (Blackmarket) adalah salah satu barang incaran konsumen karena biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih murah. Smartphone adalah salah satu barang yang bisa Anda dapatkan dengan harga miring di Black-Market. Namun membeli smartphone BM bukan tanpa resiko karena itu Anda harus tahu tips membeli smartphone di Blackmarket agar tidak tertipu. Karena tidak semua barang yang dijual di Blackmarket adalah barang asli atau original yang berkualitas. Jika Anda mendapat barang yang jelek, bukan untung Anda malah dirugikan bukan?

Sebelum Anda mencari tahu cara memilih smartphone di Blackmarket, Anda juga harus paham apa itu produk Blackmarket. Blackmarket adalah praktek penjualan illegal, karena barang yang dijual atau diimpor ke Indonesia tersebut tidak memiliki surat-surat resmi, di luar prosedur ekspor-impor yang sah, tidak kena pajak dan masih banyak lagi. Itulah mengapa barang-barang Blackmarket biasanya punya harga yang lebih murah, karena tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk pajak dan lain-lain.

Barang yang dijual di Blackmarket, termasuk smartphone tidak semua adalah barang original. Barang KW, barang replika, super replika atau barang asli tapi second yang kemudian direkondisi seperti baru lagi juga dijual. Sehingga tidak heran jika kualitas dan jenisnya benar-benar bermacam-macam. Anda sebagai calon pembeli harus paham dan jeli agar Anda benar-benar mendapatkan smartphone dengan kualitas sesuai harapan Anda.

Berikut ini adalah tips membeli smartphone di Blackmarket agar Anda mendapatkan barang yang benar-benar berkualitas:

1 ) Jenis dan Spek Smartphone Jelas

Tips membeli smartphone di blackmarket-12

Agar Anda tak tertipu, tentu sebelum membeli Anda harus sudah tahu jenis produk smartphone apa dan tipe berapa yang Anda inginkan. Tidak hanya itu, Anda juga sebaiknya mengetahui detail spesifikasi produk tersebut. Sehingga Anda bisa mengecek fungsi-fungsi yang dimiliki, fitur dari smartphone tersebut apakah semua berjalan dengan baik dan hal-hal lainnya yang ada dalam ponsel pintar yang Anda beli.

2 ) Cek Kondisi Fisik dan Kemampuan

Tips membeli smartphone di blackmarket-07

Tips memilih smartphone di Blackmarket berikutnya adalah, jika Anda membelinya secara offline Anda bisa langsung mengecek kondisi fisik barang dan kemampuan atau kinerjanya. Jika ada cacat atau fitur yang tidak berfungsi sebaiknya tidak usah dibeli. Memang tidak mudah melihat secara detil apakah ada yang kurang sempurna, contohnya pada layar apakah ada spot atau bayang-bayang yang mungkin muncul, suara yang kurang jernih, goresan atau bentuk yang kurang lurus lagi.

3 ) Cek baterai dan asesoris harus original

tips membeli smartphone di Blackmarket

Terkadang ada pemain Blackmarket yang nakal, mereka mengganti baterai dan asesoris seperti charger dan earphone yang tidak original. Smartphone asli dibundling dengan paket asesoris yang tidak asli agar penjual makin tinggi untungnya. Untuk mengatasi hal ini tentu Anda harus tahu cirri-ciri baterai, asesoris dan charger yang asli seperti apa. Jika Anda menggunakan baterai dan charger yang palsu ada kemungkinan smartphone Anda cepat rusak. Karena kualitas barang palsu tentu tak sebaik yang asli.

Walaupun Anda sudah melakukan tips membeli smartphone di Blackmarket seperti yang diuraikan diatas, belum menjadi jaminan Anda akan mendapatkan smartphone yang benar-benar berkualitas. Karena itu pikirkan ulang niat Anda membeli barang BM. Ingat, barang BM yang rusak tidak dapat dibetulkan di service center produk tersebut. Barang BM juga memiliki kekurangan dalam garansi dan layanan purnajual karena tak dilengkapi surat-surat resmi.

Ada baiknya Anda juga memastikan kepada penjual kondisi sesungguhnya dari produk smartphone BM yang akan Anda beli. Misalnya, apakah barang tersebut original, replika, second atau barang rekondisi. Kemudian mintalah garansi dari penjual. Biasanya penjual BM akan memberikan garansi dari dirinya sendiri selama 1 hingga 4 minggu, gunakan waktu tersebut untuk mengecek kondisi dan kemampuan smartphone apabila ada yang bermasalah. Semoga tips membeli smartphone di Blackmarket ini bisa membantu Anda.

Deskripsi: Tips membeli smartphone di Blackmarket diantaranya, ketahui jenis dan spek barang yang diinginkan, periksa kondisi fisik dan kemampuan, cek baterai, charger dan asesoris harus original.

Leave a Comment