mahasiswa dan dosen

Tipe-tipe Mahasiswa yang disukai dosen

In Pendidikan by Jimmy ChandraLeave a Comment

Salah satu cara agar menjadi mahasiswa yang bahagia adalah memilki hubungan akrab dengan dosennya, dosen adalah bagian penting yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan belajar mengajar di lingkungan kampus, percaya atau tidak dosen memilki andil besar dalam kesuksesan mahasiswanya.  Sebagai mahasiswa yang baik selain dekat dengan pacar ,perlu juga untuk dekat dengan dosen.

Nah, Berikut ini adalah Beberapa cara dan Tipe-tipe Mahasiswa yang disukai dosen, kalian pun para mahasiswa bisa menjadi pribadi-pribadi seperti ini ,Check this out:

Tipe-tipe mahasiswa yang disukai dosen

  • Mahasiswa yang memperhatikan dosen saat di kelas

Dosen mana yang tidak suka pada mahasiswa yang memperhatikannya saat kegiatan belajar mengajar? ,meskipun pada dasarnya dosen dan guru di sekolah berbeda ,mungkin dosen lebih cuek ketimbang guru ,terserah mahasiswanya mau perhatiin atau tidak itu urusan mereka. Namun pasti dosen mempunyai penilaian khusus bagi mahasiswa yang memperhatikan mata kuliah, jadi apa yang mereka sampaikan tidak sia-sia. Dosen sangat suka pada mahasiswa yang aktif dan antusisas saat di kelas, mereka tau mana yang tidak memperhatikan mana yang tidaK ,Mana yang pura-pura nyatet mana yang nyatet beneran. Terkadang dosen sengaja melakukan kesalahan saat menerangkan , mereka ingin melihat mahasiswa mana yang jeli ,dan memancing mahasiswanya agar lebih aktif di kelas. Intinya simple kok, kamu respect dikelas mereka pun akan menghargai.

Tipe-tipe mahasiswa yang disukai dosen

  • Mahasiswa yang aktif (Bertanya, Menjawab, dan memberikan penambahan)

Lebih dari sekedar memperhatikan dosen juga senang kepada mahasiswa yang memilki partisipasi lebih, seperti bertanya dan menjawab atau bahkan membantah pernyataan dosen yang tidak benar. Mungkin juga ada beberapa dosen yang senang bila dibikin kewalahan oleh pertanyaan-pertanyaan mahasiswa tersebut, itu menunjukan bahwa orang yang di didiknya memang aktif dan peka terhadap keaadaan sekitar.

  • Mahasiswa yang ramah dan menyapa dosennya

Mungkin anda bukanlah orang paling pintar dikampus atau di kelas, bukan juga yang terajin, namun penilaian dosen tidak hanya berpatokan pada dua hal di atas saja. Dengan ramah dan menyapa mereka lalu santun ketika bersikap, mungkin akan mengangkat derajat anda di mata dosen. Sekarang-sekarang ini banyak mahasiswa yang fokus terhadap pengembangan diri, mereka terkadang tidak peduli dengan sekitar , lebih mementingkan diri sendiri  dan dengan bakat yang mereka miliki. Saat bertemu dosen mereka tidak menegur atau bahkan pura-pura tidak melihat, pengembangan diri memang sangat penting dan berguna namun bukan berarti harus tidak peduli serta acuh tak acuh pada sekitar.

Dan keuntungan lain jika kalian santun adalah dosen akan mengingat wajah dan nama kalian, yang mungkin akan menolong nilai akademik kalian.

  • Mahasiswa yang nilainya sesuai dengan ekspetasi dosen

Mungkin banyak mahasiswa yang mengalami gangguan ketika bersosial atau bergaul, dan sering canggung dan acakadul ketika mengutarakan pendapat. Tapi buat mahasiswa dengan tipe seperti ini ,bisa membuktikan kapabilitasnya melalui nilai-nilai yang memuaskan dosen. Itu berarti anda benar-benar memperhatikan dan mengerti materi yang diberikan dosen.

  • Mahasiswa yang bisa berdiskusi dengan dosennya (Komunikasi yang baik)

Seorang dosen akan senang bila ada mahasiswa yang datang kepadanya untuk berdiskusi perihal materi yang dia berikan di kelas. Jika anda sering berdiskusi dengan dosen, kemungkinan anda memilki wawasan yang sama luasnya dengan dosen dalam mata kuliah tersebut. Jika anda memang mahasiswa yang berani berdiskusi dengan dosen, jangan sembunyikan diri kalian jika ada beberapa hal tidak sependapat, sampaikan dan luruskan sampai titik temu di temukan, yang pada akhirnya ada dosen satu pemikiran. Ketika mahasiswa dan dosen berdiskusi dan sering berdebat ,namun pada akhirnya menemukan teori baru, itu artinya kalian sudah menjadi partner diskusi yang selevel.

  • Mahasiswa yang sadar waktu penting dosen

Bila banyak mahasiswa di kelasmu yang suka telat, pastikan anda bukan bagian dari mereka. Dosen itu sangat senang kepada mahasiswa yang bisa menghargai waktunya. mungkin keterlambatan dosen masih bisa di maklumin karena dia punya aktifitas yang sangat sibuk, dan mungkin saja ia memberikan perhatian khusus kepada mahasiswa yang datang dan tepat waktu.

Demikian adalah Tipe-tipe mahasiswa yang disukai dosen, mengikuti tips di atas bukan berarti anda mencari perhatian kepada dosen, namun untuk menjadikan kita sebagai mahasiswa sebagai mana mestinya. dan mungkin dengan menjadi tipe mahasiswa di atas ,bisa mendapatkan wawasan yang sama luasnya seperti dosen anda, maka tidak ada salahnya untuk mencoba tips di atas.

baca juga bisnis sampingan untuk mahasiswa

Leave a Comment