Teknologi robot militer Indonesia 2

Teknologi Robot Militer Indonesia yang Akan Memperkuat Alutsista TNI

In Teknologi by Jimmy Chandra1 Comment

Perkembangan zaman dalam bidang teknologi dan militer tampaknya semakin maju dan canggih. Dengan demikian, tentu pertahanan dan keamanan atas negara Indonesia tidak boleh sedikitpun lengah atau ketinggalan. Peningkatan untuk memperkuat alutsista TNI sangat diperlukan oleh bangsa ini, salah satunya dengan menciptakan dan memanfaatkan teknologi robot militer Indonesia. Apa itu? Dan apa saja manfaatnya?

Mengapa Sangat Diperlukan Teknologi Robot Militer Indonesia?

Dengan maraknya teknologi yang semakin canggih di era globalisasi ini, Indonesia dengan peningkatan kekuatan alusista TNI juga harus mampu menunjukkan pada negara lain bahwa kita juga mampu bersaing  dalam bidang militer dengan teknologi robotnya di tingkat Internasional. Salah satunya adalah dengan meluncurkan teknologi robot militer Indonesia. Bahkan, sebisa mungkin Indonesia harus bisa menjadi inspirasi bagi negara lain dalam bidang militer. Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa teknologi robot militer sangat dibutuhkan

1 ) Robot Mampu Bekerja sesuai Perintah

Teknologi robot militer Indonesia akan memperkuat alusista TNI karena beberapa alasan. Alasan pertama karena robot tak kenal dengan kata lelah, sedangkan manusia memiliki keterbatasan akan hal itu. Selain itu, robot mampu menerima perintah sesuai apa yang diperintahkan manusia. Tentunya, TNI bisa berfikir dengan lebih fokus dan kemudian memberikan perintah pada robot militer. Jika Indonesia mampu melakukan ini, robot yang bekerja dengan otak manusia tentu akan memberikan manfaat yang sangat menakjubkan. Apalagi jika robot dan TNI bisa bekerja sama dengan tujuan yang sama. Dengan digunakannya robot militer yang diciptakan oleh negara Indonesia, maka pertahanan militer kita akan semakin kuat dan maju.

2 ) Tidak Perlu Mengimpor Robot dari Negara Lain

Selain itu, Indonesia juga dapat meminimalkan dana yang digunakan untuk membeli robot  atau perlengkapan (mengimpor barang dari negara lain) dalam bidang militer dengan mencoba merakit atau membuat robot dan peralatan militer menggunakan sumber daya alam dan manusia yang melimpah yang ada di tanah air. Meskipun bahan yang digunakan tidaklah murah dan membutuhkan waktu yang lama, namun jika berhasil akan sangat memberikan pengaruh besar pada negara Indonesia.

3 ) Contoh Robot Militer Indonesia

Teknologi robot militer Indonesia

Teknologi robot dalam bidang militer yang diproduksi oleh anak bangsa tentu memiliki standar dan kemampuan yang cukup membanggakan. Produk yang paling utama yaitu robot tempur yang dibuat dan dijalankan dengan listrik dan baterai sebagai penggerak. Robot tempur ini mampu menahan dan mengangkut beban seberat 150 kg. Selain itu, alat ini juga mampu melompat dan juga memiliki kecepatan sampai 60 km/jam. Robot tempur tersebut dibuat oleh TNI AD Karangploso Kabupaten Malang Jawa Timur. Robot tempur militer karya TNI AD ini juga telah melewati beberapa kali uji coba untuk mengecek apakah teknologi robot militer Indonesia ini mampu untuk meningkatkan kinerja alutsista TNI. Dan pada kenyataannya, robot militer ini lolos uji coba sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan pertahanan militer dalam negeri.

Teknologi robot militer Indonesia ternyata memang sangat dibutuhkan demi memenuhi kebutuhan teknologi yang semakin maju dari hari ke hari. Indonesia memang sudah seharusnya memiliki robotnya sendiri agar tidak kalah saing dengan sistem pertahanan negara lain. Tujuan dari pemanfaatan robot ini adalah demi tujuan efisiensi kinerja alutsista TNI. Itulah sedikit informasi terkait dengan robot militer yang ada di negara ini. Semoga bisa membuka sedikit wawasan bagi anda yang tertarik dengan segara hal yang berhubungan dengan TNI.

Comments

Leave a Comment