Suka Membuat Cerita Fiksi? Posting Aja di Fanfiction

In Cerita-cerita pendek by Jimmy ChandraLeave a Comment

Cara Posting Cerita di Fanfiction – Siapa sih yang tidak kenal dengan fans fiksi? Bagi kamu yang suka sekali cerita dari film, kartun, anime, atau yang lainnya beserta dengan karakter yang ada di dalamnya bisa membuat cerita lain yang kamu anggap lebih menarik atau memuaskan fans.

Tidak semua cerita dari karya tersebut banyak yang menarik karena sebagian masih mengacu pada orisinalitas dari pembuatnya, namun beda cerita lagi jika kamu ingin menggambarkan karakter yang sama dengan perilaku dan alur cerita yang berbeda juga.

Banyak juga komunitas di Indonesia sendiri yang membuat cerita fiksi yang dibuat menggunakan karakter dari film atau kartun tertentu. Kamu juga tidak perlu ragu lagi untuk menyampaikan dan memberikan gambaran apa yang kamu bayangkan pada cerita tersebut.

Kadang jika digemari dan alurnya memang bagus bisa menjadi cerita pilihan untuk dibuat episode baru atau ditampilkan pada film atau kartun yang dimaksud. Berikut ini beberapa cara mudah bagi kamu yang ingin membuat sendiri cerita fiksimu.

Cara Posting Cerita di Fanfiction

Judul

 

Pertama yang perlu diperhatikan adalah judul karena impresi pertama kali pembaca yang dilihat adalah judul.

cara-posting-cerita-di-fanfiction-1

Nantinya judul bisa menggambarkan sesuatu pada alur cerita nanti misalkan bisa dibuat nama tokoh atau inti dari alur cerita tersebut. Judul ini memang harus bisa masuk ke dalam cerita, untuk bahasanya sendiri memang terserah dari penulisnya.

Penulis

Pada tahap cara posting cerita di Fanfiction memang perlu ada data dari penulis. Hal ini untuk menjaga orisinalitas dari penulis cerita tersebut.

Man typing on a typewriter vector illustration

Man typing on a typewriter vector illustration

walau terkadang ada beberapa penulis yang menyamarkan namanya karena ingin menggunakan sebutan saja. Hal ini tidak masalah selama kamu sendiri bisa menerimanya nanti.

Genre

Faktor penting selanjutnya adalah genre atau lebih dikenal dengan aliran. Apabila suatu cerita tidak memiliki aliran maka tidak akan menemukan inti dari keseluruhan pembuatannya.

cara-posting-cerita-di-fanfiction-3

Aliran ini ada banyak sekali dari komedi, romantis, sedih, dan banyak lagi. Genre ini akan mempengaruhi pembaca yang menginginkan cerita dengan genre yang dia sukai juga, dengan begitu pembaca akan mengetahui keseluruhan cerita yang diinginkan.

Cerita dan Tokoh

Dalam hal ini memang sangat penting sekali dan menjadi tujuan utama dalam cara posting cerita di Fanfiction. Nantinya kamu akan menceritakan siapa saja yang masuk dalam cerita tersebut beserta dengan karakternya masing-masing, ditambah lagi dengan inti cerita yang tetap sejalur (tidak berubah-ubah konsepnya) akan lebih menghibur pembacanya.

cara-posting-cerita-di-fanfiction-4

Walau hanya sekedar ban fiksi bukan berarti tidak memiliki cerita yang menarik untuk dibaca. Semua cerita jika menarik dengan karakter tokoh yang unik di dalamnya akan memberikan kesan yang baru bagi pembacanya.

Cara Mendaftar di Fanfiction

cara-posting-cerita-di-fanfiction-5

Langkah terakhir hanya perlu mendaftar di komunitas online fanfiction. Di luar sana memang ada banyak pilihan untuk posting cerita tersebut tidak hanya di fanfiction saja. Hanya saja yang paling besar memang dari fanfiction.

Di tempat ini kamu akan menemui banyak sekali orang yang tertarik juga untuk membuat cerita atau mereview secara keseluruhan cerita yang kamu buat. Untuk itu memang sangat penting sekali untuk bertemu bersama, membahas apa yang dibuat oleh orang lain dan bagaimana sisi kekurangannya.

Cara posting cerita di fanfiction memang sangat mudah sekali jika memang suka dalam bidangnya. Tidak semua orang bisa berimajinasi dengan baik dan mengutarakannya dalam tulisan yang bisa membuat orang lain bisa masuk ke dalam dunia tersebut. Jika kamu salah satu dari orang tersebut tidak ada salahnya untuk mulai mencoba hal baru.

Leave a Comment