sejarah lazada Indonesia 2

Sejarah Lazada Indonesia dan Alasan Alibaba Akuisisi Lazada

In Bisnis, Cerita-cerita pendek, Sejarah by Jimmy ChandraLeave a Comment

Sejarah lazada indonesia merupakan bagian dari lazada internasional yaitu semua marketplace bersifat online terbesar di Asia Tenggara. Lazada muncul pada awal tahun 2012 kemudian berkembang secara pesat di Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Sebagai negara dengan penduduk terbesar dunia keempat, Indonesia memiliki daya tarik dayng besar bagi para investor. Pertumbuhan internet di negara ini sangat tinggi, meski rasio penetrasinya masih rendah. Hal tersebut tidak mengurangi besarnya potensi e-commerce di Indonesia. Lazada menawarkan berbagai macam produk, dari elektronok hingga fashion.

lebih dekat dengan sejarah Lazada Indonesia

Alibaba akuisisi lazada

Alibaba bukan nama yang asing di dunia e-commerce. Perusahaan ini terkenal dengan situs marketplace terbesar di Tiongkok. Seperti yang sudah diketahui, Alibaba merupakan pemain dominan di negara tersebut dengan pangsa pasar yang lebih dari enam puluh persen. Selain situs marketplace, alibaba juga memiliki situs lain yang merupakan produk turunan dari situs utama alibaba. Secara umum, para konsumen dan supplier berkumpul di satu site lalu bertransaksi. Cara ini sangat menguntungkan kedua belah pihak.

Terkait dengan sejarah lazada indonesia, Alibaba melihat Indonesia memiliki pasar yang tidak kalah dari Tiongkok. Kedua negara memiliki kemiripan dari sisi jumlah dan pasar. Alibaba menilai lazada telah berkembang pesat sehingga dapat menjadi jembatan untuk melakukan ekspansi secara luas. Untuk itu, pembelian saham lazada adalah pilihan terbaik yang dapat dilakukan Alibaba.

Ada beberapa alasan yang menjadi latar belakang akusisi Lazada oleh Alibaba. Satu hal yang utama telah dijelaskan di atas yaitu ekspansi atau memperluas market share dari Alibaba. Lazada sudah menjadi tempat yang matang dalam arti tidak membutuhkan marketing yang ekstensif karena posisinya sudah berada pada marketplace yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Pihak Alibaba tidak perlu repot untuk memberikan dana tambahan sebab Lazada sudah menghasilkan profit. Yang perlu dilakukan adalah memperbanyak produk yang dijual serta kemudahan akses pembayaran.

Berbicara mengenai sejarah lazada Indonesia, masyarakat menilai Lazada adalah marletplace pertama yang beorientasi produk di Indonesia. Ketika masuk ke situs Lazada, calon pengunjung akan disuguhkan bebagai macam produk yang terbagi dalam banyak kategori. Ada produk yang dijual langsung oleh Lazada sehingga memudahkan pengiriman ke tempat tujuan. Sedangkan bagi item-item yang dijual oleh pihak ketiga, Lazada memiliki sistem tersendiri sehingga penjual dan pembeli bertransaksi secara aman dan nyaman. Pembeli membayar terlebih dahulu seharga produk ditambah ongkos kirim ke rekening Lazada kemudian pihak penjual mengirimkan produknya ke alamat pembeli.

Berbeda dari sejarah lazada Indonesia, Alibaba lebih menekankan pada pihak ketiga atau penjual di luar Alibaba. Para konsumen tinggal memilih penjual yang diinginkan lalu melakukan proses transaksi. Ada beberapa perubahan yang terjadi pada Alibaba untuk mengurangi para penjual yang nakal. Kelebihan dari Alibaba adalah penjual yang banyak serta memiliki potensi produk yang besar sehingga harga lebih murah bagi pembeli. Jika melakukan pembelian secara satuan, harga menjadi sangta mahal.

Pihak Alinana mengklaim lebih dari tujuh puluh persen dari saham Lazada. Dari jumlah saham yang dimiliki, secara de facto Alibaba adalah investor terbesar di Lazada. Ada opsi pembelian yang ditawarkan kepada Alibaba saat melakukan akusisi yaitu kepemilikan seluruh saham. Jika melihta sejenak sejarah lazada Indonesia, maka akusisi ini merupakan penggabungan dua raksasa e-commerce yang memiliki market share terbesar. Hasilnya adalah penguatan brand dan produk dengan variasi lebih banyak.

Leave a Comment