Asal usul komodo 2

Sejarah dan Asal Usul Hewan Komodo

In Sosial by Jimmy ChandraLeave a Comment

Asal usul komodo – Indonesia sudah sepatutnya merasa bangga karena bisa memiliki satu-satunya dinosaurus yang masih hidup di dunia yakni komodo. Tak heran jika banyak orang yang semakin penasaran dengan Asal usul komodo ini. Komodo adalah hewan asli Indonesia yang sangat populer hingga mendunia. Hewan ini berasal dari pulau Komodo yang terkenal sebagai reptil berbisa yang sangat ganas karena mampu melumpuhkan setiap mangsanya dengan cepat. Hal ini bisa dilihat langsung dari berbagai kasus penyerangan oleh Komodo beberapa waktu belakangan ini.

Bahkan ada studi baru yang membuktikan bahwa Komodo yang memiliki nama latin Varamus komodoensis ini memiliki bisa paling mematikan sedunia. Tak hanya bisanya, kemampuan Komodo untuk melindungi diri juga ada pada kekuatan giginya yang mampu mengoyak musuhnya dengan cepat dan ganas. Lantas darimana asal mula Komodo ini? Berikut ini akan diulas terkait Asal usul komodo dan fakta-fakta mengejutkan yang perlu anda ketahui.

Asal Usul Komodo dan Fakta-fakta Mengejutkan yang Perlu Anda Tahu 

Asal usul komodo 1

1 ) Habitat asli Indonesia

Pada dasarnya, Komodo adalah hewan asli yang dimiliki Indonesia. Tak hanya itu, Indonesia merupakan habitat asli Komodo sehingga hanya di tanah airlah Anda bisa mengetahui asal usul komodo dan melihatnya secara langsung. Komodo dikenal juga sebagai Biawak Komodo. Reptil paling besar di dunia ini hanya ada di pulau Komodo, Flores, Rinca, Gili Dasami dan Gili Motang di Nusa Tenggara, Indonesia. Melihat hal tersebut, tak heran jika banyak wisatawan lokal bahkan luar negeri yang penasaran ingin melihat reptil besar ini secara langsung.

2 ) Pertama kali ditemukan

Banyak orang yang penasaran kapan sebenarnya komodo pertama kali ditemukan. Sekedar informasi, pertama kali Komodo ditemukan pada tahun 1910 oleh peneliti barat yang sedang berada di Indonesia.

3 ) Banyak nama

Hampir kebanyakan orang baik masyarakat tanah air maupun luar negeri mengenal reptil raksasa ini dengan nama Komodo. Padahal, satwa nasional ini disebut dengan masyarakat setempat NTT dengan nama Ora. Selain itu, beberapa nama lain dari Komodo yang terkenal adalah Komodo Dragon, Biawak Komodo, Komodo Monitor dan Komodo Island Monitor.

4 ) Memukau dunia

Mengingat bahwa Komodo adalah satu-satunya dinosaurus yang masih hidup, tak heran jika Komodo sangat memukau dunia termasuk para peneliti yang memang sering membuat studi tentang hewan langka. Tak hanya diapresiasi sebagai hewan satwa nasional oleh Indonesia, taman nasional Komodo yang menjadi habitat asli Komodo juga mendapat penghargaan dari dunia internasional sebagai salah satu finalis New 7 Wonders of Nature. Sangat menakjubkan bukan? Hal inilah yang membuat Asal usul komodo, morfologi, dan habitatnya begitu menarik banyak orang.

5 ) Reptil terbesar yang ganas

Seperti yang sempat disinggung, Komodo adalah reptil terbesar di dunia karena memiliki panjang rata-rata mencapai 3 meter dengan bobot hingga 70 kg. Bahkan, tahukah Anda bahwa pernah ditemukan Komodo dengan spesimen liar terbesar dengan panjang 3.13 meter an bobot hingga 166 kilogram. Komodo juga memiliki 60 buah gigi dengan gerigi tajam sepanjang 2,5 sm yang digunakan untuk mencabik makanan. Komodo tidak bisa mendengar walaupun memiliki lubang telinga, tapi bisa melihat sampai dengan kejauhan 300 m. Hewan reptil ini memanfaatkan lidahnya untuk mencium stimuli dan mendeteksi rasa.

Ulasan terkait asal usul dari komodo dan fakta-fakta di atas sangat menarik bukan? Demikianlah ulasan mengenai Asal usul komodo, kali ini. Semoga menambah wawasan Anda.

Leave a Comment