cctv

Sejarah cctv dan perkembangan pemakaiannya di dunia

In Sejarah by Jimmy Chandra1 Comment

CCTV atau closed circuit television adalah sebuah alat keamanan berfungsi untuk mengawasi area sekitar dari kejauhan, sekarang CCTV sudah sangat tidak asing lagi terdengar dan sudah menjadi barang yang wajib ada di setiap kantor,rumah ,toko atau gudang. Dengan CCTV mereka akan mengetahui bila terjadi sesuatu dari kejauhan. Tapi tidak pas rasanya bila kita hanya mengetahui perkembangan saat ini tanpa mengetahui sejarah CCTV dan perkembangannya.

Sejarah CCTV

Pada awalnya CCTV dipakai untuk memantau peluncuran roket V 2 milik jerman di tahun 1942, pada saat itu tidak hanya para pejabat dan petinggi Negara yang berantusias untuk melihat peluncuran roket tersebut, nama warga jerman juga sangat berantusias untuk melihatnya.

Antusias warga jerman ditanggapi dengan positif dengan SIEMEN AG, selaku penyelanggara peluncuran roket V 2. Seorang insinyur asal jerman bernama Walter Bruch di tunjuk sebagai pimpinan proyek ini, Walter dan SIEMEN AG selaku penyelenggara event tersebut harus menemukan jalan keluar, dan berfikir bagaimana warga bisa tetap menonton peluncuran roket V 2 tanpa harus datang ke lokasi dengan alasan keamanan mereka.

Dengan kreatifitas yang tinggi insinyur asal jerman tersebut yaitu walter bruch melakukan sebuah inovasi dari perangkat kamera dan televisi, dimana alat kamera di taruh di area peluncuran roket lalu warga bisa melihatnya lewat televise ,yang di beri nama CCTV hingga saat ini.

Perkembangan CCTV di dunia

Di  Amerika Serikat Perangkat CCTV telah dijual bebas semenjak tahun 1949,  masa itu CCTV di kenal dengan nama Vericon. Sayangnya tidak ada informasi yang jelas tentang vericon ini, vericon di jual bebas tanpa memerlukan ijin dari pemerintah Amerika serikat.

Newyork, Amerika Serikat tahun 1973, Pihak kepolisian New York yaitu NYPD untuk pertama melakukan pemasangan CCTV untuk mencegah kejahatan di daerah sekitar.

Pada tahun 1970 negara inggris menjadi Negara yang paling banyak memasang CCTV di berbagai tempat ,demi alasan keamanan di sekitar tempat rawan tindak kejahatan

Pada tahun 1985 di daerah Bournemouth di lakukan uji coba pemasangan CCTV di luar ruangan seperti di perkebunan, jalan utama, stasiun serta tempat parkir dan di anggap berhasil menurunkan angka pelanggaran dan kejahatan.

Comments

Leave a Comment