Satelit-LAPAN a2 buatan indonesia

Satelit Lapan-A2 di harapkan bisa bertahan sampai 6 tahun

In Berita, Teknologi by Jimmy ChandraLeave a Comment

Untuk pertama kalinya, indonesia meluncurkan satelit buatan anak bangsa ,Yaitu Lapan-A2/Orari peluncuran dilakukan dengan menumpang roket india, PSLV 30, dengan muatanya satelit Astrosat dan 6 satelit kecil lainnya dimana salah satunya adalah Lapan-A2/Orari

Dikutip dari Detik.com 28/09/2015 selain satelit Astroat ada juga satelit lain yang di luncurkan oleh yaitu satelit milk kanada dan Amerika, semuanya akan di luncurkan secara bersamaan dalam roket milik india tadi bernama PSLV 30 dengan lokasi peluncurannya di india.

Satelit Lapan-A2/Orari telah menempati orbitnya yang berjarak sekitar 650 km dari permukaan bumi dengan inklinasi 6 derajat, satelit yang memilki berat 78 kg tersebut di buat untuk rentang usia 2 sampai 3 tahun. Namun diharapkan kedepannya kemampuan satelit berdimensi 500x470x380 Milimeter ini dapat diperpanjang masa Operasinya.

“Satelit Lapan-A2 mengorbit selama 60 tahun. Kalau usianya 2-3 tahun, tapi diharapkan mampu beroperasi hingga 6 tahun, seperti satelit pendahulunya, Lapan-A1,” ujar Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin, di kantor Lapan, Jl Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (28/9/2015).

Pada tahun 2007 Lapan-A1 diluncurkan dengan prediksi usia 2 sampai 3tahun juga, Menurut thomas, berhubung peluncuran A1 kondisi matahari tidak terlalu menyengat ,daya kekuatan Lapan-A1 menjadi lebih panjang masa operasinya.

Setelah dioperasikan selama 6 tahun, fungsi satelit ini baru mulai menurun kualitasnya sehingga pemanfaatan dan pengoperasiannya dihentikan. Satelit tersebut masih beredar di angkasa namun tak dapat digunakan lagi.

Leave a Comment