ROBOT MANUSIA BUATAN JEPANG PERTAMA, YANG MENJADI AKTRIS.

In Berita, Teknologi by Jimmy ChandraLeave a Comment

Tentunya kita sudah sering menonton dan melihat film robot seperti transformer ataupun terminator. Namun berbeda dengan robot buatan jepang yang di rancang oleh Hiroshi ishiguro, lulusan desainer robot dari universitas Osaka jepang ini membuat robot perempuan pertama yang sangat mirip dengan manusia. Tetapi Robot yang diberi nama Geminoid F  tidak akan bermain film perang ataupun action, seperti film robot pada umumnya.

Robot Geminoid F gerak-geriknya dibuat menyerupai manusia ,dengan gerakan yang lebih gemulai seperti perempuan. Dengan menggunakan teknologi biometrik robot Geminodi mampu merekam gerakan manusia ,seperti gesture tubuhm ekspresi wajah dan lainnya. Aktris robot ini akan bermain film yang berjudul “sayonara”  dengan latar belakang cerita paska tragedy nuklir di jepang.

Geminoid f

Robot android alias Geminoid F

Dalam film sayonara geminodi akan memainkan peran sebagai Leona, sutradara foji ukada juga memberikan kredit pada aktris robot ini pada akhir film, dan hal ini akan menjadikan geminodi sebagai robot pemeran wanita pertama  dalam dunia seni akting/peran.

Sutradara film sayonara sendiri mengungkapkan bahwa mengatur aktris robot lebih mudah ketimbang manusia asli. Tidak ada kesulitan berarti dalam mengajaknya berperan, Namun Foji ukada sendiri mengaku bahwa robot cantik itu memang masih memilki beberapa kekurangan, Dia pun tidak terlalu banyak memberikan akting yang sulit layaknya manusia, dan kemunculan robot tersebut dalam filmnya tidak akan sebanyak pemeran manusia.

Geminoid F sendiri dibuat dengan biaya yang menelan 13,7 juta yen (Rp.1,56 milliar) dan akan dijual dengan seharga 144,7 yen (Rp. 16,8 milliar) dan ishuguro pun berharap bahwa nantinya robot akan mendekati teknologi dengan aliran mainstream.

Professor dari universitas Osaka itu sendiri, mengatakan cara kerja Geminodi F ini menggunakan motor penggerak bertenaga tekanan udara yang bisa dikendalikan melalui laptop. Geminoid bisa meniru kebiasaan manusia, tersenyum, bernyaynyi, meniru suara, berbicara, menggerakan mulut dan lainnya. Sebenarnya robot yang dibuat Hiroshi ini bukanlah robot manusia yang pertama yang pernah dibuatnya, dia pernah membuat dirinya sendiri dengan versi robot, Hiroshi juga mengungkapkan bahwa nanti kedepannya akan sulit membedakan mana manusia asli mana robot.

Robot android alias Geminoid F

Robot android alias Geminoid F

Film Sayonara akan ditayangknan perdana di Tokyo International Film Festival. Alur film ini menceritakan tentang sang robot yang tetap loyal kepada pemiliknya (diperankan oleh Bryerly Long) ketika pemerintah melakukan evakuasi besar-besaran pasca bencana nuklir.

Fukada mengungkapkan bekerja dengan robot lebih mudah dari pada mengarahkan manusia, namun sambil tertawa ia mengatakan harus berhati-hati untuk tidak merusak robot– karena biaya perbaikannya bisa mencapai 10 juta yen (Rp. 1,13 milyar).

Leave a Comment