drone terkecil di dunia 2

Robe-Bee, Drone Terkecil di Dunia Berwujud Lebah

In Berita, Teknologi by Jimmy ChandraLeave a Comment

Di jaman yang serba modern ini, drone adalah salah satu teknologi yang begitu populer. Bagi Anda yang belum tahu, drone adalah sebuah teknologi pesawat yang cara menjalankannya cukup menggunakan remote control. Ada berbagai jenis, model dan ukuran drone. Namun, yang sedang naik daun saat ini adalah drone terkecil di dunia. Dioperasikan tanpa awak, drone memang didesain bukan untuk menampung penumpang.

Sebab kebanyakan drone memang dihadirkan untuk berbagai tujuan. Umumnya drone diperuntukkan untuk mengambil gambar dari atas udara, yang mana hasil jepretan drone dikenal dengan sebutan foto udara. Foto udara banyak digunakan untuk berbagai keperluan mulai memantau lalu lintas, menyajikan informasi penggunaan lahan atau tutupan lahan, dan lain sebagainya. Selain ditujukan untuk mendapatkan foto udara, drone juga sering digunakan oleh perusahaan Google, DHL, Amazon dan lain sebagainya untuk mengantar barang. Umumnya, drone yang memiliki ukuran kecil digunakan untuk kegiatan militer. Lalu drone apa yang paling kecil di dunia? Dan bagaimana wujudnya?

Drone terkecil di Dunia Berkemampuan Seperti Serangga

Seperti yang sempat disinggung, saat ini memang sedang trend teknologi drone terkecil di dunia. Salah satu drone yang cukup menggemparkan dunia adalah Robe-Bee. Semakin berkembangnya popularitas drone di dunia membuat banyak negara-negara maju berlomba-lomba untuk membuat drone berteknologi canggih dengan tubuh super mungil.

drone terkecil di dunia

Sebagai drone terkecil di dunia, Robe-Bee diketahui memiliki kemampuan yang unik karena dapat hinggap menyerupai lebah sesungguhnya. Drone ini dikatakan sebagai pesawat tanpa awak terkecil karena memang memiliki ukuran yang hanya sebesar uang koin. Berbeda dengan drone pada umumnya yang diperuntukkan untuk mengangkut barang atau kegiatan lainnya, drone canggih ini diketahui memang sengaja dibuat untuk melakukan operasi penyelamatan atau pencarian. Hal ini tentu saja terlihat dari tubuhnya yang super mini serta kemampuannya yang hampir menyerupai serangga.

Apalagi, Robe-Bee juga dibekali dengan kemampuan Adhesi Elektrostatik. Dimana kemampuan ini membuat drone dapat menempel pada dinding. Dr Mirko Kovac selaku Direktur Aerial Robotics Laboratory, dari Imperial College di London mengatakan bahwa drone terkecil di dunia tersebut sedang menjalani berbagai macam uji coba untuk melihat kemampuannya dalam melakukan pemantauan lingkungan guna meminimalisir korban bencana alam. Seperti yang diketahui, dunia memang membutuhkan sebuah drone yang dapat melihat kondisi lingkungan dengan baik terutama saat terjadi bencana alam yang tentunya akan memakan banyak korban jiwa.

drone terkecil di dunia 3

Banyak orang yang bertanya-tanya terkait dengan kemampuan dari Drone Robe-Bee mengingat ukurannya yang sangat kecil tersebut. Pasalnya ukuran serta kemampuan terbangnya yang kecil tentu membuat drone tidak mempunyai persediaan listrik cukup banyak. Hal ini tentu saja membuat drone tidak dapat melaju dengan jangka waktu yang panjang. Tak hanya itu, bebannya yang terlalu ringan juga membuat orang agak khawatir jika drone ini akan sangat mudah terbawa angin sehingga akan mengganggu proses pengambilan data atau navigasi.

Disamping pertanyaan-pertanyaan tersebut, ide membuat drone berukuran mungil yang memiliki kemampuan dan tubuh menyerupai serangga tentu adalah hal baru di dunia teknologi. Ide drone yang dapat hinggap di dinding juga merupakan upaya terbaik yang bisa dilakukan untuk menghemat energi. Masih dalam masa uji coba, banyak perusahaan besar yang mulai tertarik dengan produksi masal drone canggih yang satu ini. Demikian ulasan mengenai Robe-Bee sebagai drone terkecil di dunia, semoga menambah wawasan Anda.

Leave a Comment