Racikan Spesifikasi Komputer PC untuk Editing Video

In Teknologi, Tips dan Trik by Jimmy ChandraLeave a Comment

Saat ini, semakin banyak pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi seperti laptop, smartphone, dan perangkat gadget lainnya.  Salah satu pekerjaan yang banyak dipilih di bidang teknologi informasi adalah editor video untuk acara-acara penting seperti pesta pernikahan, acara ulang tahun, reunian dan sebagainya. Memang, untuk melakukan kegiatan editing video dengan komputer standar saja sudah bisa tetapi jika untuk profesi utama, tentu diperlukan spesifikasi komputer PC untuk editing video tersendiri agar hasilnya jauh lebih maksimal. Jika menggunakan spesifikasi PC seadanya, tentu proses editing akan memakan waktu yang sangat lama. Berikut spesifikasi komputer PC yang dibutuhkan untuk proses editing lebih cepat.

Spesifikasi Komputer PC untuk Editing Video Secara Cepat dan Anti Lag

PROCESSOR

spesifikasi komputer PC untuk editing video 1

Spesifikasi komputer PC untuk editing video yang pertama dan paling penting adalah processor. Processor merupakan inti komputer sehingga fungsinya sangat besar dalam kinerja sistem komputer. Begitu juga perannya dalam video editing. Semakin canggih processor yang digunakan, maka semakin cepat pula proses editing videonya. Dalam editing video, waktu yang paling lama adalah pada saat rendering atau proses akhir suatu video. Jika processor yang digunakan masih standar, maka proses rendering juga akan memakan waktu yang sangat lama hingga mencapai 24 jam. Untuk budget minim, Anda bisa menggunakan processor 2-3 inti (cores) berkecepatan 2.6 GHz. Sedangkan untuk yang memiliki budget lebih ataupun profesional editor video, sangat direkomendasikan untuk menggunakan processor 8 inti (cores).

HARDISK

spesifikasi komputer PC untuk editing video 2

Spesifikasi komputer PC untuk editing video yang sangat diperlukan lainnya adalah Hardisk. Video memiliki ukuran yang sangat besar sehingga Hardisk PC yang digunakan juga harus berkapasitas lebih besar untuk seorang video editor. Tersedia berbagai kapasitas Hardisk seperti 80 GB, 500 GB, 250 GB dan banyak lainnya. Umumnya, untuk video berdurasi 1 jam lamanya, dibutuhkan kapasitas Hardisk mencapai 12 GB. Ukuran tersebut sudah tergolong besar dan itu belum termasuk proses akhir yang bisa bertambah menjadi 18 GB. Bayangkan jika video tersebut adalah video pernikahan yang tentu durasinya bisa lebih dari 1 jam lamanya. Belum lagi, jika harus mengerjakan editing video lebih dari 1 project. Untuk editor video profesional, umumnya membutuhkan Hardisk berkapasitas 500 GB.

RAM

spesifikasi komputer PC untuk editing video 3

Setelah Hardisk, kapasitas RAM yang digunakan juga harus diperhatikan sebagai salah satu spesifikasi komputer PC untuk editing video. RAM berperan penting sebagai penampungan data dari kegiatan editing seperti proses layering dan filtering. Kedua hal ini tentu menghabiskan memori yang tidak sedikit. Untuk aktivitas editing video, minimal menggunakan RAM 1 GB. Tetapi untuk video editor profesional, lebih baik menggunakan RAM 2 GB agar tidak kehabisan memori dan lag.

MONITOR

spesifikasi komputer PC untuk editing video 4

Monitor juga mempengaruhi proses editing video. Untuk membuat aktivitas editing lebih nyaman tentu diperlukan monitor yang mampu menampilkan video dengan sangat jelas dan bagus. Oleh karena itu, pemilihan monitor LCD yang memiliki kontras rasio tinggi adalah sebuah keharusan. Selain itu, layar monitor yang berukuran lebih besar juga direkomendasikan. Untuk editor profesional. Pilihan yang tepat adalah monitor LCD berteknologi LED dengan ukuran layar 19-24 inchi.

Demikianlah ulasan mengenai spesifikasi komputer PC yang ideal untuk pekerjaan editing video baik untuk yang baru memulai pekerjaan tersebut maupun editor profesional. Semoga artikel mengenai spesifikasi komputer PC untuk editing video bisa bermanfaat bagi penyuka dunia editing video dan menjadi solusi bagi pemula yang berencana memulai bisnis tersebut.

Leave a Comment