cara klaim asuransi mobil lecet

Prosedur dan Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet

In Tips dan Trik by Jimmy ChandraLeave a Comment

Asuransi mobil sebaiknya dimiliki setiap orang yang memiliki kendaraan roda empat tersebut. Keberadaan asuransi sangat membantu saat hal yang tidak diinginkan terjadi misalnya saat terjadi kecelakaan. Mobil lecet menjadi kasus yang sangat sering terjadi. Cara klaim asuransi mobil lecet bisa dilakukan untuk mengganti kerugian karena terjadinya kerusakan. Jalan raya memang menjadi medan yang sulit diprediksi, sering kali hal-hal tidak terduga bisa terjadi kapan saja. Oleh karena itu, asuransi menjadi hal penting yang sebaiknya tidak Anda remehkan.

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet Mudah dan Cepat

cara klaim asuransi mobil lecet 2

Prosedur dan cara klaim asuransi mobil lecet bisa dibilang tidak terlalu sulit. Hal tersebut tergantung juga dari perusahaan jasa penyedia asuransi, sebaiknya sebelum Anda memutuskan untuk memilih  perusahaan asuransi sangat disarankan mempelajari semua layanan yang ditawarkan termasuk tentang proses klaim. Jangan sampai nantinya Anda malah merasa kesulitan untuk bisa mengambil hak Anda karena prosedur yang begitu berbelit-belit. Namun, secara umum berikut ini langkah-langkah yang harus Anda tempuh.

1 ) Menghubungi Pihak Asuransi

Sesaat setelah terjadi kecelakaan dan ditemukannya kerusakan pada kendaraan, segera kontak pihak perusahaan asuransi dan laporkan kejadian tersebut. Cara klaim asuransi mobil lecet ini memang yang harus pertama kali Anda lakukan. Pihak asuransi harus mengetahuinya dan menindaklanjuti laporan tersebut. Namun, jika Anda tidak bisa langsung melaporkan setidaknya Anda masih punya waktu selama kurang lebih 5 hari setelah terjadinya peristiwa yang membuat mobil lecet. Jangan sampai Anda tidak mengetahui tentang ketentuan tenggat waktu ini.

2 ) Survey Kondisi Kendaraan

Langkah ini sebenarnya dilakukan oleh pihak asuransi, namun Anda harus tetap memahaminya. Biasanya akan ada proses peninjauan yang dilakukan untuk melihat seberapa parah kondisi yang terjadi pada mobil. Hal ini nantinya menjadi pertimbangan untuk menentukan diterima atau tidaknya klaim. Anda hanya perlu menjawab semua pertanyaan yang diajukan dan menceritakan kronologis yang terjadi.

3 ) Mengisi Formulir Data atau Informasi Diri

Melakukan pengisian formulir tentang data diri Anda menjadi cara klaim asuransi mobil lecet yang selanjutnya. Anda hanya perlu mengisi dengan lengkap informasi yang dibutuhkan. Data ini untuk digunakan sebagai proses klaim. Biasanya Anda juga diminta untuk melengkapinya dengan beberapa foto copy dokumen penunjang seperti KTP, SIM, STNK, polis asuransi dan surat keterangan kerusakan.

4 ) Menunggu Keluarnya Surat Perintah Kerja

Setelah semua prosedur yang diperlukan sudah dilakukan dan klaim sudah disetujui, cara klaim asuransi mobil lecet selanjutnya yaitu menunggu keluarnya surat perintah kerja. SPK ini yang berfungsi untuk diberikan kepada pihak bengkel yang ditunjuk untuk melakukan perbaikan pada mobil Anda. Jika telah dikeluarkan maka silahkan langsung saja taruh mobil di bengkel untuk segera ditindak lanjuti.

Sisanya Anda hanya perlu menunggu sampai mobil selesai diperbaiki dan dapat digunakan kembali. Mengurus klaim memang jangan ditunda-tunda, usahakan tidak lebih dari satu tahun karena biasanya klaim akan hangus atau tidak bisa dilakukan lagi. Mengikuti setiap ketentuan dari prosedur yang diwajibkan pihak asuransi akan memudahkan Anda. Bila syarat yang diminta tidak bisa dipenuhi bisa jadi Anda tidak akan dilayani, itu sebabnya Anda harus mengetahui persis apa yang disyaratkan. Lebih penting dari pada itu, Anda harus lebih berhati-hati dan menjaga keselamatan. Hindari cara berkendara secara ugal-ugalan yang dapat mengancam jiwa Anda. Semoga hadirnya artikel cara klaim asuransi mobil lecet ini bisa bermanfaat dan Anda selalu terhindar dari bahaya.

Leave a Comment