Pesawat karya anak bangsa

Pesawat Karya Anak Bangsa Yang Sering Dipesan Oleh Negara Lain

In Teknologi by Jimmy ChandraLeave a Comment

Masalah teknologi, kita semua sepakat bahwa kaum eropa dan amerika memang biangnya. Mereka seperti orang yang haus akan teknologi dan menjamah semua lini. Hampir semua menggunakan mesin dan yang paling diunggulkan dari semua itu adalah pesawat terbang. Namun, mereka sedikit gelisah karena orang-orang Asia juga mulai menyusul mereka. Salah satunya, Indonesia dan ini adalah beberapa pesawat karya anak bangsa.

Nyonya Tua: N-250

Pesawat karya anak bangsa 1

Tentunya, kita mengenal sosok B.J Habibie. Beliau dikenal dengan nama Mr Crack, bahkan dia tercatat sebagai orang yang mempunyai hak paten terbanyak dibidang ini. Salah satu pesawat karya anak bangsa yang tidak bisa lepas dari sosok B.J Habibie pasca pembuatan pesawat pertamanya di PT Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) atau PT.

DI sekarang. Pertama, bertipe N-2130 yang dikembangkan pada tahun 1990-an. Pesawat ini tipe jet dan mampu mengangkut penumpang berjumlah 80 hingga 130. Pesawat ini terinspirasi dari pesawat ala Brasil, Embraer. Namun sayang, pesawat N-2130 saat itu arus terkubur kembali karena alasan ekonomi Indonesia yang carut marut karena krisis moneter.

Kedua, kapal terbang rancangan anak bangsa N250 pernah jaya dimasa 1990-an. Pesawat ini pernah melakukan uji coba penerbangan menuju Paris, Le Bourget, secara mandiri untuk mengikuti ajang Air Show.

Kedatangannya pun disambut meriah dan mengundang decak kagum. Dikelasnya, pesawat ini menjadi pesawat pertama yang memanfaatkan teknologi fly by wire. Rancangan pesawat buah tangan anak bangsa ini diberi nama gatot Kaca dan seri N250 juga mempunyai makna. N merupakan singkatan dari Nusantara, anka 2 adalah baling-baling yang dikenal dengan regional komuter turbotrop, sedangkan 50 adalah kapasitas pesawat ini.

Pada masa itu, rancangan ini akan merajai dan akan diproduksi untuk memenuhi setengah dari kebutuhan pasar Indonesia hingga tahun 2020.

Keperluan angkutan dan militer

Pesawat karya anak bangsa 2

Ketiga adalah pesawat CN-235. Pesawat karya anak bangsa ini lebih banyak berfungsi sebagai pesawat pengangkut dan digunakan untuk keperluan militer. Tidak sedikit juga negara yang melirik pesawat ini. Tercatat, terdapat 22 negara yang mengimpor pesawat ini. Berbeda dengan N-250, pesawat ini merupakan bentuk kerjasama antara Spanyol atau CASA dan PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

Pesawat buatan anak bangsa ini pun didampik sebagai pesawat tersukses dikelasnya karena mempunyai komuter turbotrop yang meminimalisir penggunaan bahan bakar dan mampu terbang dari lintasan pendek.

Pesawat tempur

Pesawat karya anak bangsa 3

Pesawat karya anak bangsa yang mendunia lainnya adalah N-219. Pesawat ini dianggap sebagai generasi baru yang dirancang pula oleh PT DI untuk berbagai keperluan, terutama mencapai daerah terpencil. Teknologi pesawat ini merupakan peleburan dari sistem pesawat modern dengan logam konstruksi untuk pesawat kargo.

Kelima, pesawat NC-212 Aviocar yang dirancang di Spanyol. Pesawat ciptaan anak negeri ini masih mempertahankan teknologi turbotrop ala N-250. Fakta lain, pesawat ini memang didisain untuk misi penyelamatan dan misi penanggulangan kebakaran hutan, dan pembuat hujan buatan. Pasalnya, pesawat ini dilengkapi dengan Weather Radar (Radar Cuaca) dan Global Positioning System (GPS).

Pesawat karya anak bangsa yang lain adalah jet tempur. Pesawat ini diproduksi oleh Indonesia setelah bekerja sama dengan Korea Selatan. Untuk membuat pesawat ini, Indonesia menggelontorkan dana $8 miliar beserta pengembangannya. Masih mengekor pada Korea Selatan, Indonesia juga sempat membuat pesawat tempur canggih diatas F-16, yakni Jet KFX. Sebagai pesawat tempur, pesawat ini mampu bermanuver dengan gesit, dan dilengkapi dengan sistem anti radar.

Deskripsi: pesawat karya anak bangsa bangun kembali dengan mengembangkan pesawat besutan Pak habibie seperti N-250 yang dimodifikasi kecanggihannya.

Leave a Comment