Modern business concept

Persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis online

In Bisnis, Tips dan Trik by Jimmy ChandraLeave a Comment

dari tahun ke tahun bisnis online menjadi sangat menjamur hampir di semua kalangan mulai dari mahasiswa sampai ibu rumah tangga. Karena semakin mudahnya akses internet yang bisa di dapat. Selain mudah bisnis online juga mendatangkan keuntungan yang besar dengan modal yang kecil, nah  pada artikel kali ini kita akan membahas untuk persiapan bisnis online , persiapan yang akan mengantarkan bisnis online kamu menjadi sukses.

bisnis online

PERSIAPAN BISNIS ONLINE

  1. Ide bisnis

Tak ada sesuatu yang dimulai tanpa ide ,ide sangat penting . carilah sesuatu yang unik namun sangat di butuhkan dan di cari oleh banyak orang, dan kalo bisa anda menjual produk yang telah anda kuasai. Seperti : bila anda ahli dalam SEO kenapa tidak membuka jasa SEO di internet,dan bila anda banyak channel sepatu ORI yang harganya sedikit miring, anda bisa menjualnya di sosmed atau di toko online seperti Tokopedia dan BukaLapak

  1. Siapkan bajet dengan terperinci

Bajet atau modal sangat penting dalam setiap bisinis yang ada, setelah menumakan ide bisnis perhitungkan biaya bajet beli bahan, produksi barang, dan lain-lain. Lalu perhitungkan juga bagi hasil yang jelas bila anda mendapatkan modal dari investor, bila anda bingung dalam hal modal bisa anda dapatkan disini untuk keterangan lebih terperincinya Tips memulai bisnis dengan bajet yang minim

  1. Menganalisa kompetitor

Untuk mendapatkan peluang yang lebih besar kita harus bisa membaca kekuatan lawan ada kompetitor kita, prinsipnya semakin berat saingan semakin banyak tenaga dan modal yang dikeluarkan. Untuk bisnis online anda bisa mnegeceknya di Google AdWords Keyword planner, caranya muda anda hanya perlu memasukan kata kunci di kolom lalu akan muncul data Kompetitor anda dengan kata kunci yang sama.

  1. Visi dan Misi

Dengan merancang visidan misi anda akan memilki suatu tujuan, dan tujuan itulah yang anda jadikan komitmen selama bisnis, fokus pada tujuan yang telah di buat. Kebanyakan orang berbisnis mengalami kegagalan karena tidak bisa komit pada visi dan misi mereka sendiri, akhirnya mereka membuat tujuan lain yang pada akhirnya tidak bisa mereka tepati juga.

  1. Segmentasi

Anda harus mengetahui siapa target pasar kalian apakah laki/perempuan, tua/muda, Kaya/sederhana. Mulailah membuat segmentasi dengan format seperti ini :

Jenis Kelamin           :

Umur                          :

Kelas ekonomi                       : A/B/C/D  (D paling rendah, A paling atas)

Pendidikan                 :

Lokasi                         :

Ini adalah format paling sederhana dari target pasar, bisa ditambahkan secara lebih detail,setelah anda membuat seperti ini maka anda akan tahu siapa konsumen-konsumen anda, dan baru bisa melakukan tips yag di bawah.

  1. Membuat perencanaan pemasaran

Pemsaran untuk bisnis online pada dasarnya sangat mudah, namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara anda mengemas produk anda, dengan se menarik dan seunik mungkin.

Pemasaran bisa dilakukan dibanyak tempat, seperti : media sosial, website, atau blog. Bila anda menggunaka website khusus bisnis itu akan mempermudah anda untuk lebih dekat denga para konsumen

  1. Pasca pembelian

Persiapan bisnis online yang terakhir adalah ,bagaimana anda melakukan pengiriman yang telah di pesan bisa sampai ke tujuan dengan kondisi yang baik tanpa cacat. Anda perlu memperhitungkan itu juag , dengan memilih jasa pengiriman yang terpercaya.

Demikian adalah tips persiapan bisnis online yang bisa anda implementasikan pada bisnis online yang akan anda jalani, selamat mencobadan sukses selalu.

Baca juga bisnis sampingan untuk mahasiswa dengan pendapatan yang besar

 

 

Leave a Comment