Oli palsu semakin menjamur, begini cara mendeteksinya!

In Tips dan Trik by Jimmy ChandraLeave a Comment

Cara mendeteksi oli palsu – Menjamurnya jenis oli palsu di kalangan pengguna kendaraan bermotor akan membuat rugi pengguna tersebut dan juga pabrik oli resmi. harga oli palsu yang dijual tidaklah berbeda jauh dengan oli asli dari pabrik atau distributor resmi, hanya berbeda sedikit. Namun sayangnya hanya karena harga yang lebih murah konsumen menjadi lalai memeriksa keaslian oli tersebut.

Oli palsu yang dimasukan ke dalam mesin akan menimbulkan bahaya untuk mesin itu sendiri. Oli palsu akan merusak mesin yang membuatnya tidak dapat bekerja dengan optimal, oli palsu juga akan cepat mengering dan parahnya jika mesin sering mengkonsumsi oli jenis ini akan menyebabkan turun mesin.

Sebagai konsumen sebaiknya kita harus tetap waspada dan teliti dalam melihat barang yang kita beli, tidak terkecuali oli. Menurut survey hanya sedikit sekali konsumen di indonesia yang pegang botol kemasan (memeriksanya) sebelum pada akhirnya diisi ke mesin. Mulai saat ini kita tidak boleh hanya datang ke bengkel dan mengatakan ganti oli kemudian duduk menunggu sampai selesai.

Berikut ini adalah cara mendeteksi oli palsu federal yang di paparkan sendiri oleh Vice President Director MPM Lubricants Adrian Baskoro, yang di kutip dari oto.detik.com edisi 18 april 2018.

Cara mendeteksi oli palsu dari Adrian baskoro

Vice President Director MPM Lubricants Adrian Baskoro memaparkan cara memeriksa Federal Oil yang dibeli apakah asli atau tidak. “Kalau dari ciri-ciri oli Federal palsu itu dari bentuk botolnya kelihatan warna dan teksturnya kasar. Tutup botol juga warnanya lain tidak sesuai. Nah ini nih yang banyak terjadi di daerah pinggiran,” ungkapnya.

“Tapi kalau untuk kota-kota besar, tidak akan bisa dilihat dari fisik saja. Makanya konsumen harus memastikan kemasannya, dan iseng-iseng Anda bisa scan barcode di kemasan oli, (setelah scan lewat smartphone akan langsung ngelink ke web Federal),” Adrian melanjutkan.

Dari segi harga, perbedaan oli palsu dan asli pun berbeda jauh. Jadi paling mudah dilihat dari faktor ini. “Dari harga, kalau yang bukan original harga bisa jauh lebih murah atau dia lebih mahal. Tapi ya itu tidak bisa jadi patokannya sih. Paling aman transaksinya itu ke bengkel terpercaya atau yang ada tulisan FOC (FEDERAL OIL CENTER),” tutup Adrian.

Demikian adalah cara mendeteksi oli palsu yang bisa anda terapkan sebelum membeli oli dibengkel.

Leave a Comment