Gambar Nilai Tukar Rupiah

Nilai Tukar RupiahTerendah Dalam 17 Tahun, Apa Dampaknya Bagi Pengusaha?

In Bisnis, Sosial by Jimmy ChandraLeave a Comment

Jika Anda bertanya-tanya mengapa harga barang elektronik dan harga gadget mengalami kenaikan padahal perekonomian Indonesia sedang stabil saat ini, menurunnya nilai tukar rupiah terhadap dollarlah penyebabnya. Barang-barang elektronik dan gadget seperti laptop dan smartphone masih diimpor dari luar negeri dan dijual dalam harga dollar, tentu saja hal ini akan membuat harga barang ketika masuk ke Indonesia jadi semakin mahal karena saat ini 1 dollar dihargai sekitar 13 ribuan rupiah.

Melemahnya rupiah terhadap dollar yang sedang berada dalam titik terendah selama 17 tahun ini berdampak pada sektor perdagangan dan pengadaan barang karena produksi Indonesia masih banyak tergantung dengan produk impor. Hal ini tentu sedikit banyak akan mempengaruhi bisnis di Indonesia terutama bagi produsen yang masih mengimpor bahan baku dari luar negeri. Pengamat ekonomi, Enny Sri Hartati mengatakan bahwa permintaan masyarakat akan barang semakin meningkat sementara produksi dalam negeri belum bisa memenuhi itu sehingga nilai impor masih akan besar.

Selain bisa menurunkan daya beli masyarakat karena harga-harga yang semakin naik, belum lagi kenaikan harga akibat harga BBM juga dinaikkan, Nilai Tukar RupiahTerendah Dalam 17 Tahun, Apa Dampaknya Bagi Pengusaha? berikut adalah beberapa dampak melemahnya nilai rupiah bagi para pebisnis:

  1. Inflasi semakin tidak terkendali

Inflasi yang semakin besar akan berpengaruh juga terhadap nilai dollar yang semakin perkasa. Hal ini akan membuat para pebisnis semakin mengeluarkan dana yang banyak untuk membeli bahan baku impor. Sementara itu untuk membebankan biaya produksi ke harga jual akan sulit karena masyarakat sudah dibebankan dengan harga BBM yang tinggi.

  1. Peningkatan beban utang pemerintah dan korporasi

Setiap melemahnya 100 Rupiah per dollar AS, maka bunga dari utang negara akan mengalami penaikan sekitar 200 miliar Rupiah, bayangkan jika depresi sebesar Rp. 1000 saja. Sedangkan untuk utang korporasi, sekitar 80% pengutang tidak menggunakan hedging maka ada resiko besar di mana akan banyak pengusaha yang gulung tikar.

  1. Kehilangan investor

Investor asing akan dengan senang hati berinvestasi dalam sebuah bisnis apabila negara tersebut memiliki kondisi ekonomi yang stabil dan kuat. Jika nilai tukar rupiah terus turun, bukan tidak  mungkin Indonesia akan ditinggalkan oleh investor asing dan para pebisnis tidak bisa melakukan ekspansi karena tidak ada dana.

Gambar ilustrasi nilai tukar rupiah

Gambar ilustrasi nilai tukar rupiah

Meski dinilai merugikan baik untuk perekonomian makro dan mikro, menurunnya nilai tukar rupiah terhadap dollar juga ternyata ada sisi positifnya. Dikatakan oleh Menteri Kabinet Kerja, Susi Pudjiastuti momen turunnya nilai rupiah ini harus bisa dijadikan momen yang menguntungkan bagi para pengusaha Indonesia. Pengusaha Indonesia bisa mengekspor produknya ke luar negeri dan bersaing dengan produk lain. Produk Indonesia punya nilai lebih selain dari segi kualitas juga harga yang lebih murah ketika dikonversikan ke mata uang dollar.

Bagaimanapun juga, nilai rupiah yang menurun terhadap dollar dirasa lebih banyak membebani para pengusaha dan pebisnis terutama dalam hal mencari investasi. Untuk mengurangi tingkat inflasi, Bank Indonesia menurunkan suku bunganya, dengan demikian para investor kurang tertarik menanamkan modal di Indonesia karena dirasa kurang menguntungkan.

Nilai tukar suatu mata uang adalah hal yang sangat fluktuatif dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Agar tidak terlalu bergantung dengan fluktuasi nilai mata uang, ada baiknya para pebisnis baik kecil maupun yang sudah besar mengurangi ketergantungan impor bahan baku.  Para pemain saham dan valas juga dihimbau tidak terburu-buru menjual karena hal ini bisa mengakibatkan nilai rupiah semakin turun. Salah satu cara pemerintah untuk mengatasi hal ini adalah dengan Bank Indonesia yang mengambil alih penyediaan sebagian besar kebutuhan valas untuk digunakan membayaran impor minyak dari perbankan dalam negeri.

Leave a Comment