pramuka

Menolak Lupa ( Sejarah Pramuka Indonesia )

In Sejarah by Jimmy ChandraLeave a Comment

Praja Muda Karana atau yang disingkat Pramuka adalah sebuah gerakan organisasi dalam membantu perjuangan untuk kemerdekaan indonesia, Sejarah pramuka indonesia berawal dari didirikanya Nationale Organisatie (NPO) pada tahun 1923 di bandung. Dan di tahu 1923 juga di bentuk Jong Indonesische Padvinder di Jakarta, dan dua organisasi ini adalah cikal bakal dari organisasi gerakan Pramuka, akhirnya dua organisasi ini bergabung pada 1926 di bandung yang di beri nama Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie. Yang pada akhirnya mengacu pada berdirinya Pramuka pada 14 agsutus 1961.

Pramuka2

Sejarah pramuka Indonesia memang tidak lepas dari perjuangan kemerdekaan, namun dari sejarah singkat tentang gerakan pramuka Indonesia juga tidak bisa di lepaskan dari bapak pramuka se dunia yaitu, baden powell. Baden powell buat gerakan kepramukaan yang akhirnya menyebar ke seluruh  dunia dengan cepat, belanda yang saat itu sedang menjajah Indonesia telah membentuk organisasi pramuka mereka sendiri ,yang di sebut padvinder.

Organisasi pramuka (padvinder) buatan belanda ternyata menarik minat pemuda Indonesia, hal ini membuat belanda menjadi ketar ketir, mereka pun membatasi dan melarang perkembangan pramuka di Indonesia, akhirnya secara diam-diam KH. Agus salim yang kita kenal sebagai bapak pramuka Indonesia, menggunakan istilah ‘kepanduan’ agar belanda tidak curiga saat itu.

Seiring berjalannya waktu organisasi ini semakin berkembang, dan ada ide untuk mempersatukan seluruh gerakan pramuka milik belanda yang kebanyakan adalah orang pribumi, untuk membuat pramuka produk Indonesia. Sejarah pramuka Indonesia terus berlanjut dengan di bentuknya KBI (Kepanduan Republik Indonesia), organisasi ini adalah gabungan dari pandu-pandu lain pada tahun 1931. Dan pada tahun 1938 di bentuk yang namanya PAPI (Persatuan Antar Pandu Indonesia).  Saat belanda berhasil di usir paksa dari Indonesia oleh jepang, jepang melarang keras berdirinya kepanduan Indonesia, dan akhirnya anggota kepanduan terpecah ,kebanyakan dari mereka masuk PETA dan Keibondan.

Dan akhirnya pada 14 agustus tahun 1961, dilakukan pelantikan Mapinas (Majlis Pimpinan Nasional) di istana Negara oleh presiden Ir. Soekarno, dan berlanjut pada pendirian gerakan Pramuka Indonesia pada saat itu, yang di ikuti oleh anggota pramuka sebanyak sepuluh ribu lebih.

pramuka.3

Demikianlah sejarah pramuka Indonesia, dengan perjuangan akhirnya Gerakan ini terbentuk untuk menjadi wadah bagi pemuda yang ingin membela dan mencintai negerinya, Pramuka juga membentuk karakter jiwa tangguh, gotong royong, dan nasionalisme.

Leave a Comment