Gambar Batuk Akik

Mau Beli Batu Akik Asli dan Bagus? Ayo Simak 8 Tips Berikut Ini

In Bisnis by Jimmy ChandraLeave a Comment

Mau Beli Batu Akik Asli dan Bagus? Bisnis batu akik semakin merajalela di Indonesia. Hampir di seluruh pelosok negeri bumi pertiwi ini masih dipenuhi berita tentang jual dan beli batu akik asli. Melihat potensi bisnis batu memang semakin melesat. Bahkan untuk jenis batu akik tertentu dapat terjual dengan harga tinggi, maka tidak mampu dipungkiri lagi akan banyak pula pelaku bisnis batu akik palsu. Simaklah delapan tips berikut ini ketika Anda hendak membeli batu akik.

Warna Batu Akik Harus Menarik

Menarik belum tentu memiliki warna yang Anda sukai. Namun menarik dalam hal kaitannya dengan batu akik adalah warna harus memenuhi sisi estetika dari sebuah batu itu sendiri. Perhatikanlah batu yang memiliki warna jelas, padat, dan merata. Tidak hanya terpusat pada permukaan batu, namun juga terserap ke seluruh bagian batu akik tersebut.

Jernihnya Batu Akik Pasti Ada Cacat

Segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang sempurna termasuk baru akik. Batu akik memang memiliki tampilan yang jernih. Namun jernihnya batu akik pasti ada bagian yang cacat. Dalam arti, sebuah batu akik asli akan memiliki pola kejernihan yang kurang sempurna. Mengingat batu akik adalah batu dari hasil sumber daya alam. Tentu karena proses alam akan ada sisi yang kurang jernih.

Kenali Pola Potongan Dari Batu Akik

Jenis potongan batu akik

Jenis potongan batu akik

Ketika pengrajin batu akik hendak memotong atau membentuknya, maka perlu mengikuti sesuai pola. Jika bukan pengrajin batu akik, maka tentu belum tahu bagaimana membentuk pola pada sebuah baatu akik. Sebagai pembeli, tentu Anda juga perlu belajar untuk mengenali polanya. Seperti untuk batu akik yang berjenis bacan. Pola yang dibentuk dari jenis batu akik satu ini adalah oval cabochon. Mengapa sebuah batu akik perlu dibentuk sesuai dengan polanya? Tentu untuk menghasilkan sisi estetika.

Pilih Batu Akik Asli Sesuai Dengan Volumenya

Berbicara mengenai volume, maka pilihlah batu akik yang sesuai dengan volumenya. Jangan sampai Anda tidak paham dengan volume batu akik. Sebuah batu tentu akan memiliki volume yang berat. Dengan menimbangnya melalui tangan, tentu dapat merasakan apakah batu akik tersebut asli atau palsu. Batu akik adalah batu yang mengandung logam jenis Ferium. Tidak mungkin sebuah batu akik akan memiliki beratnya tidak terasa, meskipun ukurannya kecil. Anda jangan sampai tertipu ketika hendak membelinya. Jangan sampai membelibatu akik murah, namun ternyata hanya batu akik imitasi alias palsu.

Mintalah Ilmu Untuk Memperoleh Batu Akik Asli

Meskipun terkesan simpel, namun tidak semua yang menyukai batu akik akan paham dengan ciri dari batu akik yang asli. Untuk itu, tidak perlu segan meminta ilmu kepada pengrajin atau orang yang memang paham dengan batu akik. Sehingga Anda pun dapat mengenalinya dengan mudah dan sulit ditipu dari harga batu akik yang ditawarkan.

Batu Akik Asli Harus Bersertifikat

Batu akik bersertifikat

Batu akik bersertifikat

Untuk sertifikat sebuah batu akik biasanya akan menyajikan informasi berikut. Nomor seri, warna, volume, nama batu atau jenisnya, dimensi, sampai stempel yang diberikan oleh perusahaan pengrajin batu akik.

Gosokkan Pada Layar Touchscreen Gadget

Kemudian paling mudah untuk Anda lakukan adalah menggosokkan batu akik tersebut ke layar touchscreen gadget Anda. Jika layar dari gadget Anda dapat bergerak, maka itu adalah batu akik yang asli. Namun jika tidak, maka itu palsu.

Jatuhkan Pelan Ke Kaca

Anda tentu bisa bedain batu akik yang asli hanya dengan menjatuhkan pelan ke atas kaca. Terdengar dari bunyinya seperti apa batu akik yang asli. Jika Anda mendengar bunyi batu yang seperti plasti jatuh ke kaca, maka Anda tahu apakah itu asli atau palsu.

Leave a Comment