antara Canon atau Nikon

Mana yang Lebih Baik, Canon atau Nikon?

In Entertainment, Teknologi by Jimmy ChandraLeave a Comment

Canon dan Nikon menjadi dua pabrikan kamera yang sangat terkenal di dunia, termasuk di Indonesia. Baik Canon atau Nikon memiliki produk kamera DSLR yang sama-sama tangguh. Konsumen pun sering dibuat bingung manakah kamera terbaik yang harus mereka pilih. Sebagian besar dari pengguna mengatakan bahwa produk yang lebih unggul adalah Nikon. Lalu, sebagian yang lain menyatakan bahwa produk kamera terbaik adalah buatan Canon. Untuk mengetahui lebih jelas perbandingan antara keduanya, simak saja penjelasannya berikut ini.

Perbandingan untuk Memilih Kamera DSLR Canon Atau Nikon?

1 ) SEGI TEKNOLOGI

antara Canon atau Nikon 1

Berbicara mengenai segi teknologi, banyak pegiat fotografi yang mengatakan bahwa Canon memang memiliki banyak keunggulan dari Nikon. Salah satunya adalah canon memiliki sistem image processing yang akan menjaga frame rate menjadi lebih cepat dari Nikon sehingga mampu membantu menghaluskan hasil jepretan gambar. Berkat teknologi ini, Anda tidak perlu melakukan banyak editan dari gambar. Teknologi semacam ini sangat disukai oleh fotografer. Sementara kamera Nikon memiliki teknologi image prosessing yang lebih lambat. Anda juga bisa menyiasatinya dengan menggunakan mode RAW. Sayangnya, tidak semua fotografer menyukai sistem ini.

2 ) DARI SEGI LENSANYA

antara Canon atau Nikon 2

Untuk segi fitur dan juga lensanya, Nikon memang lebih unggul. Nikon memiliki lensa dan juga fitur-fitur menarik yang akan membuat gambar  menjadi lebih hidup dan lebih baik. Fitur-fitur yang ada pada kamera Nikon juga lebih banyak dibandingkan dengan kamera Canon. Para fotografer Pro banyak yang memilih kamera dari Nikon.

3 ) DARI SEGI KONSUMEN

antara Canon atau Nikon 3

Membicarakan mengenai manakah yang terbaik antara Canon atau Nikon memang tidak pernah ada habisnya. Untuk permasalahan ini, Anda bisa melihatnya dari segi konsumennya, apakah untuk kalangan pemula, midlle, atau professional. Untuk golongan pemula, banyak yang menyarankan untuk menggunakan kamera DSLR dari Canon karena lebih mudah dioperasikan. Beberapa menu kamera Canon dibuat sederhana untuk dioperasikan.  Berbeda dengan kamera Nikon yang harus dipahami dengan menggunakan skill apalagi dalam pemotretan gambar. Dalam hal ini, perbandingannya adalah Canon menggunakan skill hanya 30% sementara Nikon menggunakan skill 60%.

4 ) DARI SEGI KUALITAAS KETAHANAN KAMERA

antara Canon atau Nikon 4

Banyak orang yang menginginkan kamera yang tidak hanya bagus dalam menghasilkan gambar, tetapi juga tangguh. Perbandingan dari sisi ketahanan kamera Canon atau Nikon memang cenderung subjektif. Dari penelitian berbagai sumber, kualitas ketangguhan keduanya hampir sama. Namun, kamera Nikon bisa dikatakan lebih tangguh berdasarkan hasil penelitian dari berbagai sumber.

5 ) HARGA KAMERA

antara Canon atau Nikon 5

Kamera DSLR buatan Canon dan juga Nikon ini memang sudah tergolong sebaga kamera terbaik dengan spesifikasi yang sangat tangguh. Karena termasuk ke dalam jajaran kamera terbaik, keduanya tentu memiliki range harga yang juga baik. Perbandingannya memang tidak menentu. Terkadang, untuk kelas kamera yang sama, Nikon memiliki harga yang lebih mahal. Terkadang juga sebaliknya. Namun, untuk harga bekas atau second-nya, kamera Canon cenderung lebih mahal karena kemudahan pengoperasiannya banyak disukai kalangan middle.

Demikian adalah perbandingan antara camera Canon dan juga Nikon. Kedua kamera ini memang sama-sama tangguh baik dari segi teknologinya maupun harganya. Para konsumen dituntut untuk lebih jeli memilih kamera yang sesuai dengan kebutuhannya. Bagi konsumen yang merasa masih berada dalam golongan pemula dalam hal fotografi, sebaiknya memilih kamera DSLR yang lebih mudah dipelajari dan juga dioperasikan. Demikian adalah penjelasan mengenai kamera Canon atau Nikon. Semoga Informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment