Kronologi hilangnya pesawat MH370

Kronologi hilangnya pesawat MH370

Kamis 30 juli 2015 telah di kabarkan ditemukannya puing pesawat MH370 di pulau la reunion, pihak dari Malaysia sendiri telah mengkonfirmasi penemuan puing pesawat tersebut ,dan membenarkan bahwa puin yang telah di temukan adalah milik MH370.

Puing pesawat MH370 di pulau la reunion.
Puing pesawat MH370 di pulau la reunion.

Setelah lepas landas dari Kuala Lumpur pada hari Jumat 8 Maret 2014 ,pesawat itu menghilang setelah 1 jam lepas landas.

Dan meskipun telah melakukan pencarian besar-besaran yang melibatkan puluhan Negara dari seluruh dunia, namun para peniliti masih tetap kehilangan jejak,dan baru bisa memprediksi keberadaan lokasi jatuhnya pesawat MH370.

Di sini kami akan memposting tentang kronologi yang terjadi dari hilangnya pesawat MH370 milik Malaysia airlines.

Sabtu, 8 Maret

Malaysia Airlines melakukan Penerbangan pesawat MH370 yang berangkat pada pukul 0:41 (1441 GMT Jumat), dan akan dijadwalkan mendarat di Beijing pukul 6:30 (2230 GMT) pada hari yang sama. Pesawat MH370 membawa penumpang sebanyak 227 orang dan 12 awak peesawat.

Pesawat MH 370 telah menghilang keluar dari jalur penerbangan setelan 1 jam lepas landas, dan tidak memancarkan sinyal bahaya (emergency), pesawat terakhir kali terlihat oleh radar ,120 mil laut lepas pantai timur dari malaysia kota bharu.

MH370 sendiri dijadwalkan akan check-in di Vietnam pada puku 17.21 (GMT).

Minggu, 9 Maret

Malayasia airlines sendiri telah menyatakan bahwa iniadalah kejadian terburuk dalam sejarah penerbangan mereka bahakan dunia, dan mereka pun bekerja sama dengan Amerika Serikat.

Radar menunjukan bahwa pesawat MH370 sempat merubah rute penerbangan mereka, Interpol mengatakan bahwa telah ditemukannya 2 paspor curian dalam penerbangan tersebut. Penyidik juga memperkirakan bahwa pesawat MH370 hancur dalam pertengahan perjalanan mereka.

Senin, 10 Maret

Namun pencitraan jarak jauh milik Amerika serikat tidak menangkap adanya ledakan di udara.

Puluhan kapal dan pesawat dari 7 negara telah terjun langsung dalam membantu pencarian pesawat MH370,yang menjelajahi sekitar laut Malaysia dan Vietnam.

Berbagai dugaan seperti perampokan dan pembajakan juga tidak mereka kesampingkan ,bahkan dugaan ini juga medapatkan perhatian khusus dari penyidik.

Selasa, 11 Maret

Interpol Ronald Noble yang menjabat sebagai sekretaris jenderal menyampaikan bahwa, dua orang yang menumpangi pesawat MH370 dengan paspor curian ,berusia 18 tahun dan 29tahun.

Polisi Malaysia sedang menyelidiki para penumpang pesawat MH370 ,apakah ada diantara mereka yang mempunyai gangguan jiwa atau masalah psikologis. Hal ini bisa menerangkan adanya pembajakan pesawat atau sabotase.

Rabu, 12 Maret

Pencarian pun diperluas dari laut cina ke india, untuk mengungkap misteri hilangnya pesawat MH 370 milik Malaysia airlines.

Kamis 13 Maret

Satelit Cina menunjukan gambar garis besar reruntuhan puing yang mengambang di laut cina selatan. Namun tim pencari Vietnam gagal menemukan objek yang diperkirakan MH370 tersebut.

Jumat 14 Maret

Sebuah perusahaan satelit mengatakan telah menerima sinyal pesawat MH370 5 jam setelah menghilang. Dan satelit menunjukan bahwa pesawat tidak jauh dari lokasi terakhir saat mereka sudah hilang dan secara dramatis bergeser kebagian besar samudera hindia.

Sabtu 15 Maret

Pihak berwenang Malaysia memberikan konferensi pers dimana mereka menegaskan bahwa mereka percaya ada ‘kesengajaan’ yang telah menyebabkan pesawat membelok dari jalur penerbangan dan yang lebih mencengangkan lagi bahwa ada seseorang sengaja menutup komunikasi dan pelacakan system.

Dan pada hari yang sama Polisi menggeledah rumah Zaharie Ahmad Shah, dan co-pilot Fariq Abdul Hamid sebagai yang bersangkutan dalam kejadian hilangnya pesawat MH 370.

Minggu 16 Maret

Pilot Kapten Zaharie Ahmad Shah adalah telah tangkap tertangkap gambar memakai T-shirt Demokrasi adalah slogan mati, memicu kekhawatiran ia bisa dibajak pesawat sebagai protes anti-pemerintah.

Senin, 17 Maret

Polisi mengatakan melihat orang dalam penerbangan pesawat MH370, ada seseorang dalam penerbangan tersebut yang memilki pengetahuan tentang penerbangan dan bisa mengendarai pesawat.

Ada dugaan lain bahwa pesawat MH370 mungkin sengaja terbang hanya 5,000 kaki untuk menghindari radar deteksi.

Selasa 18 Maret

Setelah hari itu banyak orang yang frustasi karena kurangnya infomasi yang benar, dan kerabat dari penumpang asal cina mengancam akan melakukan aksi mogok makan.

Rabu 19 Maret

FBI mulai bergabung dalam misi pencarian jet Malaysia airlines tersebut. Dengan sumber daya manusia yang mengkughusukan untuk menganalisa computer hard drive yang disita dari pilot pesawat MH370.

Kamis 20 Maret

Tim pencari melihat reruntuhan  besar yang  kemungkinan milik pesawat MH370 di Samudera Hindia selatan, 1.500 mil di lepas pantai barat Australia.

Inggris mengirimkan HMS Echo untuk bergabung pencarian di Samudera Hindia.

Jumat 21 Maret

Otoritas Keselamatan Maritim Australia mengatakan mereka akan fokus pada pencarian korban selamat.

Sabtu 22 Maret

Ada saat yang dramatis dimana konferensi pers harian otoritas Malaysia ‘ketika menteri transportasi negara itu diberikan  catatan mengenai satelit China yang elah melihat sebuah “objek mengambang” di koridor pencarian selatan yang di perkirakan sebuah puing.

Minggu 23 Maret

Satelit perancis menjadi yang ketiga yang melihat benda puing di 1430 mil dari perth .

Termasuk empat militer dan empat pesawat sipil ,tapi sekali lagi para tim pencari kembali gagal dalam menemukan objek yang diperkirakan puing pesawat MH370

Senin 24 Maret

Dalam sebuah konfenresi pers perdana menteri malaysia najib razak tanpa ragu mengatakan bahwa 227 penumpang dan 12 awak pesawat telah meninggal di samudera hindia.

Akibat pengumuman tersebut para kerabat yang sedang berduka melontarkan kritikan pedas terhadap pemerintah Malaysia.

Selasa 25 Maret

Kerabat dari korban hilangnya pesawat MH370 telah mengancam otoritas Malaysia, untuk mencari cara agar kasus ini terungkap.

Dan pihak Malaysia airlines telah menawarkan bagi kerabat korban tragedy pesawat MH370, uang senilai $ 5.000

Rabu 26 Maret

Gambar yang diambil oleh satelit Perancis yang dirilis, menunjukkan 122 objek mengambang di kemungkinan “puing-puing lapangan” barat 2,557km dari Perth.

Menteri Transportasi Hishammuddin Hussein menjelaskan penemuan sebagai “memimpin paling kredibel yang kita miliki”.

Namun, meskipun ini, upaya pencarian dan penyelamatan dikerahkan ke daerah terpencil di Samudra Hindia gagal untuk menemukan puing-puing untuk hari lain.

Senin 31 Maret

pemerintah Malaysia merilis transkrip percakapan komunikasi dari radio pilot. Harapan dari tragedy hilangnya pesawat MH370 mulai sedikit terbuka.

 

Jumat 4 April


Amerika telah menyediakan detector ‘BlackBox’ untuk mengenal zona yang diduga lokasi terjatuhnya pesawat MH370.

 

Sabtu 5 April

tim pencari dari china mendeteksi ‘sinyal telepon’ di bawah laut samidera hindia,sinyal darurat terdeteksi oleh kapal lain di hari berikutnya. Namun sinyal itu berhenti sebelum pesawat MH370 ditemukan.

Senin 14 April

 

Australia menghentikan pencarian sinyal bawah laut dan menurunkan drone bersama amerika.

 

Kamis 27 Mei

 

Setelah menerima tekanan dari kerabat korban pesawat MH370 ,akhirnya Malaysia merilis data satelit yang baku,namun kerabat korban mencurugai bahwa pemerintah Malaysia telah menghilangkan beberapa data penting.

Senin 6 Oktober



kapal pencari Malaysia mendeteksi sonar dari dasar laut, dan belanda mengirimkan tiga kapal pencari, untuk membantu pencarian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also likeclose