penyebab banjir yang diakibatkan oleh faktor sosial

Inilah Penyebab Banjir yang Diakibatkan oleh Faktor Sosial

In Sosial by Jimmy ChandraLeave a Comment

Banjir merupakan bencana alam yang sering sekali terjadi di Indonesia ketika musim hujan datang. Bencana alam ini terjadi akibat ulah manusia yang tidak bisa menjaga lingkungan dengan baik. Daerah yang sering mengalami masalah banjir adalah DKI Jakarta. Kota metropolitan yang sangat padat penduduk ini pasti dihampiri banjir setiap tahunnya. Akibatnya, tak hanya harta benda yang rusak karena banjir, tetapi nyawa pun bisa melayang akibat banjir besar. Untuk menanggulangi banjir, kita harus mengetahui dulu apa penyebab banjir. Secara garis besar, penyebab banjir yang diakibatkan oleh faktor sosial, terutama karena ulah manusia. Sikap buang sampah sembarangan menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan banjir.

PENYEBAB BANJIR YANG DI AKIBATKAN OLEH FAKTOR SOSIAL BUDAYA

Meskipun termasuk salah satu bencana alam, banjir terjadi bukan semata-mata karena alam. Penyebab banjir yang diakibatkan oleh faktor sosial menjadi suatu hal yang paling menentukan. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan banjir.

1 ) PEDANGKALAN SUNGAI

Ketika musim hujan datang, sungai dijadikan sebagai tempat penampungan air yang cukup efektif. Pendangkalan sungai terjadi akibat ulah manusia yang terbiasa membuang sampah sembarangan. Sungai yang dangkal tidak mampu menampung air dalam jumlah yang besar sehingga air yang berlebihan ini dapat membanjiri daerah di sekitarnya.

penyebab banjir yang diakibatkan oleh faktor sosial 1

2 ) PENYERAPAN AIR SUNGAI YANG TERGANGGU

Luas lahan hijau terbuka sangat dibutuhkan untuk proses penyerapan air. Tanah dan pepohonan hijau dapat menyimpan air hujan ke dalam tanah. Jika tanah kosong dan lahan hijau terus berkurang, kemampuan tanah menyerap air pun akan semakin berkurang. Air hujan pun akan langsung menuju ke sungai. Jika sungai tak mampu lagi menampung air hujan, maka akibatnya adalah banjir akan datang.

penyebab banjir yang diakibatkan oleh faktor sosial 2

3 ) KONDISI HUTAN YANG GUNDUL

Kita tentu tahu bahwa hutan yang penuh dengan pohon yang rindang dan semak belukar menjadi sumber oksigen utama. Selain menjadi sumber oksigen, hutan juga berfungsi untuk menyerap air hujan dengan jumlah yang besar. Inilah penyebab banjir yang diakibatkan oleh faktor sosial, yaitu eksploitasi berlebihan karena keserakahan manusia. Jika ingin meminimalisasi bencana banjir, suatu hal yang paling penting adalah menjaga hujan tetap hijau.

penyebab banjir yang diakibatkan oleh faktor sosial 3

4 ) SALURAN AIR YANG MAMPET

Di daerah perkotaan, saluran air sangat berfungsi untuk mengalirkan air ke sungai. Apabila saluran air mampet, aliran air hujan akan sangat terganggu dan mengakibatkan banjir. Saluran air yang tersumbat ini biasanya disebabkan oleh sampah. Inilah yang menjadi penyebab banjir yang diakibatkan oleh faktor sosial. Jika ingin banjir tidak terjadi, sebisa mungkin buanglah sampah pada tempatnya.

penyebab banjir yang diakibatkan oleh faktor sosial 4

5 ) SISTEM DRAINESE YANG BURUK

Sebuah kota yang padat penduduk memerlukan sistem drainase yang baik. Sebuah kota besar biasanya tidak memiliki lahan hijau terbuka yang mencukupi. Kondisi ini dapat diperparah dengan sistem drainase yang buruk. Oleh karena itu, tata kota yang baik adalah yang memiliki sistem drainase yang baik. Pemerintah harusnya memperhatikan permasalahan ini dengan baik sehingga bencana banjir dapat ditanggulangi.

penyebab banjir yang diakibatkan oleh faktor sosial 5

Bencana banjir sebenarnya bisa dicegah dengan cara menjaga lingkungan agar tetap seimbang. Kepedulian pemerintah dan juga masyarakat sangat dibutuhkan untuk bersama-sama menjaga lingkungan. Proses mencintai lingkungan ini  harus dimulai dari diri sendiri. Mulailah untuk tidak membuang sampah sembarangan. Penyebab banjir yang diakibatkan oleh faktor sosial ini harus dihindari supaya terhindar dari bencana ini. Demikian adalah informasi sederhana mengenai penyebab banjir. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment