website tertua 4

Inilah 7 Domain Tertua di Dunia, Kira-kira Apa Aja ya Isinya?

In Pengetahuan by Jimmy ChandraLeave a Comment

Bisa dilihat bahwa hampir setiap orang di dunia menggunakan internet, baik untuk mencari informasi, hiburan, menunjang pekerjaan, tugas dan lain sebagainya. Internet tidak akan ada tanpa adanya website atau domain. Hal inilah yang membuat banyak orang bertanya-tanya tentang domain tertua di dunia. Pada dasarnya, domain adalah alamat website atau situs untuk saling membedakan satu sama lainnya. Dengan adanya domain, pengguna internet tidak perlu menghafal Internet Protocol Address atau alamat IP yang terdiri dari serangkaian angka-angka unik yang pastinya akan sangat sulit dipahami. Cukup dengan mengetikkan alamat website atau nama domain dengan beberapa huruf atau angka, maka Anda bisa mengunjungi website tersebut. Setiap nama domain biasanya memiliki arti tertentu, tergantung dari pemiliknya.

7 Domain Tertua di Dunia

Babak baru di dunia teknologi jaringan komputer pada dasarnya dimulai sejak tahun 1980-an. Dimana pada tahun tersebut, sudah mulai digunakan Transmission Control Protocol (TCP) atau Internet Protocol (IP) oleh ARPANET yang kemudian melahirkan internet seperti yang Anda kenal sekarang ini. Kehadiran TCP atau IP tersebut tentu memberikan dampak yang sangat besar atas kemunculan website yang ada saat ini. Bagi Anda yang penasaran, di bawah ini adalah 7 nama domain tertua yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan website sekarang ini.

1 ) bbn.com

Website tertua

Bnn.com didaftarkan di internet pada 24 April 1985 oleh BBN Technologies. Sekedar informasi, BBN Technologies merupakan perusahaan jasa riset dan juga teknologi. Pada tahun 2009, website ini kemudian diakuisisi oleh perusahaan bernama Raytheon BBN Technologies sehingga diganti namanya menjadi raytheon.com. Raytheon memilii kantor pusat di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat.

2 ) Symbolics.com

Website tertua 2

Domain tertua di dunia selanjutnya adalah Symbolics.com. Nama domain ini didaftarkan pada tanggal 15 Maret 1985 oleh perusahaan Symbolics. Sampai dengan saat ini, nama domain ini masih aktif. Hanya saja, sekarang telah diakuisisi oleh pihak XF.com Investments

3 ) mcc.com

Website tertua 3

mcc.com adalah domain tertua di dunia yang didaftarkan sejak tanggal 11 Juli 1985 oleh perusahaan bernama Microelectronics and Computer Technology. Sekarang, domain ini sudah berstatus tidak aktif. Dulu, website ini menyediakan informasi lengkap terkait dengan pendidikan lebih lanjut.

4 ) think.com

website tertua

 

think.com merupakan nama domain yang dibuat oleh Thinking Machines Corporation. Domain ini terdaftar terhitung mulai 24 Mei 1985. Untuk saat ini, status domain think.com sudah tidak aktif. Bagi Anda yang belum tahu, Thinking Machine Corporation merupakan perusahaan besar yang memproduksi Superkomputer. Tapi sayangnya, di tahun 1994 perusahaan ini mengalami kerugian besar dan goyah sehingga diakuisisi oleh perusahaan Sun Microsystems. Ketika membuka domain tersebut, biasanya Anda akan dialihkan ke alamat website lainnya yakni Thinkquest.org.

5 ) northrop.com

website tertua 2

 

Tanggal pendaftaran nama domain northrop.com adalah pada 07 November 1985. Nama domain tertua di dunia ini didaftarkan oleh perusahaan bernama Northrop Corporation. Northrop Corporation adalah perusahaan yang menggeluti bidang Aerospace (dirgantara). Kemudian pada tahun 1994, namanya berubah menjadi Northrop Grumman Corporation.

6 ) xerox.com

Website tertua 4

Status domain dari xerox.com sekarang ini adalah tidak aktif. Dibuat pada tanggal 9 Januari 1986, xerox menyuguhkan informasi terkait dengan bidang fotocopy. Karena Xerox sendiri sebenarnya adalah sebuah perusahaan fotokopi pertama dunia yang memiliki kantor pusat di Negara Amerika Serikat.

7 ) dec.com

website tertua 3

dec.com merupakan domain tertua di dunia yang didaftarkan pada 30 September 1985 oleh perusahaan Digital Equipment Corporation. DEC adalah perusahaan yang berkecimpung dalam bidang Manufaktur Komputer serta Peripheral. Pada tahun 1998, perusahaan ini diakuisisi oleh perusahaan Compaq.

Leave a Comment