cara menghindari stroke di usia muda

Ini Kebiasaan Sehari-hari Guna Menghindari Stroke di Usia Muda

In Kesehatan by Jimmy ChandraLeave a Comment

Stroke merupakan salah satu penyakit yang harus diwaspadai. Penyakit ini pun bisa menyerang siapa saja tak peduli usianya tua ataupun muda. Penyebab utama dari stroke biasanya akibat tekanan darah tinggi serta kebiasaan buruk lainnya. Lalu bagaimana cara menghindari stroke di usia muda? Untuk itu simak ulasannya di bawah ini.

Tips dan Cara Menghindari Stroke di Usia Muda

Salah satu pembunuh mematikan di dunia selain serangan jantung adalah stroke. Apabila seseorang yang terkena stroke sudah parah, maka lama-kelamaan akan terkena komplikasi dan akhirnya membawa ke kematian. Namun, sebenarnya penyakit mengerikan tersebut bisa dihindari atau pun dicegah sejak dini. Bagaimanakah cara menghindari stroke di usia muda? Perhatikanlah beberapa tipsnya di bawah ini.

1 ) Hindari minuman beralkohol dan rokok

cara menghindari stroke di usia muda 1

Anak muda jaman sekarang pastinya sudah mengenal dengan rokok dan minuman beralkohol. Keduanya merupakan bagian dari tren tetapi hal tersebut sangatlah tidak baik. Alcohol dan rokok merupakan penyumbang penyakit terbesar misalnya jantung, paru-paru dan ginjal. Cara menghindari stroke di usia muda yang pertama adalah cukup menghindari alkohol dan rokok karena rokok sendiri banyak mengandung racun.

2 ) Rajin berolahraga

cara menghindari stroke di usia muda 2

Seseorang yang tidak pernah berolahraga maka daya tahan tubuhnya pasti akan lemah. Hal ini dikarenakan tubuh tidak pernah diajak berkeringat yang nota bene keringat itu proses pengeluaran racun di dalam tubuh. Anak muda biasanya jarang olahraga dan menyukai rokok, kebiasaan buruk itu lah yang akan membuat peluang terkena stroke dan serangan jantung.

3 ) Rutin mengkonsumsi air putih

cara menghindari stroke di usia muda 3

Tak bisa dipungkiri lagi bila air putih merupakan sumber mineral terbaik bagi tubuh. Air putih bisa membantu kinerja ginjal untuk menyaring racun-racun di dalam tubuh. Selain itu, rutin minum air putih 8 gelas sehari bisa melancarkan sistem pencernaan dan tubuh pun tidak akan kehilangan banyak cairan. Apabila tubuh kekurangan cairan maka akan rentan dimasuki penyakit.

4 ) Hindari makanan berlemak dan berminyak (digoreng)

cara menghindari stroke di usia muda 4

Kolesterol jahat biasanya ditemukan pada makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. Makanan berlemak tersebut umumnya terdapat pada junk food dan makanan instan. Selain itu Anda juga harus menghindari makanan yang digoreng. Boleh mengkonsumsi gorengan asalkan tidak tiap hari dan pastikan minyaknya yang sehat. Kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga bisa menyebabkan stroke.

5 ) Hindari stress

cara menghindari stroke di usia muda 5

Cara menghindari stroke di usia muda yang terakhir adalah hindari stress. Stres bisa memicu tekanan darah menjadi tinggi dan detak jantung tidak beraturan, hal tersebut sangat memicu terjadinya stroke karena pembuluh darah pecah. Selain stroke, stress juga bisa memicu penyakit lainnya seperti maag. Oleh karena itu, Anda harus santai dalam menghadapi sesuatu entah itu pekerjaan atau pun masalah dan harus bisa mengendalikan emosi.

Selain kelima tips di atas masih ada beberapa hal lain yang harus Anda lakukan. Misalnya Anda harus selalu rutin memeriksa tekanan darah apakah Anda berpotensi terkena stroke atau tidak. Stroke sendiri juga bisa dipengaruhi oleh tekanan darah yang terlalu tinggi.

Kemudian cara menghindari stroke di usia muda berikutnya adalah selalu mengkonsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah merupakan sumber vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Lalu tips yang terakhir adalah bahagia karena hati yang bahagia atau gembira itu adalah obat yang bisa menyingkirkan penyakit. Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat bagi semuanya.

Leave a Comment