daftar-gaji-anggota-polri-2

Daftar Gaji Anggota Polri Terbaru 2016 Sesuai Tingkatan

In Pengetahuan by Jimmy ChandraLeave a Comment

Polisi adalah salah satu elemen penting untuk pengaman negara termasuk di Indonesia. Tak pada dipungkiri bahwa polisi mempunyai andil yang cukup besar untuk menjaga keamanan masyarakat. Untuk menjalankan kewajiban sebagai anggota polisi, mereka harus mampu bertanggung jawab terhadap banyak orang yang ada disekitarnya.

Diatas semua itu, polisi tidak hanya menjaga keamanan namun juga menjaga nyawa banyak orang. Tentunya, mereka mempunyai jasa yang cukup besar untuk masyarakat. Berkenaan dengan pentingnya peran polisi di masyarakat, mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya berapakah gaji yang didapat oleh mereka. Dalam artikel ini, akan dijelaskan tentang daftar gaji anggota polri untuk menjawab rasa ingin anda.

Sebenarnya menjadi anggota polisi bukanlah suatu tujuan untuk mendapatkan materi yang berlimpah. Jika profesi polisi dijadikan cara untuk mencari materi apalagi jalur bintara tentunya merupakan hal yang cukup sulit jika hanya mengandalkan tunjangan dan gaji terlebih jika sudah mempunyai anak serta beban materi yang lainnya.

Daftar gaji anggota polri mungkin akan berbeda untuk mereka yang memulai karirnya sebagai perwira karena terdapat kemungkinan untuk memperoleh tunjangan serta gaji yang mencukupi. Daftar gaji anggota polri berdasarkan pangkatnya biasanya sudah diatur oleh undang-undang yang berlaku di tiap negara. Sehingga, gaji para polisi di negara satu dengan lainnya sudah pasti berbeda.

Sebelum membahas lebih jauh tentang daftar gaji anggota polri, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu cara bergabung menjadi anggota kepolisian. Di Indonesia terdapat dua cara yaitu golongan bintara atau pelaksana utama serta golongan perwira atau manajerial. Keduanya tentunya harus melewati tahap-tahap seleksi yang cukup ketat.

Untuk menjadi bintara hanya ada satu cara yaitu dengan melalui di sekolah polisi negara yang membuka perekrutan tiap tahun serta terbuka untuk umum namun ada batasan umur. Tahap seleksi bintara antara lain seleksi administrasi, kesehatan tahap satu dan dua, akademis, kesamaptaan, psikotes, dan pantukhir.

Seluruh test tersebut harus dilewati oleh tiang calon bintara dengan persaingan serta proses seleksi yang cukup ketat. Di Indonesia sendiri tak heran jika banyak orang yang berniat untuk menjadi polisi. Banyak orang berkeinginan menjadi polisi dengan beragam alasan mulai dari gengsi hingga ingin sungguh-sunggu mengabdikan diri untuk negara. Sebelum membahas tentang daftar gaji anggota polri, anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa dalam dunia kepolisian berlaku sistem hierarki dimana pangkat yang lebih rendah harus patuh dengan yang mempunyai pangkat lebih tinggi.

Jika anda ingin berniat menjadi anggota polisi dan ingin mengetahui terlebih dahulu tentang gaji, sebaiknya anda membaca informasi tentang daftar gaji anggota polri berdasarkan undang-undang yang bisa anda akses melalui internet atau sumber lain.

Namun sebelum tergiur dengan daftar gaji anggota polri, anda harus mengetahui jenjang karir yang harus ditempuh oleh bintara. Dimulai dari sekolah polisi negara selama tujuh bulan, selanjutnya adalah BRIPDA atau brigadier polisi dua selama empat tahun, BRIPTU atau brigadier polisi satu selama empat tahun, BRIGADIR selama empat tahun, BRIPKA atau brigadier polisi kepala selama lima tahun, AIPDA atau ajun inspekstur dua selama dua tahun, serta AIPTU atau ajun inspektur satu.

Daftar gaji anggota polri untuk golongan bintara

daftar-gaji-anggota-polri-1

Bagi anda yang ingin meniti karir menjadi polisi dan dimulai dari bintara, daftar gaji anggota polri tentunya merupakan informasi yang cukup penting bagi anda. Berikut adalah daftar gaji anggota polri untuk golongan bintara:

  1. Golongan BRIPDA atau brigadir polisi dua sebanyak 1.782.900 hingga 2.929.000
  2. Golongan BRIPTU atau brigadir polisi satu sebanyak 1.838.700 hingga 3.021.500
  3. Golongan Brigadir Polisi sebanyak 1.896.200 hingga 3.116.000
  4. Golongan BRIPKA atau brigadir polisi kepala sebanyak 1.995.400 hingga 3.213.000
  5. Golongan AIPDA atau Ajun Inspektur Dua sebanyak 2.016.600 hingga 3.313.800
  6. Golongan AIPTU atau Ajun Inspektur satu sebanyak 2.079.600 hingga 3.417.400

Deskripsi: daftar gaji anggota polri biasanya sudah diatur dalam undang-undang. Gaji total umumnya meliputi nominal gaji pokok dan beberapa tunjangan yang diberikan.

Leave a Comment