Cara Pengembangbiakan Ikan Arwana

Cara Pengembang Biakan Ikan Arwana Atau Budidaya Ikan Arwana Dengan Simpel

In Tips dan Trik by Jimmy ChandraLeave a Comment

Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki harga tinggi ketika dijual. Karena itu, tidak heran jika banyak orang yang ingin mencoba untuk mengembangbiakkan ikan arwana. Namun, sebenarnya, ada cara pengembang biakan ikan arwana yang simpel namun penting untuk diikuti. Berikut informasi mengenai hal ini.

Tips Simpel Tentang Cara Pengembangbiakan Ikan Arwana

Cara pengembang biakan ikan arwana yang baik adalah dengan mengikuti langkah-langkah pada uraian berikut ini, yaitu:

1 ) Mempersiapkan wadah yang tepat

Cara Pengembangbiakan Ikan Arwana 1

Langkah pertama dalam cara pengembang biakan ikan arwana adalah dengan mempersiapkan wadah yang tepat. Anda bisa memilih apakah lebih baik menggunakan kolam atau akuarium. Pada umumnya, para pemula yang menekankan ke-simpel-an akan menggunakan akuarium kaca dengan ukuran tertentu sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Karena ikan arwana menyukai tempat berbatu, Anda bisa menambahkan ornament batu pada dasar akuarium. Selain itu, Anda harus mengatur air sedemikian rupa agar air selalu jernih sehingga ikan arwana tidak stress di dalamnya.

2 ) Memilih induk arwana yang unggul

Cara Pengembangbiakan Ikan Arwana 2

Induk yang baik untuk perkembangbiakan ikan arwana adalah ikan yang telah berumur lebih dari 4 tahun. Untuk membedakan betina dengan jantan, Anda bisa melihat pada kepala dan tubuh ikan tersebut. Jenis betina pada dasarnya memiliki kepala dan tubuh yang lebih kecil dibandingkan yang jantan. Agar ikan tetap sehat, Anda juga harus memberinya pakan berupa udang secara teratur.

3 ) Memeriksa ikan yang siap melakukan proses pembuahan

Cara Pengembangbiakan Ikan Arwana 3

Langkah selanjutnya pada cara pengembang biakan ikan arwana adalah selalu memeriksa ikan arwana yang Anda rawat. Apabila di dalam akuarium atau kolam Anda melihat ada 2 ekor ikan arwana yang selalu terlihat berenang berdampingan, hal ini bisa berarti bahwa ikan tersebut akan segera melakukan proses pembuahan. Awal pembuahan juga bisa ditandai dengan 2 ekor ikan arwana yang berenang sambil saling menempelkan kepala dan ekor. Hal ini menunjukkan bahwa telur yang dikeluarkan oleh si arwana betina akan dibuahi oleh arwana jantan.

4 ) Memisahkan bibit ikan yang telah melakukan pembuahan

Cara Pengembangbiakan Ikan Arwana 4

Apabila Anda menemukan ikan arwana jantan yang terlihat memakan telur dari arwana betina, maka ikan arwana jantan tersebut tengah membuahi telur dari arwana. Anda bisa mengamati selama sekitar 8 minggu untuk melihat larva yang dikeluarkan dari mulut ikan arwana jantan. Larva itulah yang nantinya akan dibudidayakan menjadi ikan arwana bernilai tinggi. Setelah ikan tersebut menjadi benih arwana yang kecil-kecil, Anda harus memisahkannya dari sang induk sehingga mereka tidak menjadi makanan induk mereka sendiri. Benih ikan arwana umumnya bisa diberi makanan tinggi protein bagi ikan tersebut, yaitu cacing pita.

5 ) merawat bibit agar menjadi ikan yang bernilai tinggi

Cara Pengembangbiakan Ikan Arwana 6

Saat benih ikan arwana telah mencapai panjang 12 cm, proses perawatan agar menjadi ikan bernilai jual tinggi bisa dimulai. Agar ikan menjadi sehat dan tumbuh, Anda memerlukan nutrisi pemicu pertumbuhan bagi ikan arwana. Nutrisi pertumbuhan tersebut bisa dibeli di pasaran hewan. Selain itu, Anda juga bisa menjemur ikan arwana di pagi hari agar tubuhnya memiliki warna alami yang indah sehingga banyak orang tertarik membeli. Anda juga bisa merawat ikan arwana tersebut agar cukup agresif sehingga banyak diincar penyuka ikan hias. Ikan arwana yang berukuran 25-40 cm itulah yang akan banyak diminati kalangan umum.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa sebenarnya cara pengembang biakan ikan arwana cukup simpel dan mudah. Hanya saja, waktu yang diperlukan untuk pengembangbiakan belum tentu sebentar. Selamat mencoba.

Leave a Comment