Cara Menghentikan Anjing Mengonggong Terhadap Orang Asing

In Tips dan Trik by Jimmy ChandraLeave a Comment

Anjing merupakan hewan yang sangat menyenangkan dan bermanfaat. Anjing bisa menjadi penjaga rumah, teman bermain dan maupun berjalan-jalan. Tapi terkadang, hewan piaraan ini suka menggonggong dengan keras, terutama terhadap orang asing yang dilihatnya. Walaupun merupakan suatu bentuk kewaspadaan, tetapi gonggongan tersebut bisa sangat mengganggu. Apalagi jika dilakukan setiap kali ada tetangga yang lewat atau ketika kita sedang mengajaknya jalan-jalan. Cara menghentikan anjing mengonggong sangat dibutuhkan pada kondisi ini. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah:

1 ) Hindarkan pandangan anjing dari melihat orang asing

Anjing yang melihat orang asing berlalu lalang di depan rumah akan cenderung menggonggong sebagai intuisi pertahanan wilayah. Tetapi gonggongan itu tentu harus diatur agar tidak semua orang yang lewat membuat anjing menggonggong. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan cara memberikan pembatas pandangan. Cara menghentikan anjing mengonggong ini dapat dilakukan dengan menutup tirai rumah, atau menutup halaman dengan pagar tinggi yang bisa menghalangi penglihatan anjing. Cara lain adalah dengan menempatkan anjing diarea tertentu yang luas pandangannnya terbatas.

2 ) Mengalihkan perhatian anjing

Cara agar anjing berhenti menggonggong pada orang asing lainnya adalah dengan mengalihkan perhatiannya. Sejumlah kunci bisa digunakan sebagai pengalih perhatian. Dengan menggoyang-goyangkan kunci-kunci tersebut, akan dihasilkan suara yang mengejutkan dan membuatnya menjadi berhenti menggonggong. Lalu panggil dan perintahkan anjing untuk “duduk”. Beri makan dan katakan “diam”, sehingga anjing akan diam dan makan untuk beberapa saat hingga orang tersebut pergi. Hindari kata-kata yang membuatnya bersemangat menggonggong pada orang asing, seperti “Siapa itu di sana?”.

3 ) Mencegah anjing menggonggong saat jalan-jalan

Anjing yang akan menggonggong biasanya memberikan tanda-tanda berupa bahasa tubuh. Telinga yang waspada, bulu tegak pada bagian punggung serta perubahan cara jalan bisa menjadi tanda-tanda tersebut. Jika ketika Anda mengajak anjing berjalan-jalan dan bahasa tubuh tersebut terlihat saat akan berpapasan dengan seseorang, segera cegah gonggongan yang akan terjadi. Cara mencegahnya bisa dengan menyodorkan makanan di depan hidung anjing. Perintahkan anjing untuk duduk lalu makan selama orang tersebut lewat. Cara menghentikan anjing mengonggong tersebut akan membuat jalan-jalan menjadi bebas gonggongan.

4 ) Melatih anjing memberi respon terhadap orang asing

Tips menghentikan anjing mengonggong selanjutnya dilakukan saat seseorang akan memasuki halaman rumah. Latihan ini akan mengajarkan anjing untuk menggonggong sesuai dengan izin yang Anda berikan. Latihan diberikan dengan memberikan perintah “Diam/tenang” setelah anjing menggonggong 3 hingga 4 kali. Kemudian dekati anjing dengan santai sambil menutup berangusnya menggunakan tangan. Perintahkan untuk duduk, kemudian beri makanan yang bisa dimakan hingga orang asing tersebut meninggalkan rumah.

5 ) Memberikan hadiah kepada anjing

Ketika anjing telah mampu berhenti menggonggong terhadap orang asing, Anda sebaiknya memberikan pujian ataupun hadiah. Hadiah tersebut akan membuat anjing memahami bahwa perilaku diam dan tenang akan memberikan hasil yang baik. Hadiah tersebut bisa berupa makanan ataupun kata-kata pujian. Cara menghentikan anjing mengonggong tersebut juga ditunjang dengan tindakan acuh pada anjing ketika dia suka menggonggong.

Anjing merupakan hewan yang pintar dan mampu memahami serta mengingat tindakan tuannya. Berbagai latihan, hadiah dan pujian yang diberikan tidak akan dilupakan begitu saja. Tindakan-tindakan anjing selanjutnya akan sangat dipengaruhi oleh latihan dan hadiah-hadiah tersebut. Karena itu cara menghentikan anjing mengonggong pada orang asing memang sebaiknya dilakukan agar perilaku anjing dapat lebih terkendali.

Description: Cara menghentikan anjing mengonggong dapat dilakukan dengan membatasi pandangan, mengalihkan perhatian dan menyodorkan makanan. Bisa juga dilakukan latihan dan pemberian hadiah.

Leave a Comment