cara membuat kompor darurat

Cara Membuat Kompor Darurat Dari Kaleng

In Tips dan Trik by Jimmy ChandraLeave a Comment

Jika kamu punya tumpukan kaleng bekas minuman di rumah, jangan langsung dibuang ya. Karena, kaleng-kaleng tersebut bisa didaur ulang menjadi barang yang sangat bermanfaat. Apa ya kira-kira? Kaleng bekas bisa didaur ulang menjadi kompor. Tidak percaya? Cara membuat kompor darurat dari kaleng bekas tidak sulit kok. Kompor dari kaleng ini bisa dipakai saat piknik, berkemah, atau berbagai  aktivitas alam yang tidak memungkinkan Anda untuk membawa kompor. Nah, kalau kamu  tertarik memanfaatkan kaleng bekas minuman untuk dijadikan kompor, simak caranya berikut ini ya, siapa tahu kamu akan berkemah atau mungkin mendaki gunung. Pasti kompor kaleng ini sangat bermanfaat.

Cara Membuat Kompor Darurat dan Bahan yang Dibutuhkan

cara membuat kompor darurat 2

Nah, sebelum mempelajari cara membuat kompor darurat dari kaleng, siapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan, ya. Ini bahan yang harus kamu siapkan: Kaleng alumunium bekas minuman (2 buah), pisau,spidol, gunting, buku tebal (1 inchi), spirtus, pin (atau bisa juga peniti), dan strapler.  Okey, pastikan sudah tersedia semua, ya. Sekarang simak cara membuatnya.

1 ) Tahap Pertama : buat garis pada kaleng

Buatlah yang garis melingkar pada sisi kaleng soda dengan spidol hitam sesuai ketinggian buku yang tadi disiapkan (1 inchi), jadi kamu letakkan dahulu spidol tersebut di atas buku. Kaleng yang sudah digaris ini, nantinya akan menjadi bagian bawah kompor. Oh iya, kamu perlu tahu bahwa kompor ini mempunyai tiga bagian, yaitu dinding dalam, bagian bawah, dan bagian atas. Selanjutnya, lipat cover depan dan belakang buku dan letakkan spidol pada halaman pertama, sehingga posisi spidol lebih rendah dari sebelumnya. Buat garis melingkar pada kaleng soda yang lain. Kaleng ini menjadi bagian atas kompor.

2 ) Tahap Ke-dua : buat lubang pada bagian atas kaleng

Lubangi dasar  kaleng (kaleng untuk bagian atas) menggunakan pisau. Hati-hati, potong dasar kaleng di bagian dalam tepiannya saja ya, jangan sampai merusak bagian luar tepinya. Kemudian, lubangi tepi kaleng bagian atas dengan pin atau peniti. Usahakan jarak antar lubang sama, ya. Sekarang, siapkan bagian atas kompor dengan memotong sisa kaleng yang sudah digarisi tadi. Potong dengan mengikuti garis yang kamu buat dengan hati-hati. Lakukan juga hal ini pada kaleng yang kedua yang akan digunakan sebagai bagian bawah kompor. Meskipun tampak mudah, cara membuat kompor darurat ini harus teliti dan hati-hati ya,

3 ) Tahap Ke-tiga : Buat Dinding Kompor

Tahap ketiga dalam cara membuat kompor darurat adalah membuat dinding bagian dalam kompor dari kelebihan kaleng alumunium. Potong saja strip logamnya dengan ukuran kira-kira ¼ bagian lebih tinggi dari kaleng bagian bawah kompor. Kemudian gulung strip logam itu dan tempatkan di dalam kaleng bagian bawah.

4 ) Tahap Ke-empat : Gabungkan kaleng untuk bagian atas dan bawah kompor

Gabungkan kedua bagian (atas dan bawah). Bagian bawah harus lebih lebar, jadi dorong bagian atasnya dengan agak memaksa hingga bisa masuk ke dalam kaleng bagian bawah. Kalau bagian atasnya sudah masuk, berarti sudah oke dan siap dituangi spirtus.

5 ) Tahap Ke-lima: Tuang spirtus, siap pakai

Nah, kompor darurat dari kaleng bekas sudah siap pakai nih. Tinggal tuang spirtus perlahan ke dalam lubang dan nyalakan api. Sekarang, kompor siap dipakai untuk memasak.

Itu dia tadi cara membuat kompor darurat dari kaleng bekas minuman. Bagaimana menurutmu? Gampang, kan? Sekarang, giliran kamu untuk mencoba, ya.

Leave a Comment