Cara Jitu Closing Asuransi (Prospek Nasabah)

In Tips dan Trik by Jimmy ChandraLeave a Comment

Seperti yang kita ketahui, menjual polis asuransi tidaklah semudah yang dibayangkan banyak orang. Pasalnya kegiatan ini sangat membutuhkan proses pendekatan khusus dan berbeda antara setiap calon nasabah. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang bekerja di perusahaan asuransi mencari tahu mengenai Cara jitu closing asuransi. Untuk dapat menjual polis asuransi, kita harus sabar dan mampu meyakinkan para calon nasabah bahwa menggunakan asuransi merupakan cara terbaik untuk mengelola dan merencanakan keuangan keluarga. Membangun hubungan yang baik untuk nasabah atau yang lebih dikenal dengan calon prospek adalah hal yang sangat perlu dilakukan. Tujuannya adalah untuk memperoleh kepercayaan dari para calon nasabah.

Cara Jitu Closhing Asuransi Cepat dan TepatĀ 

1 ) Pengkategorian

cara jitu closing asuransi

Setidaknya, untuk memulai untuk mendekati calon nasabah Anda harus mengenal terlebih dahulu pembagian kategorinya. Hal tersebut dikarenakan setiap orang khususnya nasabah pasti memiliki kepentingannya sendiri-sendiri dalam memilih sebuah perusahaan asuransi. Oleh sebab itu, pengkategorian sangat penting untuk proses closing asuransi. Kategori nasabah tersebut dibedakan menjadi kategori keluarga, profesi, dan minat. Kategori keluarga adalah kelompok yang menjadi target paling tepat. Sebab, masyarakat cenderung memilih asuransi dengan program kesehatan, pendidikan ataupun jiwa yang tujuannya adalah melindungi setiap anggota keluarganya. Oleh karena itu, cara jitu closing asuransi dengan menargetkan kategori keluarga ini sangatlah efektif. Selain kategori keluarga, kategori selanjutnya adalah profesi dan minat. Tak jarang masyarakat yang berprofesi sebagai artis, pemain sepak bola, dan lain sebagainya yang mengasuransikan tubuh mereka demi melindungnya dari segala risiko-risiko yang tidak diinginkan.

2 ) Pendekatan

cara jitu closing asuransi 2

Setelah mengetahui kategori setiap nasabah, Anda bisa memulai pendekatan secara intensif pada para nasabah sesuai kategorinya. Dengan begitu, nasabah potensial akan tersaring dan bisa didapatkan dengan mudah. Jangan lupa bahwa nasabah potensial memiliki ciri-ciri tertentu seperti memiliki daya beli atau kemampuan untuk membayar, memiliki kemauan, membutuhkan jaminan perlindungan yang sebenarnya, seseorang yang berwenang untuk memutuskan untuk membeli atau tidaknya polis asuransi, dan yang terakhir mudah dihubungi. Pengetahuan terkait ciri-ciri nasabah potensial ini sangat penting dalam cara jitu closing asuransi agar Anda tidak melakukan hal yang sia-sia nantinya.

3 ) Analisa kebutuhan nasabah

cara jitu closing asuransi 3

SebagaiĀ seorang agen asuransi jiwa, hal yang perlu dilakukan sebagai cara jitu closing asuransi adalah dengan menganalisa kebutuhan mereka atau yang lebih dikenal dengan sebutan fact finding. Kegiatan ini bisa dilakukan mulai awal pertemuan,agar saat melakukan presentasi kepada calon nasabah, Anda tidak keliru dalam menawarkan produk asuransi. Selain melakukan presentasi satu arah, Anda harus bisa mengajak komunikasi calon nasabah dengan melibatkannya bergabung dalam presentasi yang dilakukan sehingga mereka bisa dengan mudah memahami setiap jenis produk yang ditawarkan.

4 ) Tetap semangat

cara jitu closing asuransi 4

Semangat dan rasa optimis itu sangatlah penting dalam mencari prospek nasabah. Sebab, dengan rasa semangat itu nasabah akan mulai mempercayai optimisme Anda untuk mulai membeli polis asuransi. Selain itu, menambah ilmu pengetahuan juga sangatlah penting bagi Anda yang ingin sukses di bidang asuransi ini. Pelajari lebih banyak mengenai cara mendapatkan hati dan bagaimana caranya melakukan pendekatan terhadap nasabah dengan mengikuti berbagai workshop ataupun seminar yang diselenggarakan oleh perusahaan ataupun pihak luar.
Demikian ulasan mengenai cara jitu closing asuransi ini. Semoga tulisan ini bisa dijadikan penambah wawasan atau referensi bagi Anda yang sedang atau baru bergelut di bidang agen asuransi.

Leave a Comment