Cara cek e KTP online Mudah dan Cepat

In Tips dan Trik by Jimmy ChandraLeave a Comment

Cara cek e KTP online – Seperti yang kita tahu bahwa Kemendagri (kementrian dalam negri) telah memberitahukan batas akhir e-KTP adalah 30 September 2016, dan apabila anda terlambat untuk mendaftarkan e-KTP maka anda bisa kesulitan mengakses beberapa layanan publik, atau jika ingin melakukan hal-hal yang berkaitan tentang adminstratif dan keuangan.

Bagi yang belum tahu perbedaan antara KTP lama dan KTP elektronik terletak pada penggunaannya, e-KTP di buat secara komputerais dan tersimpan di server milik Negara. Perpindahan dari KTP lama ke e-KTP baru ini bertujuan untuk menghindari identitas ganda yang sering sekali di salah gunakan. Dan pada ulasan ini kami akan memberi tahukan cara cek e KTP online dengan mudah melalui sebuah aplikasi dan website, begini caranya!

Cara Cek e KTP Online Lewat Aplikasi

Untuk anda yang hobi melakukan transaksi apapun secara online, ada bagusnya jika anda juga menginstall aplikasi di smartphone anda untuk cek e-KTP secara online melalui smartphone, caranya juga sangat mudah dan cepat anda hanya perlu memasukan nomor e-KTP dan juga bisa di pergunakan untuk cek nomor orang lain juga, dan dibawah ini adalah langkah-langkah cek ktp online via aplikasi Cek KTP Free. 

1 ) Download aplikasi Cek KTP.

2 ) Buka aplikasinya, lalu masukan Nomor e-KTP, lalu klik Cek.

3 ) Setelah keluar datanya, maka kamu bisa memastikan data orang lain.

Cara Cek E-KTP Online Lewat Website

Metode selanjutnya adalah dengan menggunakan Website eKTP.cekKTP.com, bagi anda yang telah memiliki e-KTP dan ingin mengecek kebenaran data bisa melalui situs tersebut. Selain eKTP.cekKTP.com anda juga bisa melakukan pengecekan melalui website kependudukan dan catatan sipil daerah di dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik. Cara mengecek NIK e-KTP dari kedua website ini sama, yakni pengguna hanya perlu memasukan nomor NIK ke kolom yang tersedia, persis seperti via aplikasi.

Demikian adalah cara cek e-KTP online via aplikasi dan website yang bisa anda coba. E-KTP menjadi penting karena memang sudah terintegrasi langsung oleh database kependudukan yang berada di Kementerian Dalam Negeri pusat. Kelebihan lainnya dari e-KTP dari pada KTP yang lama adalah anda bisa mengakses layanan publik dan fasilitas-fasilitas menggunakan NIK dari e-KTP tersebut, karena kelak semua pelayanan publik akan berbasis NIK.

Leave a Comment