Gambar Ilustrasi Beras Plastik

Beras Plastik dari China

In Kuliner by Jimmy ChandraLeave a Comment

Beras Plastik dari China

Belakangan ini masyarakat Indonesia dibuat resah karena beredarnya isu yang memberitakan keberadaan beras plastik. Mendengar kata beras plastik saja tentu kita merasa ngeri karena tentu akan membahayakan kesehatan manusia jika benda tersebut dikonsumsi layaknya beras yang sering dimasak untuk makan sehari-hari. Bagaimana kabar beras yang teruat dari plastik tersebut tersebar luas hingga ke berbagai penjuru tanah air? Kronologi penemuan beras plastik tersebut adalah sebagai berikut. Pertama kali isu mengenai beras sintetis tersebut keluar dari mulut seorang ibu-ibu penjual nasi uduk di bilangan Bekasi, Jawa Barat. Beliau mengadukan penemuan beras plastik ke pihak yang berwajib karena dirasa ada yang janggal pada produk beras yang dibelinya di salah satu pasar tradisional. Awalnya, beras yang dimasak menjadi bubur tersebut memiliki tekstur yang tidak biasa. Saat dimasak dalam waktu yang cukup lama, beras tidak kunjung hancur dan lembut seperti kebanyakan beras lainnya. di sisi lain, beras yang telah dimasak memiliki aroma yang getir. Selain itu, ada keluhan dari pelanggan yang mengalami sakit perut, mual, dan gangguan pencernaan lainnya.

Gambar Beras

Gambar Beras

Setelah isu tersebut luas tersebar dan meresahkan warga di berbagai kota di Indonesia, pihak kepolisian membantah dan memberikan penegasan bahwa tidak ada beras plastik yang ditemukan dan beredar di Indonesia. Namun, kenyataannya masyarakat Indonesia masih mengalami kebingungan dimana terdapat salah satu pihak peneliti yang mengatakan bahwa terdapat temuan bahan plastik dalam beras yang mereka teliti, sedangkan kelima lembaga peneliti yang ditunjuk oleh pemerintah tidak membenarkan keberadaan bahan sintetis kimia tersebut dalam beras yang banyak dijual di pasaran. Masih banyak keresahan dan pertanyaan mengenai beras palsu yang telah diberitakan beredar di Indonesia. Menteri terkait bersama pihak pemerintah telah melakukan uji pangan terhadap beras yang digunakan salah satu pihak penguji pangan yang menyatakan bahwa di dalam tersebut terdapat bahan plastik pembuat pralon yang berbahaya. Kenyataanya, pihak berwajib tidak menemukan apa yang dikatakan sebagai bahan pembuat pralon dalam beras tersebut.

Oleh sebab itu, banyak dugaan dan kecurigaan yang dimiliki oleh menteri perdagangan serta pihak-pihak berwajib bahwa terdapat pihak yang mencoba menyelundupkan beras berbahaya tersebut. Beras dari bahan plastik tersebut diduga berasal atau diselundupkan dari china ke beberapa Negara di asia, seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Diduga terdapat pihak tidak bertanggung jawab yang mencoba menyelundupkan beras palsu tersebut ke Indonesia melalui jalur laut untuk mulai diperjual-belikan di Indonesia. Mengapa hal tersebut dilakukan? Beras berbahan plastik tersebut sengaja diselundupkan karena merupakan beras murah.

Gambar seorang penjual beras

Gambar seorang penjual beras

Meskipun isu yang beredar sudah sangat meresahkan warga dan seluruh masyarakat Indonesia, namun saat ini anda tidak perlu merasa khawatir dan was-was ketika hendak membeli beras untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Pada kesempatan yang lalu, presiden Indonesia, Jokowi, mengumumkan bahwa isu beras plastik tersebut merupakan isapan jempol belaka dan tidak terbukti kebenarannya dihimbau oleh presiden untuk tidak terlalu membesarkan isu beras palsu tersebut. Jika isu tersebut semakin dibesarkan, maka hal tersebut akan merugikan pihak petani dan para pedagang beras di pasar-pasar tradisional. Jadi, jika anda masih sering mendengar pemberitaan mengenai beras plastik di berbagai media, alangkah lebih baik untuk tidak menggubrisnya karena pihak pemerintah telah memberikan hasil penelitiannya yang lebih akurat. Waspada dalam berbelanja harus tetap ditegakkan untuk menghindari barang-barang kebutuhan yang dipalsukan.

Leave a Comment