cara klaim BPJS Ketenagakerjaan kecelakaan kerja 1

Begini Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Kecelakaan Kerja

In Berita, Kesehatan, Sosial by Jimmy ChandraLeave a Comment

Program keselamatan kerja memang sangat dibutuhkan untuk menjamin pegawai atau karyawan jika sewaktu-waktu terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Risiko kecelakaan kerja akan sedikit terbantu jika perusahaan memiliki suatu asuransi. Dahulu, asuransi untuk pegawai atau karyawan disebut dengan jamsostek. Namun, saat ini jaminan sosial disebut dengan istilah BPJS Ketenagakerjaan yang dikelola oleh pemerintah. Bagaimana cara klaim BPJS Ketenagakerjaan kecelakaan kerja? Untuk Anda yang ingin tahu informasinya, simak uraian lengkapnya berikut ini.

Informasi Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Kecelakaan Kerja Terpercaya

cara klaim BPJS Ketenagakerjaan kecelakaan kerja

Sebelum membahas mengenai cara klaim BPJS Ketenagakerjaan kecelakaan kerja, sebelumnya akan dibahas terlebih dahulu beberapa program yang ditawarkan oleh jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut. Ada tiga program BPJS Ketenagakerjaan, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), serta Jaminan Kematian (JTM). Besaran iuran untuk masing-masing program jaminan sosial ini pun berbeda-beda. Untuk Jaminan Kecelakaan Kerja, besaran iuran yang harus dibayarkan adalah 0.24% dari gaji pokok. Untuk Jaminan Hari Tua, iuran yang harus dibayar adalah 5.70% dari gaji pokok. Sementara jaminan kematian sebesar 0.30% dari gaji pokok. Syarat-syarat untuk mengeklaim jaminan sosial ketenagakerjaan adalah sebagai berikut:

1 ) Laporkan segera kecelakaan yang terjadi

Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan kecelakaan kerja pertama-tama adalah melaporkan kecelakaan dengan cara mengisi formulir KK2. Batas waktu pelaporannya maksimal adalah 24 jam setelah kecelakaan kerja terjadi. Form ini adalah Tahap I yang harus Anda lakukan untuk melaporkan terjadinya kecelakaan kerja pada peserta BPJS.

2 ) Lengkapi administrasi yang dibutuhkan

Pada saat melaporkan kecelakaan kerja, Anda harus melampirkan beberapa persyaratan administratif seperti fotokopi KTP Peserta, fotokopi KPJ, surat kecelakaan dari kepolisian, dan juga jangan lupa melampirkan berita acara terjadinya kecelakaan yang berhubungan dengan pekerjaan.

3 ) Kumpulkan kuitansi

Setelah dua poin di atas telah diselesaikan, Anda akan tetap melakukan pengobatan seperti biasa. BPJS Ketenagakerjaan untuk program JKK memang diberikan setelah semua pengobatan selesai. Oleh karena itu, kumpulkanlah semua kuitansi pengobatan secara jelas. Hal-hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan kuitansi adalah sebagai berikut:

  • Kuitansi harus Jika kecelakaan sudah diklaim oleh pihak jasa raharja, mintalah kopiannya kepada pihak yang bersangkutan dan dilengkapi dengan legalisir.
  • Harus ada copy resep
  • Apabila nominal kuitansi di atas satu juta, kuitansi harus dilengkapi dengan materai 6000 yang ditandatangani dan distempel oleh pihak rumah sakit.
  • Jika dirujuk ke RS lain, harus disertai dengan surat rujukannya.

4 ) Lakukan pendaftaran tahap II

Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan kecelakaan kerja selanjutnya adalah isi formulir KK3 untuk pendaftaran Tahap ke-2. Setelah itu, rekap kwitansi di formulir Daftar Data Pendukung Permintaan Pembayaran Biaya Jaminan Kecelakaan. Setelah semua proses ini selesai, biasanya pihak BPJS akan memproses klaim Anda tersebut dalam waktu dua minggu dari tanggal awal pengajuan. Jika ada data-data yang kurang, maka pihak pengelola BPJS akan menanyakannya melalui telepon. Saat semuanya sudah clear, BPJS Ketenagakerjaan akan segera membayar besaran biaya klaim melalui rekening perusahaan.

Klaim BPJS Ketenagakerjaan untuk program JKK memang sifatnya reimbursement, yaitu biaya pengobatan harus dibayar terlebih dahulu. Lalu, setelah sembuh total, besar biaya pengobatan tersebut akan segera diganti oleh BPJS Ketenagakerjaan. Prosedur pengajuan klaim ini memang sedikit ribet. Hal ini dimaksudkan supaya tidak ada unsur penipuan yang akan merugikan pihak pengelola BPJS. Demikian adalah prosedur atau cara klaim BPJS Ketenagakerjaan kecelakaan kerja. Semoga memberikan informasi yang saat ini sedang Anda butuhkan.

Leave a Comment