Pembalut yang mengandung klorin

Awas! Bahaya Pembalut yang Mengandung Klorin

In Kesehatan by Jimmy ChandraLeave a Comment

Walau mungkin anda bukan wanita, tidak ada salahnya anda membaca artikel ini untuk memberi tahu info tentang pembalut yang mengandung klorin kepada wanita yang anda sayangi. Isu terkini mengenai produk kewanitaan jarang sekali didiskusikan dan dibicarakan. Tapi sebenarnya produk kewanitaan sebenarnya adalah topik yang sangat penting, mengingat sepertiga dari populasi di dunia adalah wanita. Mengapa hal ini penting? Kulit kita merupakan organ yang paling besar di tubuh kita, sekaligus juga organ yang paling tipis. Kurang dari seper sepuluh inci. Hal yang lebih buruk lagi, kulit sangat mudah untuk ditembus bahkan oleh air sekalipun, terutama kulit di sekitar daerah kewanitaan.

Bahan kimia yang mengenai lapisan kulit anda bisa jadi lebih buruk daripada memakannya. Paling tidak, enzim yang ada pada saliva dan perut kita akan membantu untuk memecah dan membuang bahan kimia yang berbahaya dari tubuh kita. Tapi jika bahan kimia tersebut menyentuh lapisan kulit kita, maka senyawa tersebut dapat diserap langsung ke aliran tubuh kita, dan menuju langsung ke organ yang sangat lembut. Sekalinya bahan kimia ini berada di dalam tubuh kita, mereka akan terakumulasi, karena biasanya tubuh anda mengandung tidak cukup enzym untuk memecah senyawa tersebut.

Waspada, pembalut yang mengandung klorin

Waspada, pembalut yang mengandung klorin

Mengingat para wanita rata – rata menggunakan sekitar 17.000 buah pembalut dalam semasa hidupnya sebelum menopause. Dan itu hanyalah pembalut. Pembalut juga ternyata mengandung banyak senyawa kimia yang tidak pernah terekspos sebelumnya. Jadi apa yang sebenarnya ada di dalam pembalut wanita?

Dalam sebuah penelitian di Amerika, memperlihatkan perbedaan antara apa yang terjadi dalam pembakaran organis versus pembalut konvensional. Pembalut dengan 100% bahan organis akan tebakar pelan dan tak bersisa residu, sedangkan pembalut pabrikan konvesional dari beberapa sampel meninggalkan residu yang hitam dan tebal serta asap hitam, yang mengindikasikan dioksin, serat sintetik dan bahan kimia tambahan.

Pembalut yang mengandung Klorin

Menurut anda, darimanakah pembalut dapat memiliki pembalut dengan tampilan yang putih bersih? Nah putihnya pembalut ini berasal dari klorin, atau bahan pemutih. Klorin ini dapat menciptakan racun dioksin dan disinfeksi lainnya yang disebabkan oleh suatu produk seperti trihalomethane. Sifat kulit kewanitaan yang sangat mudah menyerap ini sangat berbahaya karena membiarkan racun seperti residu pestisida dan kapas yang telah dimodifikasi secara genetik diserap langsung ke aliran darah.

Gambar ilustrasi pembalut yang mengandung klorin

Gambar ilustrasi pembalut yang mengandung klorin

YLKI atau Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia telah meliris sembilan daftar merek pembalut wanita yang diambil dari toko secara acak. Hasilnya pun mengejutkan, ternyata hampir seluruh pembalut wanita yang beredar di Indonesia ini mengandung klorin tinggi, yaitu mulai dari 6,05 ppm hingga yang terbanyak adalah sebesar 54,73! Pengujian yang dilakukan oleh YLKI adalah dengan memakai metode kimia spektrofotometri. Pengujian dilakukan di laboratorium yang sudah memiliki akreditasi. Tidak hanya klorin, tapi beberapa pembalut tidak 100% dari bahan kapas melainkan juga bubuk kayu  serta limbah pakaian berklorin. Penelitian ini tidak dilakukan untuk menjatuhkan merek, melainkan untuk memberi konsumen hak mengetahui kandungan produk yang aman, karena seperti yang marak di perbincangkan pembalut yang mengandung klorin kini sudah banyak beredar dipasaran.

Kandungan klorin yang terkandung di dalam pembalut dalam jumlah yang tinggi bisa diserap oleh kulit tipis di organ kewanitaan. Hal ini akan menyebabkan iritasi, diare, atau bahkan keputihan yang tidak normal. Namun penelitian ini tetap harus bisa didalami lebih dalam lagi, terutama karena baru – baru ini kementrian Kesehatan memberi tanggapan bahwa seluruh pembalut yang beredari di Indonesia sudah lolos uji laboratoruium dan juga sudah memegang izin edar.

Bagi Anda yang ingin tampil cantik bisa juga baca artikel “Alis Pudar Dan Menipis? Ayo Tampil Cantik Dengan Sulam Alis Alami

Leave a Comment