Apa itu SEO (Search engine optimization) ?

In Pengetahuan by Jimmy Chandra1 Comment

Sejarah SEO

Menurut Danny Sullivan, istilah SEO (Search engine optimization) pertama kali digunakan pada 26 juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu Kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Apa itu SEO?

SEO (Search engine optimization) atau ‘Optimasi mesin pencari’ ,sebuah proses traffic dari mesin pencari seperti google ,Bing, Yahoo memilki hasil pencarian utama, dimana mesin pencari akan menunjukan web atau sebuah konten yang orang cari dengan menampilkan daftar web atau konten yang di anggap paling dibutuhkan oleh si pencari.

Namun sebenarnya pengertian dari SEO sangat luas, namun pada intinya SEO adalah sebuah teknik untuk mengoptimalkan mesin pencari agar website dan blog kita bisa berada di peringkat atas atau berada di halaman pertama.

Mengapa SEO penting?

Bagi beberapa orang SEO (Search engine optimization) sangat penting untuk kelangsungan bisnis online mereka ,dengan sukses mengoptimalkan mesin pencari maka keuntungan yang besar bisa kita raih. Dengan mengoptimalkan kata kunci ‘focus keyword’ maka kesempatan web atau blog kita berada dalam urutan pertama atau halaman pertama akan terbuka lebih besar, dengan begitu traffic pengunjung yang akan datang bisa lebih banyak.

Apa keuntungan dari SEO?

Sebenarnya keuntungan yang bisa di dapat dari SEO (Search engine optimization) sangat banyak , dan beberapa di antarnya adalah :

  1. Sangat potensial untuk Mendapatkan Traffic yang banyak
  2. Meningkatkan penjualan di web atau blog anda
  3. Meningkatkan daya saing web/blog anda
  4. Meningkatkan brand awareness
  5. Mendapatkan data customer

Dan tadi adalah beberapa keuntungan kita bila menguasai SEO (Search engine optimization), namun untuk memperoleh keuntungan tersebut butuh teknik dan skill khusus dalam operasikan SEO.

Berikut adalah beberapa tips basic untuk menjadi SEO

 

Comments

  1. Pingback: Tips dasar menjadi SEO (Search engine optimization) - www.semutijo.com

Leave a Comment