Alutsista Tercanggih Milik TNI yang Menggemparkan Dunia

In Pengetahuan, Teknologi by Jimmy Chandra1 Comment

Seperti yang kita lihat sekarang ini, Indonesia kembali menunjukkan eksistensinya di mata dunia dengan membesut berbagai macam alat tempur berteknologi tinggi. Bahkan Alutsista tercanggih milik TNI ini mampu menggemparkan dunia hingga banyak negara lain yang berlomba-lomba untuk memesannya. Keberadaan TNI memang bisa dikatakan cukup disegani di internasional. Bagaimana tidak? TNI AD kebanggaan kita sudah bisa mendapatkan juara dunia dalam kejuaraan khusus menembak antar militer yang diikuti berbagai negara mulai dari Amerika serikat, Australia, Prancis dan lain sebagainya selama bertahun-tahun, sejak tahun 2008 sampai dengan 2014. Prestasi cemerlang tersebut juga semakin didukung dengan berkembangnya peralatan tempur yang canggih. Senjata yang dimiliki Indonesia tersebut merupakan buah hasil dari kerjasama antara BUMN, TNI, dan perusahaan produsen senjata ternama di Indonesia. Untuk menghilangkan sedikit rasa penasaran Anda tentang Alutsista milik tanah air apa saja yang begitu menarik perhatian dunia, berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Alutsista Tercanggih Milik TNI yang Menarik Perhatian Dunia Internasional

1 ) FAST PATROL BOAT

Alutsista tercanggih milik TNI yang begitu menarik perhatian dunia yang pertama adalah Fast Patrol Boat. Alat tempur ini merupakan kapal perang kategori patroli cepat atau dikenal juga dengan nama Fast Patrol Boat. Kapal ini memiliki spesifikasi yang berkualitas tinggi hingga membuat negara tetangga seperti Timor Leste ingin memilikinya. Untuk bagian konstruksi anjungan dan juga lambung, kapal ini menggunakan material yang terbuat dari bahan alumunium. Dimana bahan tersebut mampu membuat kapal semakin lincah ketika terjadi manuver dan mampu bertahan pada gelombang yang tinggi.

Alutsista tercanggih milik TNI 1

Fast Patrol Boat ini dapat mencapai kecepatan maksimal hingga 30 Knot. Meskipun saat dilakukan trial atau percobaan ternyata kapal ini juga mampu melaju hingga kecepatan 33 Knot. Kapal canggih ini dilengkapi dengan Radar NavNet yang dapat mengintegrasikan segala macam data yang diperoleh dari alat komunikasi dan peralatan navigasi, baik GPS, echo sounder maupun speed log untuk diubah atau dikonversi kedalam bentuk sistem radar dan peta elektronik.

2 ) AL-AFV (ARMOURED FLOATING VEHICLE)

Tank Amfibi TNI-AL yang dibesut dengan nama Armoured Floating Vehicle atau AL-AFV ini merupakan salah satu Alutsista tercanggih milik TNI yang menggemparkan selanjutnya. Tank yang dibekali mesin Diesel inline dengan 8 silinder ini mampu menghasilkan tenaga hingga 300 Hp. Yang mana dengan menggunakan mesin ini, tank AL-AFV mampu melaju hingga kecepatan 60Km/jam di jalan biasa dan mampu menjelajah hingga 480 km. Memiliki bobot 15 ton, tank ini cukup kuat untuk berada pada track yang ekstrim. Berdasarkan informasi yang terpercaya, AL-AFV mampu mengangkut personil sebanyak 14 pasukan ditambah dengan 3 awak.

Alutsista tercanggih milik TNI 2

3 ) PANSER ANOA

Alutsista tercanggih milik TNI yang diberi nama panser Anoa ini merupakan kendaraan militer berteknologi canggih yang begitu diminati oleh negara luar. Dibuat dengan bodi berlapis baja, kendaraan ini dapat melindungi pasukan dari berbagai macam jenis peluru. Oleh karena kemampuan tersebut jugalah kendaraan ini populer dengan nama Armoured personnel carrier. Salah satu negara luar yang diketahui sudah memesan kendaraan ini adalah Malaysia dengan jumlah sebanyak 32 unit. Panser yang dibekali dengan mesin Renault ini sudah teruji kualitasnya oleh NATO, dimana masuk dalam level III yang ketahanannya jauh lebih baik dibandingkan panser buatan negara lainnya seperti India ataupun China.

Alutsista tercanggih milik TNI 3

Melihat betapa gigihnya pemerintah untuk meningkatkan ketahanan militer Indonesia maka sudah sepatutnya kita sebagai warga negara yang baik turut bangga menjadi bagian dari Indonesia. Demikian ulasan terkait Alutsista tercanggih milik TNI yang menggemparkan dunia, semoga menambah wawasan Anda.

Comments

Leave a Comment