Alibaba akuisisi lazada

Alibaba Akuisisi Lazada Senilai 13 Triliun Rupiah dan 3 Situs dengan Nilai Akuisisi Termahal di Dunia

In Berita, Bisnis, Lagi Hits by Jimmy ChandraLeave a Comment

Berita tentang Alibaba akuisisi Lazada telah berhasil menghebohkan perekonomian dunia. Beberapa media pemberitaan besar memberitakan tentang proses akuisisi ini. Proses akuisisi ini menghebohkan karena dalam satu langkah saja, raksasa Alibaba Group Holding Ltd. dari Tiongkok ini mampu memperluas area kekuasaannya. Hal menghebohkan lainnya tentang berita ini adalah besarnya dana yang dikeluarkan oleh Alibaba dalam proses ini tidak tanggung-tanggung. Akuisisi saham tersebut memakan dana hingga 13 Triliun rupiah. Sebenarnya, alasan apakah yang melatarbelakangi alasan Alibaba melakukan akuisisi terhadap sebagian besar saham Lazada tersebut? Berikut ulasan singkatnya.

Inilah Alasan Alibaba Akuisisi Lazada

1 ) Memperluas area pasar

Proses memperluas area kekuasaan dan menambah area kekuasaan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling efektif adalah melakukan akuisisi terhadap perusahaan yang berada di kawasan lain. Lazada merupakan sebuah platform e-commerce yang memiliki basis operasi di kawasan Asia Tenggara. Lazada sendiri beroperasi di enam negara berbeda yang meliputi Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Barang yang dijual oleh Lazada sendiri bervariasi, mulai dari catok rambut hingga ponsel pintar. Potensi Lazada yang tumbuh dan berkembang di kawasan padat penduduk dilirik oleh Alibaba.

Lazada Birthday Sale

Michael Evans, presiden dari Alibaba merilis pernyataan resmi dibalik alasan Alibaba akuisisi Lazada. Proses ini merupakan langkah awal dalam memperluas pasaran Alibaba hingga ke Asia Tenggara. Selain e-commerce, Alibaba juga ingin memperluas pemasaran dalam bidang hiburan, media, dan logistik ke penjuru dunia. Hanya empat bulan sebelumnya, Alibaba sendiri telah melakukan pembelian saham terhadap media masa South China Morning Post yang berbasis operasi di Hong Kong. Pada perjanjian akuisisi tersebut, Alibaba telah mengeluarkan dana hingga 266 juta rupiah. Wall Street Journal menyatakan bahwa langkah strategis ini berpotensi membawa keuntungan yang melimpah untuk Alibaba.

2 ) Ekspansi global

Sebagai perusahaan berbasis e-commerce, lahan yang disediakan oleh Lazada cenderung memiliki potensi yang menggiurkan. Sejauh ini, baru 3 persen saham kontribusi yang disumbangkan oleh bidang e-commerce terhadap pasar ritel. Angka yang masih dapat berkembang tersebut menarik pihak Alibaba. Masih dalam pernyataan resmi yang sama, secara tersirat Michael Evans juga menuturkan bahwa alasan lain Alibaba akuisisi Lazada adalah untuk menyambut tingginya aktivitas dalam pemasaran global akhir-akhir ini. Michael beranggapan bahwa salah satu strategi penting yang dilakukan oleh Alibaba dalam mempercepat pertumbuhannya adalah melakukan ekspansi global.

Alibaba akuisisi lazada 2

Sebelum Alibaba akuisisi Lazada, operator supermarket yang memiliki basis operasi di Inggris bernama Tesco sudah lebih awal melakukan pembelian saham terhadap Lazada. Akan tetapi, dibandingkan dengan saham yang baru saja dibeli oleh Alibaba, saham yang dimiliki oleh Tesco jauh lebih kecil. Hanya sekitar 8,3 persen dari saham Lazada telah dibeli oleh Tesco. Sebelumnya, beberapa perusahaan yang memiliki saham Lazada telah melepas kepemilikannya kepada Alibaba. Selain Kinnevik, Rocket Internet merupakan pemilik saham Lazada yang menjual sahamnya kepada Alibaba secara menyeluruh.

3 ) Potensi pertumbuhan yang tinggi

Alibaba akuisisi lazada 3

Selain untuk melakukan ekspansi perusahaan, pasaran Lazada yang masih memiliki potensi untuk berkembang merupakan alasan lain dibalik proses akuisisi tersebut. Seperti diungkapkan oleh Max Bittner yang merupakan CEO Lazada Group, keunikan dari produk beragam yang ditawarkan oleh Lazada menarik lebih dari 560 juta konsumen di Asia tenggara. Tidak dapat dipungkiri lagi, setelah Alibaba akuisisi Lazada, kedua perusahaan akan dapat berkembang dengan pesat. Langkah ini juga ditiru oleh tiga situs dengan nilai akuisisi terbesar di dunia lainnya.

Leave a Comment