pantai pringjono

In wisata by Jimmy ChandraLeave a Comment

Yogyakarta selain terkenal oleh destinasi wisata budaya juga masyur dengan wisata alam, khususnya pantai. Salah satu daerah yang istimewa pantainya Kota Budaya ini adalah di Gunungkidul. Walaupun sebagian besar terdiri dari dataran kering dan geografi yang berbukit-bukit, namun Gunungkidul memiliki berbagai pantai yang memesona mata.

Berikut informasi pantai-pantai yang eksotis yang berhasil di rangkum. Pantai-pantai ini dijamin dapat menjadi alternatif wisata buat kamu walaupun di antaranya tak terjangkau sinyal handphone dan harus ditempuh dengan jalan kaki. Bagaimana? Kamu berani ajak teman atau pasangan blusukan ke sana.

1.PANTAI KAYU ARUM

pantai kayu arum

Pantai yang terletak di sebelah barat Pantai Baron ini masih jarang sekali dikunjungi. Hal itu lantaran belum begitu terekspos dan akses menuju pantai yang terbilang tidak mudah. Pengunjung yang ingin mencapai pantai ini bisa lewat Imogiri, Bantul dan dilanjutkan menuju arah PLTO (Pembangkit Listrik Tenaga Ombak) Baron Technopark.

Setelah sampai di Baron Technopark perjalanan harus dilanjutkan dengan jalan kaki ke arah barat menerabas ladang warga, dengan waktu tempuh kira-kira 45 menit. Nah, nilai bonus jalur ini di samping keindahan dan kebersihan pantai adalah tidak melewati tempat retribusi tiket lho! Alias gratis.

2.PANTAI PEYUYON

PANTAI PEYUYON

Pantai Peyuyon terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul. Pantai ini unik karena ukurannya yang tidak begitu besar seperti pantai lainnya. Di samping itu terdapat sebuah goa seperti yang ada di Pantai Goa Lawang. Jalur ke pantai ini dapat dicapai lewat sisi timur Pantai Ngrenehan dan dilanjutkan dengan jalan kaki menuju ke arah timur Pantai Widodaren.

3.PANTAI WATUNENE

PANTAI WATUNENE

Pantai ini unik dengan ciri khas yaitu tebing yang menjulang tinggi dan mengelilingi pantai layaknya sebuah benteng. Pantai Watumene terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul atau lebih tepatnya di sebelah barat Pantai Seruni dan di sebelah timur Pantai Pok Tunggal. Kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju ke arah Pantai Pok Tunggal atau Pantai Seruni, setelah sampai di parkiran Pantai Seruni, tinggal menuju ke arah bukit di sebelah barat dan menuruni tebing yang cukup curam, baru sampai di pantai Watumene.

4.PANTAI PRINGJONO

pantai pringjono

Pantai Pringjono terletak di Desa Krambitsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Untuk menuju pantai ini kamu bisa terlebih dahulu menuju ke arah Pantai Nguyahan atau Ngobaran, sesampainya di kawasan itu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah bukit sebelah barat Pantai Nguyahan, kemudian mengikuti jalan setapak ke arah selatan menyusuri ladang warga dengan waktu tempuh sekitar 20 menit perjalanan.

5.PANTAI NGERAWAH

PANTAI NGRAWAH

Lokasi Pantai Ngrawah sama dengan Pantai Peyuyon, yaitu terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Kamu dapat mencapainya dengan terlebih dahulu memarkirkan kendaraan di Pantai Ngrenehan, setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati ladang warga dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Leave a Comment