Virus komputer paling berbahaya di dunia 7

7 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia (Nomor 5 jangan sampai kamu kena)

In Pengetahuan by Jimmy ChandraLeave a Comment

Virus komputer adalah suatu hal yang sangat mengganggu dan mengkhawatirkan masyarakat, terutama pengguna internet. Hal ini tentu saja karena berbagai macam kerugian yang diakibatkannya. Namun, tahukah Anda bahwa ada virus komputer paling berbahaya di dunia yang sebisa mungkin harus Anda hindari. Karena selain merusak sistem dan membuat kinerja laptop melambat, virus komputer berbahaya ini juga bisa merusak data. Bahkan adapula virus yang bisa menghilangkan semua data Anda dengan sekejap mata. Sangat berbahaya bukan? Apalagi jika dalam komputer yang Anda pakai, terdapat banyak data penting yang tidak boleh sampai hilang.

7 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia  yang Harus Anda Hindari

1 ) SoBig F

Virus komputer paling berbahaya di dunia 1

Virus komputer paling berbahaya di dunia yang pertama adalah SoBig F. Virus yang muncul di tahun 2003 ini meninggalkan rasa kesal yang sangat mendalam bagi para pengguna komputer. Sobig F melancarkan aksinya dengan menginfeksi komputer host lalu menipu pengguna komputer bahwa email corrupt yang didapat dari sumber yang resmi dan sah. Saat pengguna mengklik lampiran email, maka dengan cepat virus akan mengekspos sistem keamanan komputer dan mengirim pesan menggunakan alamat email pengguna komputer. Hanya dalam waktu 24 jam, virus ini dapat meniru 1 juta lebih salinan dirinya untuk  merusak sistem komputer secara massal hanya dengan email. Di seluruh dunia, setidaknya ada 2 juta komputer yang menjadi korban.

2 ) Melissa

Virus komputer paling berbahaya di dunia 2

Melissa adalah virus yang dibuat oleh David L Smith pada tahun 1999 dengan basic macro Microsoft Word.  Cara penyebarannya adalah melalui dokumen yang dikirimkan melalui email. Setidaknya 20 persen pengguna komputer di dunia terinfeksi virus ini. Saat dibuka, maka virus berbahaya ini akan menyalin diri dan mengirim virus yang sama sebanyak 50 orang yang diperoleh dari akun email Anda. Oleh karena itu, Smith didenda sebesar $5.000 dan kurungan penjara selama 20 bulan.

3 ) Nimda

Virus komputer paling berbahaya di dunia 3

Virus komputer paling berbahaya di dunia yang ketiga adalah Nimda. Nama Nimda berasal dari istilah Admin yang dieja secara terbalik. Saat pertama kali muncul, virus ini dapat menyebar dan menyerang dengan sangat cepat. Hanya diperlukan 22 menit untuk virus memanfaatkan celah komputer untuk menanamkan virusnya. Akibat dari kehadiran virus ini adalah jaringan internet seluruh dunia yang menjadi lebih lambat.

4 ) CIH

Virus komputer paling berbahaya di dunia 5

CIH adalah virus komputer paling berbahaya di dunia  yang sangat merusak komputer. Virus ini sangat berbahaya karena tidak bisa terdeteksi di dalam memori komputer. Selain itu, virus ini juga menginfeksi setiap aplikasi komputer yang dijalankan.

5 ) Stuxnet (2010)

Virus komputer paling berbahaya di dunia 6

Hadir di tahun 2010, virus komputer ini sangat menghebohkan pengguna komputer di dunia. Bagaimana tidak? Virus ini berhasil merusak program SCADA atau System Supervisory Control and Data Acquisiton. Bahkan, virus ini juga mengancam akan meledakkan fasilitas nuklir yang ada di Iran. Di Indonesia sendiri, virus Stuxnet seringnya merusak hardisk dan flash disk.

6 ) Code Red

Virus komputer paling berbahaya di dunia 7

Code Red adalah virus worms komputer yang memanfaatkan bug atau celah yang terdapat dalam Microsoft Internet Information Server. Hanya dalam waktu beberapa hari, virus Code Red sukses menginfeksi 400 ribu server termasuk Gedung Putih.

7 ) Ransomware WannaCry

 

Virus komputer paling berbahaya di dunia terakhir dan yang sedang booming saat ini adalah Ransomware WannaCry. Saat terinfeksi virus ini, data yang tersimpan dalam komputer akan terkunci dan tidak bisa dipakai. Jika Anda menginginkan data kembali, maka harus membayar dana  sekitar Rp 4 jutaan dalam bentuk Bitcoin.

Leave a Comment