Tips menghemat arus listrik

7 Tips Menghemat Arus Listrik agar Tagihan Tidak Membengkak

In Tips dan Trik by Jimmy ChandraLeave a Comment

Tips menghemat arus listrik sebenarnya sangat mudah dan banyak sekali manfaatnya. Selain mengurangi biaya listrik per bulannya, menghemat listrik juga cara untuk Anda menjaga lingkungan. Pasalnya salah satu penyebab efek rumah kaca atau global warming yang saat ini tengah mengancam manusia adalah penggunaan listrik yang berlebihan. Padahal, ketergantungan manusia terhadap listrik tidak bisa dihindarkan lagi. Apalagi sejak hadirnya banyak penemuan teknologi terkini seperti smartphone, laptop, AC dan lain sebagainya. Berikut ini adalah 7 tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat listrik.

7 Tips Menghemat Arus Listrik Paling Jitu

1 ) Memakai Mesin Cuci berdasarkan Kapasitasnya

Tips menghemat arus listrik 1

Salah satu peralatan elektronik yang membutuhkan arus listrik tinggi adalah mesin cuci. Mesin cuci inilah yang membuat tagihan listrik Anda membengkak. Tidak perlu khawatir karena ada cara jitu untuk menyiasatinya. Caranya adalah memakai mesin cuci berdasarkan kapasitasnya. Kebanyakan orang pasti menggunakan mesin cuci sekaligus banyak karena dianggap lebih cepat selesai dan juga praktis. Padahal kapasitas mesin cuci tidak sanggup untuk bekerja dalam jumlah yang berlebih. Selain cucian tidak akan bisa bersih secara sempurna dan mesin cuci akan cepat rusak, cara mencuci seperti ini juga akan membuat tagihan listrik semakin besar.

2 ) Gunakan Kabel Steker sesuai dengan Kebutuhan

Tips menghemat arus listrik 2

Tips menghemat arus listrik selanjutnya adalah menggunakan kabel steker sesuai dengan kebutuhan. Biasanya kabel steker dicolokkan ke terminal meskipun tidak dipakai. Padahal, kebiasaan inilah yang membuat tagihan listrik selalu saja bertambah. Mengapa? Karena meskipun sedang tidak memakan peralatan elektronik atau sudah mematikan aliran listrik, kabel steker yang tidak dicabut tetap mengalirkan listrik. Hal inilah yang membuat arus listrik selalu terkuras.

3 ) Monitor LED

Tips menghemat arus listrik 3

Sudah menjadi rahasia umum jika teknologi LED sangat baik untuk Anda yang ingin menghemat penggunaan listrik. Pasalnya, sudah banyak bukti bahwa monitor LED tidak memerlukan banyak aliran listrik untuk mengoperasikannya. Berbeda dengan monitor tabung yang menguras aliran listrik.

4 ) Matikan Alat Elektronik

TV Remote Isolated on White.

Tips menghemat arus listrik selanjutnya adalah matikan alat elektronik ketika sedang tidak dipakai, terutama saat tidur. Kebiasaan tidur dengan peralatan elektronik yang masih menyala seperti TV, gadget, lampu dan lain sebagainya akan membuat tagihan listrik Anda membengkak. Di samping itu, jangan tinggalkan gadget atau laptop Anda dalam keadaan diisi karena dapat membuat baterai cepat rusak dan tagihan listrik pun semakin mahal.

5 ) Hemat Pemakaian Lampu

modern interior

Setiap rumah pasti memakai lampu untuk penerangan. Hanya saja, usahakan agar lampu di rumah Anda dimatikan saat tidak dibutuhkan. Setidaknya buat peraturan mematikan dua buah lampu dalam rumah saat tidur di malam hari. Jangan lupa untuk mematikan semua lampu pada siang hari.

6 ) Gunakan AC Seperlunya

Tips menghemat arus listrik 6

Tips menghemat arus listrik adalah menggunakan AC seperlunya. Tahukah Anda bahwa ternyata AC menguras listrik lebih banyak daripada peralatan elektronik lainnya. Oleh karena itu, gunakan AC seperlunya saat Anda merasa panas atau gerah. Saat tidak dipakai, segera matikan. Dan jika memungkinkan pilihkah AC yang didukung dengan teknologi hemat energi.

7 ) Gunakan Listrik Sistem Pulsa atau Pra Bayar

Tips menghemat arus listrik 8

Menggunakan listrik sistem pulsa bisa membantu Anda mengontrol penggunaan listrik setiap bulannya. Karena sistem ini sama seperti token pulsa menggunakan kuota listrik yang Anda perlukan.

Demikianlah ulasan terkait dengan 7 tips menghemat arus listrik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment