keberhasilan interview

7 tips interview kerja paling efektif

In Bisnis by Jimmy ChandraLeave a Comment

Interview kerja atau wawancara  sepertinya tidak pernah bisa lebih mudah, bahkan ketika Anda telah memiliki jam terbang interview kerja yang tinggi. Anda selalu bertemu orang-orang baru, harus menjual diri Anda juga kemampuan Anda, dan sering merasa gugup walau sudah terbiasa, namun anda harus tetap optimis serta antusias dan percaya diri saat menghadapi interview kerja.

Berikut adalah tips interview kerja untuk membantu persiapan  anda dalam menghadapi wawancara secara efektif. Persiapan yang tepat akan membantu meringankan beberapa stress dalam diri anda, yang dapat menganggu anda saat melaksanakan interview kerja. Untuk itu anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan semakin anda mempersiapkan, peluang keberhasilan anda dalam menghadapi interview kerja akan semakin besar.

7 tips interview kerja :

1. Praktek (latihan)

Praktek menjawab pertanyaan wawancara dan berlatih tanggapan anda untuk pertanyaan-pertanyaan wawancara kerja yang khas dan jawaban yang paling tepat dari pertanyaan interviewer.

Pikirkan contoh nyata yang dapat digunakan untuk memperlihatkan keterampilan Anda. Memberikan bukti keberhasilan anda adalah cara yang bagus untuk mempromosikan pencalonan Anda. Juga memiliki daftar pertanyaan anda sendiri untuk si interviewer tentang perusahaan tersebut.

mit-health-monitor-mirror

Praktek

2. Penelitian

Melakukan penelitian tentang pekerjaan yang akan anda lamarkan dan mempelajari perusahaan atau industri tersebut , sehingga anda siap untuk pertanyaan apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini? ,Tahu nama pewawancara dan menggunakannya selama wawancara kerja. Jika anda tidak yakin nama, menelepon dan meminta sebelum wawancara itu sangat di anjurkan.

Penelitian

Penelitian

3. Persiapan pribadi

Pastikan pakaian saat interview kerja anda rapih dan sesuai untuk jenis perusahaan yang anda lamarkan. Bawalah portofolio baik dengan salinan resume Anda. Termasuk pena dan kertas untuk mencatat.

Persiapan

Persiapan

4. Tepat Waktu

Tepat waktu saat proses interview. Sangat di anjurkan untuk datang lima sampai sepuluh menit lebih awal. Jika perlu, luangkan waktu untuk pergi ke lokasi sebelum hari interview itu di mulai ,sehingga Anda tahu persis di mana Anda akan pergi dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi tersebut.

Tepat waktu

Tepat waktu

5. Tetap Tenang

Selama wawancara kerja mencoba untuk bersantai dan tetap setenang mungkin. Ingat bahwa bahasa tubuh anda mengatakan banyak tentang diri anda sebagai jawaban atas  pertanyaan-pertanyaan tersebut. Persiapan yang tepat akan memungkinkan Anda untuk memancarkan kepercayaan diri. Luangkan waktu untuk berkumpul kembali, Mempertahankan kontak mata dengan pewawancara. Mendengarkan seluruh pertanyaan (mendengarkan secara aktif) sebelum anda menjawab dan memperhatikan.

Tetap tenang

Tetap tenang

6. Tunjukan Apa yang Anda Ketahui

Cobalah untuk menunjukan apa yang anda ketahui tentang perusahaan dan bergerak dalam bisnis apa perusahaan mereka itu, saat menjawab pertanyaan. Ketika sedang mendiskusikan pekerjaan anda, cobalah untuk mempresentasikan kemampuan anda yang berhubungan dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Gunakan contoh-contoh dari penelitian anda ketika menjawab pertanyaan dari interviewer.

Tunjukan apa yang anda ketahui

Tunjukan apa yang anda ketahui.

7. Follow Up

Selalu tindak lanjut dengan ucapan terima kasih perhatikan mengulangi minat Anda pada posisi. Anda juga dapat menyertakan rincian anda yang mungkin sudah lupa untuk menyebutkan selama interview kerja berlangsung. Jika anda wawancara dengan beberapa orang maka sampaikan ucapan rasa terimakasih anda kepada setiap orang yang anda diruangan tersebut. Dan jangan lupa untuk meninggalkan kontak anda pada interviewer (email tidak-tidak apa).

Follow up

Follow up

berikut tadi adalah 7 tips interview kerja dengan tingkat keberhasilan yang tinggi, dalam hal ini persiapan yang matang sangat menentukan lolos atau tidaknya anda dalam interview kerja, dan semoga anda mendapatkan pekerjaan yang telah anda impikan selama ini.

Leave a Comment