programer paling berpengaruh di dunia

7 Programer Paling Berpengaruh di Dunia

In Pengetahuan, Teknologi by Jimmy ChandraLeave a Comment

Dalam perkembangan teknologi komputer, tidak lepas dari peran serta pengaruh seorang  programer. Programer merupakan seseorang yang membuat serta memodifikasi bahasa coding atau pemrograman. Bahasa pemrograman atau coding yang dibuat oleh programer memberi pengaruh sangat besar dalam perkembangan teknologi ini, khususnya perkembangan komputer. Dari perkembangan teknologi yang pesat, tentu saja ada beberapa programer paling berpengaruh di dunia ini berkat adanya bahasa coding yang mereka buat.

Programer Paling Berpengaruh di Dunia untuk Teknologi Komputer

Melalui tangan-tangan para programer inilah teknologi komputer berkembang secara pesat dan cara kerja komputer pun menjadi semakin beragam. Berikut ini merupakan 7 programer paling berpengaruh di dunia :

1 ) James Goosling

programer paling berpengaruh di dunia 1

James Goosling merupakan seorang ilmuwan komputer berasal dari Kanada. Ilmuwan ini merupakan orang yang telah berhasil menciptakan bahasa coding atau pemrograman Java dan pada saat ini masih digunakan oleh kebanyakan orang di dunia. Bisa dibilang Java adalah salah satu yang paling berpengaruh di dunia.

2 ) Dennis Ritchie

programer paling berpengaruh di dunia 2

Ilmuwan computer yang memiliki nama lengkap Dennis MCAlistair Ritchie ini adalah pria berkebangsaan Amerika. Beliau menciptakan bahasa C yang biasanya digunakan sebagai dasar dalam membuat program. Dalam pembuatan sistem operasi dan aplikasi, bahasa C yang dibuat pada tahun 1972 ini masih digunakan hingga sekarang. Akibat dari kemampuannya dalam menciptakan bahasa pemrograman, pria kebangsaan Amerika ini mendapat berbagai penghargaan salah satunya dari Presiden AS pada tahun 1999 yaitu penghargaan National Medal of Technology serta Turing Award pada tahun 1983.

3 ) Linus Torvalds

programer paling berpengaruh di dunia 3

Pria ini merupakan programer paling berpengaruh di dunia karena suatu pengembangan Kernel Linux.  Ketika tahun 2012, ia bersama dengan Shinya Yamanaka mendapat penghargaan dari Technology Academy Finland berkat kreasi beliau membuat operasi sistem bersifat open source. Linux pun kemudian dikembangkan untuk berbagai hal. Sistem operasi yang saat ini paling populer seperti Android juga menggunakan Linux. Selain gratis, Linux juga merupakan sistem operasi yang lebih aman dibanding OS lain.

4 ) Guido van Rossum

programer paling berpengaruh di dunia 4

Rossum dipekerjakan oleh Google pada tahun 2005 hingga 2012. Ketika ia bekerja di Google, saat itulah ia mengembangkan Phyton sebagai bahasa pemrograman. Dedikasi dalam mengembangkan Phyton inilah membuat orang memberi julukan Benevolent Dictator For Life. Pada tahun 2013 ia keluar dari Google dan bekerja pada sebuah perusahaan bernama Dropbox. Tidak hanya Phyton, beliau pun menciptakan  Mondrian yaitu sebuah sistem operasi yang berfungsi untuk mereview baris kode.

5 ) Tim Berners Lee

programer paling berpengaruh di dunia 5

Dikenal karena  hasil kerjanya yang berupa World Wide Web. Pada tahun 1989 ia mengimplementasikan  komunikasi antara server jaringan internet dengan Hypertext Transfer  Protocal (HTTP). Dengan hasil kerjanya tersebut ia menjadi seorang programer paling berpengaruh di dunia karena membuat dunia terhubung antara satu dengan yang lainnya.

6 ) Rasmus Lerdorf

Forum PHP 2010

Rasmus Lerdorf adalah programer asal Denmark yang berhasil menciptakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP) pada tahun 1995. PHP ini merupakan bahasa skrip yang disisipkan atau ditanamkan pada HTML.

7 ) Bjarne Srtoustrup

programer paling berpengaruh di dunia 7

Programmer asal Denmark ini berhasil mengembangkan penemuan Dennis Ritchie yaitu bahasa C. Hasil pengembangannya diberi nama C ++. Ia mengembangkan bahasa C++ sendiri tanpa adanya bantuan orang lain.

Dari sekian banyak  programer, ke tujuh programer yang telah dijelaskan diatas merupakan programer paling berpengaruh di dunia karena berkat adanya bahasa pemrograman dan kode yang mereka ciptakan, aktivitas dan kehidupan manusia berjalan lebih cepat dan mudah. Selain itu, dunia bisa terhubung antara satu dengan yang lainnya.

Leave a Comment